3 Cara Memilih Bantal Agar Tidur Lebih Berkualitas

0
955
cara memilih bantal
Sumber: Pexels.com

Pernah merasa sakit leher ketika bangun tidur? Bila ya, hal ini bisa terjadi karena kita salah memilih bantal. Meski terlihat sepele, ternyata jenis bantal yang sesuai dapat berdampak pada fisik dan kondisi mental kamu, lho.

Soalnya, gangguan yang ditimbulkan oleh bantal yang tidak cocok akan mengganggu kualitas tidur, yang dapat memengaruhi mood.

Ruparupa Banner

Lalu, seperti apa jenis bantal yang baik untuk dipakai di dalam kamar tidur? Untuk menjawab pertanyaan ini, sebenarnya setiap orang memiliki kebutuhan bantal yang berbeda-beda, tergantung dengan kebiasan tidur mereka.

Seperti Apa Kriteria Bantal Tidur yang Tepat?

Saat memilih bantal tidur, ternyata ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, mulai dari ukuran, bentuk, hingga posisi tidur. Nah, agar tidak salah pilih bantal, simak panduannya berikut ini.

1. Sesuaikan Ukuran Bantal

Pilihlah bantal yang sesuai dengan ukuran tempat tidur. Biasanya, ada dua ukuran standar bantal yang biasa kita gunakan. 

Untuk tempat tidur atau ranjang berukuran single dan twin, kamu dapat memakai bantal berukuran 43×63 cm. Sedangkan untuk ranjang ukuran king size, gunakanlah bantal dengan ukuran yang lebih besar, seperti 50×70 cm.

bantal tempat tidur
Sumber: Ruparupa.com

2. Perhatikan Isi Bantal

Cara memilih bantal berikutnya adalah sesuaikan dengan isi bantal. Bila kita salah menggunakan isian bantal, bisa-bisa tidur kita tidak nyaman, terutama bila memiliki alergi. 

Lalu, apa saja jenis isian bahan bantal? Simak berikut ini.

  •  Kapuk

Umumnya, banyak orang di Indonesia yang menggunakan bantal dengan isian kapu. Biasanya, bantal ini cenderung padat dan empuk ketika dipakai tidur. Sayangnya , bantal ini mudah lembab sehingga kamu harus rajin menjemurnya.

Baca Juga:   5 Tips Memilih Peralatan Makan yang Tepat dan Aman

Inspiration_RR_-_Cozy_Minimalist_bedroom_Banner_insp_Blog_640X320_wording

  • Memory Foam

Memory foam adalah bantal yang berisi busa polyurethane. Biasanya, bantal ini dapat berubah kembali ke bentuk asalnya setelah digunakan, cocok untuk posisi tidur miring atau terlentang. 

Nah, berikut ini rekomendasi bantal memory foam yang bisa jadi pilihan buat kamu.

bantal memory foam
Set Bantal Dan Guling Comfy Max
Bantal memory foam tidak mudah berubah bentuk sehingga awet dalam penggunaannya.

Beli di sini

bantal memory foam yang baik
Selma Sare 45×65 Cm Bantal Anti Bakteri – Putih
Bantal memory foam yang anit bakteri sehingga tidur lebih nyaman dan sehat.

Beli di sini

  • Lateks

Bila kamu ingin memakai bantal dalam waktu lama, kamu bisa memilih isian bantal dari bahan lateks, yang tahan terhadap jamur, kutu, dan tungau. Terlebih, bantal lateks ini juga tidak mudah panas ketika dipakai, lho

  • Busa

Bantal busa cenderung ringan dan dapat mengikuti bentuk leher. Proses pembersihannya juga cukup mudah dilakukan. Sayangnya, bantal ini cukup panas ketika dipakai saat tidur.

  • Dakron

Buat kamu yang memiliki gangguan pernapasan, menggunakan bantal dakron cukup direkomendasikan. Soalnya, bantal ini terbuat dari serat plastik yang tahan air dan tidak menyerap debu.

Carilah bantal dakron dengan ketebalan yang pas agar dapat kembali ke bentuk semula setelah digunakan, seperti berikut ini.

bantal dakron
Selma Set Bantal Dan Guling
Bantal dakron yang lembut dan nyaman untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Beli di sini

memilih bantal dakron
Bantal & Guling Dacron
Bantal dakron lembut yang dapat menghadirkan hawa sejuk ketika tidur.

Beli di sini

3. Ketahui Kebiasaan Tidur

Beda kebiasaan tidur, beda juga jenis bantal tidur yang digunakannya. lho. Nah, berikut ini  cara memilih bantal sesuai posisi tidur kita yang tepat.

  •  Tidur Terlentang

Jika kamu tidur dengan posisi terlentang, maka kamu bisa menggunakan bantal yang tipis dan tidak terlalu keras untuk menghindari tekanan pada tulang punggung. 

Baca Juga:   6 Cara Ampuh Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Dengan begitu, kamu tidak merasakan sakit punggung ketika terbangun. Selain itu, bantal ini juga bisa mencegah tubuh menjadi bungkuk di masa mendatang.

  • Tidur Mendengkur

Kebiasaan mendengkur banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba memakai bantal khusus dengan cekungan di bagian tengah untuk menjaga kepala atas sedikit miring. 

Nah, posisi ini akan membuat leher dan tenggorokan terbuka sehingga mengurangi kebiasaan mendengkur.

  • Tidur Tengkurap

Bantal tidur dengan bahan lateks bisa menjadi pilihan yang tepat untuk posisi tidur miring. Soalnya, bantal lateks cukup lembut untuk menopang kepala dan tidak akan menganggu saluran pernapasan.

  •  Tidur Miring

Tidur dengan posisi menyamping atau miring dapat menciptakan adanya jarak antara leher dan bahu. Untuk itu, kamu perlu menggunakan bantal yang tebal sebagai penopang. Jadinya, kepala dan tulang punggung tetap berada dalam posisi sejajar.

tidur nyaman
Sumber: Unsplash.com

Itu dia cara memilih bantal yang tepat untuk sebagai panduan. Jadi, pastikan kamu memakai bantal yang nyaman saat tidur ya, Ruppers.

Selain itu, pastikan kamu mengganti bantal tidur setiap 18 bulan sekali atau lebih. Soalnya, bantal yang digunakan terlalu lama bisa menjadi sarang kuman dan bakteri, lho. Tentu ini akan membahayakan kesehatan kita.

Kamu bisa menemukan berbagai jenis bantal, matras, serta perlengkapan kamar tidur lainnya hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, buat kamar tidur kamu jadi lebih nyaman!