6 Cara Membersihkan Wajan Anti Lengket dengan Praktis

0
1046
cara membersihkan wajan anti lengket

Wajan anti lengket atau yang sering disebut juga sebagai teflon menjadi alat masak favorit banyak orang. Selain memudahkan proses masak, sisa bahan makanan yang berminyak pun tidak mudah menempel dan berbekas.

Namun, merawat dan mencuci wajan tidak boleh sembarangan. Bisa-bisa lapisan anti lengket pada teflon jadi terkelupas dan rusak.

Ruparupa Banner

Lalu, Bagaimana Cara Membersihkan Wajan Anti Lengket atau Teflon?

Melansir dari Masterclass, ada beberapa cara mudah untuk membersihkan wajan anti lengket tanpa merusak permukaannya, lho. Simak beriku tini.

1. Tunggu hingga wajan mencapai suhu ruangan

Setelah masak, kamu tidak boleh langsung mencuci wajan anti lengket yang masih panas. Diamkan wajan di atas kompor sampai mencapai suhu ruangan sebelum mencucinya.

Selain itu, hindari langsung merendam atau membilas wajan dengan air dingin. Soalnya, cara ini justru bisa membuat wajan melengkung dan permukaan anti lengket menjadi rusak. 

Krischef 28 Cm Wajan Curling - Hitam

2. Hindari menggunakan mesin pencuci piring

Menggunakan mesin pencuci piring memang membuat pekerjaan rumah tangga menjadi lebih praktis. Namun, tidak semua peralatan masak yang bisa dibersihkan menggunakan mesin tersebut, termasuk wajan anti lengket.

Baca Juga:   7 Jenis Kulkas dan Fungsinya Agar Tidak Salah Pilih

Apalagi, jenis wajan satu ini terbuat dari material yang berbeda dari peralatan masak lainnya. Kalau kita memasukkannya ke dalam mesin pencuci piring yang menggunakan semprotan air bersuhu panas, bisa-bisa merusak permukaan anti lengket di atas wajan. 

Jadi, lebih baik luangkan waktu untuk mencuci wajan anti lengket dengan manual memakai tangan dan sabun pembersih piring. 

3. Bersihkan wajan dengan air sabun hangat

Setelah wajan anti lengket sudah mencapai suhu ruangan, kamu dapat mencucinya menggunakan air sabun yang hangat. Bilaslah secara perlahan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan atau noda yang ada di permukaan panci.

Namun, pastikan kamu tidak menggunakan air yang terlalu panas karena akan merusak permukaan anti lengket di wajan. 

4. Gosok wajan dengan spons dan sabun cuci piring

Kamu juga perlu menggosok wajan anti lengket menggunakan spons dan sabun pencuci piring untuk mengangkat kotoran. Namun, pastikan spons yang kamu gunakan lembut dan tidak terbuat dari wol baja dan sabut gosok plastik.

Soalnya, kedua bahan tersebut bisa menggores permukaan wajan anti lengket. Lalu, bilas menggunakan air bersih secara menyeluruh ya, Ruppers.

Krischef 28 Cm Wajan Curling

5. Hilangkan noda membandel dengan baking soda

Masih ada noda membandel yang membekas di wajan, padahal sudah kamu bersihkan? Tidak perlu khawatir, Ruppers. Kamu bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan noda membandel tersebut.

Caranya cukup mudah, yaitu campurkan baking soda dengan air dengan perbandingan 1:2. Misalnya, jika menggunakan 1 sdm baking soda, kamu bisa menambahkan 2 sdm air agar menghasilkan tekstur yang kental. 

Baca Juga:   6 Cara Ampuh Mencegah Karat pada Perabot Besi

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke noda membandel dan diamkan beberapa saat. Kemudian, bilaslah menggunakan air bersih.

6. Keringkan wajan secara menyeluruh

Setelah wajan sudah dicuci bersih, kamu perlu mengeringkannya dengan sempurna sebelum menyimpannya kembali ke dalam lemari dapur. Gunakan kain lap microfiber yang bersih dan usap ke seluruh permukaan wajan anti lengket. 

Cooking Color 20 Cm Kingston Wajan - Kuning

Nah, kalau ingin menyimpannya di rak piring, pastikan untuk tidak menumpuk wajan anti lengket dengan peralatan masak lain ya, Ruppers.

Letakkan handuk atau kertas di atas permukaan anti lengket agar tidak tergores jika bertumpukkan dengan peralatan lainnya. 

Itulah beberapa cara mudah membersihkan wajan anti lengket atau teflon. Nah, kamu bisa menemukan perlengkapan dapur, mulai dari cairan pencuci piring hingga rak dapur terbaik hanya di ruparupa.com.

Temukan lebih banyak lagi peralatan masak minimalis terlengkap dengan klik di sini. 

Di situs belanja online satu ini, kamu juga bisa menemukan peralatan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. 

Kami juga punya beberapa rekomendasi produk rumah tangga yang bisa kamu gunakan di rumah, seperti  berikut ini.

Glint 800 Ml Cairan Pencuci Piring Sparkling Lime
Glint 800 Ml Cairan Pencuci Piring Sparkling Lime

Beli di sini

Proclean Spons Cuci Piring
Proclean Spons Cuci Piring

Beli di sini

Hustle Rak Penyimpanan Microwave 3 Tingkat
Hustle Rak Penyimpanan Microwave 3 Tingkat

Beli di sini

Proclean Set 8 Pcs Kain Lap Dapur Microfiber
Proclean Set 8 Pcs Kain Lap Dapur Microfiber

Beli di sini

Cooking Color 28 Cm Keanu Wajan
Cooking Color 28 Cm Keanu Wajan

Beli di sini

Krischef 26 Cm Wajan Penggorengan Curling
Krischef 26 Cm Wajan Penggorengan Curling

Beli di sini