4 Cara Jitu Memilih Lampu untuk Rumah Baru

0
1618
cara memilih lampu
Sumber: Pexels.com

Saat pindah ke rumah baru, tidak hanya furnitur yang perlu dipersiapkan secara matang, tetapi pencahayaan di rumah pun harus diperhatikan.

Apalagi, lampu menjadi salah satu komponen penting, yang perlu dipilih dengan penuh pertimbangan. Sebagai sumber cahaya untuk menerangi hunian ke depannya, kamu harus memastikan bahwa lampu yang digunakan benar-benar bisa memberikan kenyamanan.

Ruparupa Banner

Bagaimana Cara Memilih Lampu yang tepat?

Memang, jenis lampu yang tersedia cukup beraneka ragam, mulai dari bentuk, model, hingga ukuran. Tentunya, tidak semua jenis lampu tersebut harus kita pasang di rumah. Bisa-bisa justru akan membuat rumah jadi terlihat ramai dan sumpek.

Hal yang paling penting adalah pastikan jenis lampu yang kita gunakan sesuai dengan ruangan tersebut. Misalnya, lampu taman, yang lebih tahan air dan angin. Sedangkan lampu kamar mandi, harus tahan air dan lembap.

Nah, daripada bingung memilih lampu yang tepat, kami punya beberapa tips buat kamu berikut ini.

1. Pahami Konsep dan Ukuran Ruang

Sebelum memilih lampu, kamu perlu memperhatikan gaya ruang. Apabila ruangan kamu memiliki interior yang modern, maka akan lebih baik kalau kamu menggunakan lampu dengan desain minimalis, tetapi tetap elegan, seperti lampu gantung.

Baca Juga:   5 Inspirasi Desain Ruang Tamu yang Multifungsi

Kemudian, cari tahu panjang dan lebar ruangan untuk menentukan seberapa besar cahaya yang dibutuhkan. Misalnya, untuk ruangan berukuran 5×5 m, kamu membutuhkan lampu dengan jumlah lumen sebesar 6250.

lampu ruangan
Sumber: Pexels.com

2. Tentukan Posisi Lampu

Setelah mengetahui gaya dan ukuran ruang, kamu perlu menentukan posisi dimana lampu akan dipasang. Misalnya, untuk ruang tamu, kamu bisa menempatkan lampu di pusat langit-langit agar menjangkau seluruh bagian ruang.

Kemudian, pada ruang makan, akan lebih baik kalau kamu menempatkan lampu gantung di atas meja makan. Selain bisa memberikan pencahayaan, penggunaan lampu gantung ini juga bisa memberikan tampilan yang elegan pada ruang makan.

Nah, kami juga mempunyai rekomendasi lampu gantung yang bisa kamu gunakan, seperti berikut ini.

lampu gantung minimalis
Eglo Bridekirk Lampu Gantung Hias – Hitam/natural
Lampu gantung untuk menghadirkan tampilan menawan pada rumah, apartemen, dan restoran

Beli di sini

memilih lampu gantung
Eglare Madrot Lampu Gantung Hias Globe 4l – Gold
Hadirkan suasana istimewa pada ruang makan dengan lampu gantung berikut ini.

Beli di sini

3. Pilih Daya Lampu Sesuai Kebutuhan

Tentunya, kamu tidak mau lampu yang kamu gunakan menjadi boros listrik, bukan? Untuk itu, pilihlah daya lampu yang sesuai dengan kebutuhan ruang.

Bila kamu ingin memasang lampu di kamar yang berukuran kecil, sebaiknya gunakanlah lampu dengan daya rendah. Begitu pula sebaliknya, bila ruangan cukup besar, kamu bisa memakai lampu dengan intesitas cahaya yang lebih terang.

Pemilihan jenis lampu juga memengaruhi intesitas cahaya dan daya yang dikeluarkan. Contohnya, lampu LED cenderung lebih hemat energi, tetapi bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang, terutama bila dibandingkan dengan lampu bohlam biasa.

Baca Juga:   4 Tips Menghias Meja Teras Anti Monoton

Jika lampu CFL memiliki daya sebesar 55,4 lumen/watt, maka lampu LED hanya membutuhkan daya sebesar 84 lumen/watt. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan lampu LED untuk rumah baru, yang memiliki watt lampu lebih kecil.

Berikut ini adalah rekomendasi lampu LED yang bisa kamu gunakan di rumah. 

lampu LED
Krisbow Lampu Langit-langit Led 18w 3000k Warm White
Lampu LED hemat energi untuk plafon rumah.

Beli di sini

Krisbow Lampu Langit-langit Led 40w Cool Daylight
Lampu LED dengan cahaya putih cocok untuk dipasang pada langit-langit rumah.

Beli di sini

4. Tentukan Model Lampu

Sebelum menentukan model lampu, pastikan kamu tetap memperhatikan ruangan tersebut.Cobalah untuk memakai model lampu yang berbeda-beda pada setiap ruang agar kamu tidak bosan.

Seperti ruang kamar mandi, tentu membutuhkan lampu dengan intesitas cahaya cukup terang dan model lampu yang tahan air. Sedangkan untuk kamar tidur, kamu bisa memakai lampu yang lebih hangat.

Nah, kami punya rekomendasi lampu yang bisa kamu gunakan, seperti berikut ini.

lampu gantung modern
Eglare Boule Lampu Gantung Hias 1l – Antique Brass
Lampu gantung dengan desain minimalis dan trendi untuk memberikan aksen dekorasi pada ruang.

Beli di sini

lampu gantung chandelier
Eglare Trenton Lampu Gantung Hias 5l – Hitam/brass
Hadirkan suasana elegan dan mewah pada ruang tamu dengan menggunakan lampu gantung ini.

Beli di sini

Itu dia cara jitu memilih lampu di rumah baru yang perlu kamu tahu. Kamu bisa menemukan berbagai jenis lampu terbaik lainnya hanya melalui Ruparupa.com.

Tidak hanya lampu, situs belanja online ini juga menghadirkan beragam perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Jadi, pastikan kamu memasang lampu yang tepat agar rumah terasa lebih nyaman.