Promo Anniversay Ruparupa

Kulkas merupakan perangkat elektronik yang berguna untuk menyimpan aneka makanan, sehingga perlu dijaga kebersihannya setiap saat. Jika kamu bertanya alasan lainnya, maka tentunya juga berkaitan dengan faktor kesehatan. Akan tetapi sayang sekali, banyak orang tidak mengetahui cara membersihkan kulkas yang benar.

Untuk itu berikut ini kami akan memberikan panduan dan peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas ini.

Kulkas selalu rapi dan bersih
Ruparupa menghadirkan ragam wadah penyimpanan, stoples, hingga botol kaca untuk membuat kulkas lebih teratur, bersih, dan terawat Beli Disini

Cara Membersihkan Kulkas yang Praktis

cara membersihkan kulkas
Source: Shutterstock

Dengan mengikuti cara-cara di bawah ini, Ruppers bisa mendapatkan kulkas yang bersih dan tidak berbau. Untuk membersihkannya kami menyarankan untuk membuat jadwal minimal satu kali dalam seminggu atau dua kali dalam sebulan.

# Mematikan saluran lsitrik

Sebenarnya hal ini hanya opsional dan bukan sebuah keharusan. Alasannya sendiri karena beberapa pendingin sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang tinggi dan sebagian lagi belum. Sehingga ada baiknya untuk berhati-hati, dan jika ingin mendapatkan keamanan secara maksimal memutus arus listrik adalah pilihan tepat.

# Mengeluarkan Stok Makanan

Masalah yang sering terjadi mengapa orang enggan membersihkan kulkas adalah karena stok makanan menumpuk, dan membuat kebingungan. Sehingga cobalah untuk mengeluarkan isi kulkas secara menyeluruh. Pastikan untuk membuang makanan yang sudah memasuki tanggal kedaluwarsa, atau menimbulkan bau.

# Lepaskan Bagian Kulkas

Perlu diingat setiap perangkat elektronik memiliki susunan bagian yang berbeda. Terkait dengan hal ini tentunya bergantung pada jenis pendingin dan produsen pembuatnya. Sehingga sebelum melepaskan atau menyentuh area kulkas, pastikan untuk mengetahui informasi produk secara menyeluruh dengan membaca buku petunjuk pemeliharaan.

# Membersihkan Area Kulkas

Dalam tahap ini ada beberapa perbedaan untuk membersihkannya, misalnya bagian rak dan laci yang dapat dicopot kemudian di cuci menggunakan sabun. Berbeda dengan bagian tengah pendingin yang memang tidak bisa dipindahkan, maka cukup menggunakan lap basah atau cuka putih. Akan tetapi jika ditemukan noda yang membandel menggunakan tools seperti sikat, atau sponge adalah cara terbaik untuk membersihkan secara maksimal.

# Proses Pengeringan

Setelah melalui proses pembersihan pastikan untuk mengeringkan setiap bagian secara maksimal. Hal ini terlihat sederhana tapi sangat perlu diperhatikan karena area lembab dapat menyebabkan kuman yang tidak terlihat.

# Menata Ulang

Setelah lima tahap di atas telah dilakukan, berarti Ruppers sudah ada pada tahap terakhir yaitu kembali menata aneka makanan dan minuman yang ada. Dalam tahap ini perhatikan untuk menyusun sesuai dengan jenisnya. Misalnya sayur dan buah pada laci bawah. Sedangkan daging berada pada freezer. Untuk mengaturnya tentunkan sesuai dengan keinginan, namun dengan catatan tetap memperhatikan kerapihannya.

Tips Membersihkan Kotoran yang Membandel

Tidak perlu khawatir jika menemukan noda atau kerak yang tidak kunjung pergi karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan dipilih sesuai dengan permasalahan

A. Laci atau Rak

Rendam bagian kulkas pada yang bisa dilepas, celupkan pada air panas dalam wadah besar selama 10- 15 menit. Tunggu hingga kerak melunak atau memudar, setelah itu baru gosok dengan sponge yang sudah dicelupkan pada air sabun. Namun jika kerak tidak mau menghilang gunakan sikat gigi atau sikat jenis apa saja untuk membersihkannya.

B. Pintu Kulkas

Jika diperhatikan dengan seksama maka pada bagian pintu seringkali ditemukan noda hitam yang menggangu. Untuk solusinya gunakan lap basah yang sudah diberi sabun, dan keringkan dengan sempurna.

C. Sela-Sela Pintu

Menggunakan sikat gigi adalah pilihan baik, karena dapat mencapai pada bagian-bagian yang tersembunyi. Celupkan sikat pada larutan sabun atau cuka, dan bersihkan kembali dengan lap basah, kemudian selanjutnya keringkan.

D. Dinding Kulkas

Seringkali ada kotoran yang tertinggal akibat cairan berwarna atau makanan yang mengering. Sebagai solusinya tetap sama gunakan sponge basah atau sikat gigi. Namun sebelum membersihkannya pastikan untuk mematikan arus litsrik.

Peralatan Rumah Tangga yang diperlukan Untuk Membersihkan Kulkas Secara Maksimal

Untuk membersihkan pendingin, siapkan dulu beberapa peralatan yang dapat memudahkan aktivitas bebersih

Botol Spray

Berfungsi untuk meletakan cairan pembersih agar dapat menyebar secara merata. Penyemprot di atas bisa didapatkan hanya dengan kisaran 20.000 rupiah saja loh!

Sponge

Umumnya digunakan untuk membersihkan piring atau perlatan memasak. Tapi dapat juga berfungsi sebagai alat untuk menghilangkan noda pada kulkas yang membandel. Produk ini dibandrol dengan harga di bawah 10.000 ribu rupiah.

Sikat

Membantu menghilangkan noda dan kerak secara maksimal. Tersedia dalam set yang dapat memiliki banyak fungsi berbeda. Jika bicara soal harga sendiri maka berada pada sekitar 100.000 rupiah.

Lap Microfiber

Memiliki tekstur halus yang baik digunakan untuk mengeringkan aneka peralatan. Hadir dengan berbagai warna menarik dan dibandrol dengan harga sekitar 80.000 rupiah untuk satu set.

Baskom

Memiliki banyak fungsi mulai dari memindahkan air, mencuci, maupun merendam. Merupakan peralatan rumah tangga yang harus dimiliki dan bisa didapatkan dengan harga sekitar 30.000 ribu rupiah.

Dengan mengetahui cara membersihkan kulkas barusan, maka diharapkan dapat membantu Ruppers saat melakukan rutinitas ini dengan lebih mudah.

Namun ternyata mengetahui informasi ini saja tidak cukup, karena kamu memerlukan perlatan yang bisa mendukung dan berkualitas dari Ruparupa yang terbuat dari material piihan.

Sehingga jangan ragu untuk mempercayakan semua kebutuhan pada platform Ruparupa yang menyediakan aneka kebutuhan rumah tangga, alat kebersihan, maupun alat yang menunjang hobi maupun gaya hidup.

Yuk, bergabung jadi Ruppers sekarang dan rasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan!

1 KOMENTAR