6 Cara Membersihkan Wadah Plastik yang Berminyak

0
234

Selain untuk menyimpan makanan di dalam kulkas, wadah makanan juga sering dipakai sebagai kotak bekal yang bisa dibawa berpergian. Tidak heran bila wadah makanan menjadi benda wajib ada di dalam dapur.

Namun, biasanya bahan wadah makanan yang banyak digunakan adalah yang terbuat dari plastik. Soalnya, bahan satu ini lebih ringan dan terjangkau. Sayangnya, noda minyak pada wadah plastik cukup sulit untuk dibersihkan.

Ruparupa Banner

Apalagi, sisa minyak tersebut dapat menimbulkan bau tidak sedap bila terlalu lama didiamkan, yang akhirnya membuat kita jadi malas membersihkannya.

Lalu, Bagaimana Cara Membersihkan Wadah Plastik Berminyak?

Meski cukup sulit, bukan berarti tidak ada solusi efektif untuk membasmi noda minyak yang membandel, lho. Nah, setelah mengetahui cara membersihkan panci gosong, kali ini kami punya trik membersihkan wadah plastik yang berminyak. Simak berikut ini.

1. Cuci Wadah Plastik 2 Kali

Cara pertama cukup sederhana. Kamu hanya perlu mencuci wadah plastik sebanyak 2 kali dengan sabun cuci dan air mengalir.

Setelah proses pencucian pertama selesai, bersihkan sisa sabun dan lemak dari spons dengan air bersih. Kemudian, kamu boleh menggunakan spons tersebut untuk proses pencucian kedua.

Baca Juga:   4 Cara Menata Tampilan Dapur Cantik dan Efisien

Sebagai saran, kamu juga bisa memakai sabun dengan kandungan ekstra, seperti lemon, yang mampu mengangkat noda minyak dan lemak lebih cepat untuk mempermudah proses mencuci.

cuci wadah plastik
Sumber: Unsplash.com

2. Rendam dalam Campuran Sabun dan Air Panas

Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan menuangkan sabun cuci ke dalam wadah plastik. Setelahnya, tambahkan air panas dan diamkan selama 15-20 menit.

Namun, untuk menerapkan cara ini, pastikan dulu wadah plastik yang kamu punya tahan panas agar tidak cepat rusak, ya.

3. Gosok Menggunakan Lemon

Cara membersihkan wadah plastik yang berminyak berikutnya adalah dengan menggunakan lemon. Kamu bisa menggosok wadah plastik yang berminyak memakai lemon tersebut.

Pertama-tama, taburkan garam kasar ke dalam wadah plastik. Kemudian ,belah lemon menjadi dua bagian dan gosok hingga menyeluruh. Setelah selesai menggosok, kamu bisa mencuci wadah plastik dengan sabun dan air seperti biasa.

bersihkan minyak dengan lemon
Sumber: Unsplash.com

4. Gosok dengan Tepung Terigu

Ya, tepung terigu juga bisa membantu menghilangkan noda minyak membandel pada wadah plastik. Caranya mudah, yaitu cukup taburkan tepung terigu ke dalam wadah plastik dan menggosoknya secara perlahan.

Nantinya, tepung terigu akan menyerap minyak basah pada wadah sehingga memudahkan kamu saat proses mencuci.

5. Gunakan Gula dan Es Batu

Bahan makanan yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah gula dan es batu.

Baca Juga:   5 Alat Untuk Membersihkan Rumah Terbaik

Pertama, kamu hanya perlu menaburkan gula ke dalam wadah plastik yang berminyak.Kemudian, tambahkan juga sabun cuci piring dan es batu, lalu diamkan selama satu hingga satu setengah jam.

Setelahnya, bilas wadah plastik dengan air hangat dan letakkan di rak pengering.

gula dan es batu
Sumber: Unsplash.com

6. Gunakan Koran Bekas

Kalau kamu mempunyai koran bekas di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan noda minyak pada wadah plastik.

Ambilah koran bekas secukupnya. Kemudian, basahkan dengan air dan masukkan koran bekas tersebut ke dalam wadah plastik. Setelahnya, kamu bisa menutup wadah plastik dan mendiamkannya semalaman untuk dicuci keesokan harinya.

Nah, itu dia beberapa cara membersihkan wadah plastik dari noda minyak membandel. Jadinya, kamu tidak perlu khawatir saat akan menyimpan makanan yang berlemak, deh!

Buat kamu yang sedang mencari wadah makanan plastik, kami juga memiliki sejumlah rekomendasi tempat makan terbaik yang bisa kamu pilih, seperti berikut ini.

wadah makanan plastik
Selma Helia Set 7 Pcs Wadah Makanan
Wadah plastik bebas BPA dan tutup yang kedap udara.

Beli di sini

wadah plastik besar
Wadah Makanan 4.3 Ltr Anti-bacterial Easy Lid
Wadah makanan antibakteri untuk menyimpan berbagai macam makanan.

Beli di sini

wadah penyimpanan makanan
Selma Hayden Set 3 Wadah Makanan
Wadah makanan berkualitas food grade tersedia berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan.

Beli di sini

tempat penyimpanan makanan
Selma 1.2 Ltr Set 2 Pcs Hani Wadah Makanan – Ungu
Bentuk bagian wadah dilengkapi indikator kapasitas dan tidak goyah saat ditumpuk.

Beli di sini

Temukan berbagai Produk pembersih hanya dari Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi, Yuk, temukan wadah makanan favorit kamu sekarang juga!