9 Cara Mudah Membersihkan Sofa Kotor dan Bernoda

0
4364
windsor sofa tidur fabric

Sofa di rumah  cepat kotor? Tenang, kami mempunyai cara jitu untuk membersihkan sofa dengan mudah!

Sofa merupakan salah satu furnitur rumah tangga yang seringkali digunakan, baik untuk bersantai, membaca buku, maupun menjamu tamu. Tidak heran bila debu dan noda mudah sekali hinggap pada perabot satu ini, yang membuatnya jadi tampak kusam dan kotor.

Ruparupa Banner

Akibatnya, kita pun tidak bisa duduk dan bersantai dengan nyaman. Untuk itulah, kita perlu melakukan perawatan dengan membersihkanya secara rutin.

cara membersihkan sofa

Lantas, Bagaimana Cara Membersihkan Sofa yang Efektif?

Nah, untuk memudahkan kamu, kami sudah menyiapkan sejumlah cara efektif untuk membersihkan sofa di rumah. Apa saja? simak berikut ini!

1. Menggunakan Deterjen cair

Debu, tumpahan minuman dan makanan, serta keringat tubuh, bisa membuat sofa jadi penuh kuman dan bakteri. Nah, cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sofa adalah menggunakan deterjen cair.

Campurkan deterjen cair dengan air hangat, lalu usap bagian yang kotor secara perlahan. Jika terdapat noda membandel yang sulit dibersihkan, maka kamu bisa menggosoknya dengan sikat gigi.

Namun, pastikan kamu langsung mengeringkannya agar tidak membuat bahan sofa rusak dan jadi bau gara-gara lembap.

2. Vacuum cleaner

Cara paling sederhana membersihkan sofa adalah dengan memakai vacuum cleaner atau penyedot debu. Perangkat elektronik ini tidak hanya berfungsi maksimal mengangkat debu pada karpet, tapi juga pada sofa.

Kamu bisa memakai vacuum cleaner yang memiliki nozzle khusus agar semua partikel halus maupun bulu hewan yang menempel pada sofa bisa benar-benar terangkat. Cukup bersihkan sofa dengan alat penghisap debu secara rutin setiap seminggu sekali.

Baca Juga:   Beragam Model Sofa Minimalis Untuk Rumah Anda

 

vacuum cleaner handle
Maximus Penghisap Debu Basah Dan Kering Cyclone Li Ion 10.8v
Penyedot debu kering dan basah dengan desain handy sehingga praktis dipakai.

Beli di sini

penyedot debu membersihkan sofa
Krisbow Alat Penghisap Debu Kering Turbo Tiger 600 W
Penyedot debu ini dilengkapi dengan 3 model kepala hisap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Beli di sini

3. Hand vacuum

Agar lebih praktis saat membersihkan sofa, kamu bisa memanfaatkan hand vacuum. Alat penyedot satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga lebih mudah menyedot debu dan kotoran di sudut yang paling sulit.   

4. Memakai Pasta gigi

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sofa adalah menggunakan pasta gigi. Cukup keluarkan isi pasta gigi, lalu oleskan pada bagian yang kotor.

Diamkan selama sekitar 3-5 menit, setelah itu kamu bisa mengusapnya secara lembut dengan kain bersih. Mudah, bukan?

5. Memakai Tisu Basah 

Tidak perlu panik bila kamu menumpahkan minuman ke sofa. Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkannya dengan tisu basah.

Cara ini akan mencegah noda menempel di sofa. Namun, pastikan kamu segera mengeringkan sofa supaya tidak menimbulkan bau apek.

 

tisu disinfektan membersihkan sofa
Glint Set 50 Pcs Tisu Disinfektan
Tisu disinfektan untuk bersihkan meja, bangku, dan barang lainnya serta aman digunakan pada tangan.

Beli di sini

6. Kemoceng 

Kamu juga bisa membersihkan debu yang menempel dengan memakai kemoceng. Caranya pun cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu menepuk lembut sofa.

Namun, pastikan kamu memakai masker wajah agar debu tidak terhirup. Selain itu, bersihkan debu dan kotoran yang terjatuh di lantai supaya ruangan benar-benar bersih. 

 

kemoceng rumah
Satto Kemoceng Flexible
Kemoceng dengan struktur fleksibel untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

Beli di sini

kemoceng serbaguna
Krisbow Kemoceng Serbaguna
Kemoceng serbaguna yang cocok untuk membersihkan perabot dan langit-langit rumah.

Beli di sini

7. Menggunakan Alkohol 

Selain menggunakan tisu basah, kamu juga dapat menggunakan alkohol untuk menghilangkan noda pada sofa.

Caranya pun cukup mudah, yaitu masukan alkohol dalam botol, lalu semprotkan pada bagian yang kotor. Diamkan sejenak sampai sofa benar-benar kering.

8. Gunakan Air Sabun 

Selain memakai cairan pembersih, kamu juga bisa menggunakan air sabun, seperti sabun mandi. Namun, hindari menyemprotkan air sabun langsung ke atas sofa karena justru bisa merusak bahan sofa.

Cara paling aman adalah gosong bagian yang kotor dengan sikat berisi air sabun tersebut. Lakukan secara perlahan dan lembut supaya bahan sofa kamu tidak mengelupas.

Baca Juga:   6 Cara Praktis Agar Rumah Tetap Bersih Tanpa ART

9. Manfaat campuran air dan cuka

Selain menggunakan alkohol, kamu juga bisa memakai campuran air dan cuka untuk menghilangkan noda membandel secara efektif di atas sofa.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu meneteskan campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:1  pada permukaan sofa yang kotor. Lalu, gosok secara lembut dengan kain kering.

 

Sofa 3 dudukan

Tips penting saat membersihkan sofa

Itu dia beberapa cara membersihkan sofa yang benar. Nah, agar sofa tidak mudah rusak, kami punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini.

  1. Setelah membersihkan bagian dalam sofa dengan vacuum cleaner, jangan lupa untuk menghilangkan kotoran pada permukaan yang telah menumpuk. Agar lebih maksimal, kamu bisa menggunakan jasa pembersih sofa profesional, seperti clean and care.
  2. Hindari membersihkan dudukan sofa setiap minggu karena dapat membuat bahan menyusut, terlihat usang, dan cepat berbulu. 
  3. Hindari menggunakan bahan kimia pemutih seperti klorin, karena memiliki kandungan kimia yang cukup keras. Inilah yang akan membuat sofa mudah rusak.
  4. Hindari menjemur sofa langsung di bawah sinar matahari untuk waktu lama agar warna sofa tidak cepat memudar.
  5. Kenali bahan sofa yang kamu beli. Apalagi, setiap bahan sofa memiliki cara yang berbeda-beda saat membersihkannya. 

Agar ruangan benar-benar bebas dari debu dan kotoran, kamu bisa menggunakan  air purifier untuk membersihkan udara. Biasanya, alat ini bekerja dengan cara mengisap dan menyaring udara kotor di dalam ruangan. Jadi, udara pun lebih bersih dan segar.

Kamu bisa mendapatkan berbagai alat kebersihan sofa hanya di ruparupa.com. Situs belanja satu ini menyediakan aneka kebutuhan rumah tangga dan furnitur terlengkap dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Selamat belanja!