5 Cara Jitu Membersihkan Kerak Hitam pada Wajan

0
412
membersihkan kerak hitam
Sumber: unsplash.com

Saat memasak, seringkali kita menemukan masalah wajan atau panci berminyak dan berkerak karena gosong. Bila sudah timbul kerak hitam, tentu akan sulit membersihkan wajan tersebut.

Jika dibiarkan begitu saja, lama kelamaan kerak hitam pada wajan bisa mengganggu karena dapur jadi terlihat kotor.

Ruparupa Banner

Tidak heran kalau banyak orang yang berusaha membersihkannya, bahkan dengan menggunakan sikat kawat. Namun, ternyata sikat kawat tidak boleh digunakan untuk menyikat wajan dan panci terlalu keras, lho.

Sembarang membersihkan kerak hitam pada wajan justru bisa merusak permukaan alat masak, lho.

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Kerak Hitam di Wajan Tanpa Merusaknya?

Tenang, Ruppers! Ada beberapa cara mudah untuk membersihkan wajan dari kerak hitam membandel yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini. 

cara membersihkan kerak hitam
Sumber: pixabay.com

1. Rendam dengan air panas dan sabun cuci piring

Cara paling mudah menghilangkan kerak hitam adalah menggunakan sabun cuci piring di rumah. Cukup rendam wajan dengan campuran air panas dan sabun pencuci piring. 

Hal ini bertujuan untuk melembabkan kerak yang menempel pada permukaan wajan dan panci. Lalu, tunggu selama 15-20 menit agar kerak dapat mudah terangkat ketika kamu bersihkan.

Jika masih terlihat kurang bersih, kamu bisa merendamnya sekali lagi baru menggosoknya menggunakan spons cuci piring yang lembut sampai kerak hitam hilang sepenuhnya. 

Baca Juga:   Ketahui 11 Jenis dan Fungsi Panci serta Wajan Ini!

2. Oleskan dengan campuran air dan baking soda

Kalau kamu suka membuat kue, pasti kamu memiliki baking soda di rumah, bukan? Nah, ternyata kamu bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan kerak hitam di wajan yang gosong, lho. 

Caranya adalah membuat campuran baking soda dan air dengan perbandingan 2:1 atau 3:1 agar hasilnya menjadi kental seperti krim. Namun, pastikan campuran tersebut tidak terlalu cair atau encer karena justru jadi tidak efektif. 

Kemudian, segera oleskan campuran tadi ke bagian wajan dan panci yang berkerak. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, lalu gosok dengan sikat baja. Namun, pastikan kamu tidak menyikatnya terlalu keras, ya. 

Terakhir, bilaslah wajan dengan air bersih sampai campuran tersebut hilang. Panci dan wajan pun bisa jadi terlihat seperti baru.

3. Siram dengan cuka

Ternyata, cuka mengandung asam asetat yang mampu menghilangkan kerak hitam pada wajan atau panci, lho. Kamu bisa menyiram atau menyemprotkan cuka secara langsung pada permukaan berkerak, tanpa mencampurnya dengan air. 

Kemudian, diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu gosok dengan sikat cuci piring hingga bersih. Setelah itu, bilaslah hingga bersih menggunakan air mengalir. 

4. Oleskan dengan saus tomat

Saus tomat juga efektif membersihkan kerak pada wajan dan panci yang gosong. Hal ini dikarenakan saus tomat memiliki kandungan asam yang ampuh membersihkan kerak.

Caranya pun cukup mudah, yaitu cukup oleskan saus tomat ke bagian yang berkerak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci bersih permukaan wajan menggunakan sabun cuci piring dan keringkan. Kerak hitam membandel akan hilang sekejap.

Baca Juga:   5 Tips Memilih Meja Makan Minimalis Yang Perlu Anda Cermati

5. Rendam dengan campuran air panas, sabun cuci piring, dan jeruk nipis

Bahan lainnya yang juga memiliki kandungan asam tinggi adalah jeruk nipis. Nah, kamu bisa menggunakan jeruk nipis ini untuk membantu menghilangkan kerak hitam pada wajan dan panci, lho. 

Cukup siapkan campuran air panas, sabun cuci piring, dan air perasan jeruk nipis. Kemudian, rendam wajan atau panci kamu yang gosok atau berkerak ke dalam campuran tersebut selama semalam. 

Keesokan harinya, kamu akan melihat kerak hitam mulai terlepas. Terakhir, cuci bersih bagian permukaan berkerak dengan sikat baja dan bilas kembali dengan air hangat. Pasti  wajan dan panci  akan kembali berkilau seperti semula. 

membersihkan kerak hitam
Sumber: unsplash.com

Nah, itu dia 5 cara jitu membersihkan wajan dan panci dari kerak hitam yang membandel. Mudah, bukan?

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi peralatan dapur terlihat kusam dan kotor.  Namun, bila sudah tidak bisa dibersihkan dengan beberapa cara di atas, tandanya kamu perlu menggantinya dengan yang baru. 

Kamu bisa menemukan berbagai wajan dan panci berkualitas hanya di Ruparupa.

Situs belanja online ini juga menjual berbagai peralatan dapur dan perabot rumah berkualitas dari merek ternama, seperti Informa, Ace Hardware, Krisbow, dan lain-lain. 

Berikut ini beberapa rekomendasi wajan dan panci yang bisa kamu beli.

Krischef 34 Cm Wajan Stainless
Krischef 34 Cm Wajan Stainless

Beli di sini

Selma Set 2 Pcs Elena Wajan
Selma Set 2 Pcs Elena Wajan

Beli di sini

Cooking Color 24 Cm Boston Panci Casserole
Cooking Color 24 Cm Boston Panci Casserole

Beli di sini

Fissler 24 Cm Paris Panci Casserole
Fissler 24 Cm Paris Panci Casserole

Beli di sini