7 Cara Melakukan Self Care di Rumah Agar Lebih Rileks dan Tenang

0
1737
self care di rumah

Self care atau perawatan diri bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental dan fisik, terutama setelah melewati aktivitas yang padat. Tidak melulu harus pergi liburan, kita juga bisa melakukan self care di rumah.

Apalagi, kegiatan self care ini juga bisa mengurangi stres, serta sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagiamana Cara Melakukan Self Care di Rumah?

Nah, agar pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks, simak beberapa panduan self care berikut yang bisa kamu terapkan di rumah. 

1. Melakukan Meditasi

Lakukan meditasi pada pagi hari di ruangan terbuka dan dikelilingi oleh tumbuhan segar, seperti di teras atau halaman belakang rumah. Kamu bisa melakukan kegiatan ini selama 10-15 menit. 

2. Nyalakan Lilin Aromaterapi

Selain harum, lilin aromaterapi juga dapat merangsang otak dan indra penciuman yang bisa menenangkan tubuh dan meningkatkan mood kita.  Kamu bisa memilih aroma lavender, vanila, bargamot, dan chamomille supaya lebih rileks. 

Baca Juga:   7 Rekomendasi Kursi Putar Terbaik untuk Segala Jenis Ruangan
self care di rumah
Yankee Warm And Happy Home Lilin Aromaterapi 113 Gr – Merah

Cek di sini

3. Melakukan Olahraga ringan

Kamu juga bisa melakukan olahraga ringan di rumah secara rutin, seperti yoga, lompat tali, kardio, dan lain sebagainya. Dengan melakukan aktivitas ini, tubuh juga akan menjadi lebih sehat. 

merawat diri di rumah
Berwyn Matras Yoga Double Layer – Biru

Cek di sini

4. Membaca Buku

Menghabiskan waktu dengan membaca buku tidak pernah terasa merugikan. Tidak selalu harus buku pengetahuan, kita juga bisa membaca novel, komik, hingga buku pengembangan diri. 

Agar lebih nyaman, kamu bisa membaca buku sambil duduk di sofa bed, kursi lipat, bean bag, dan lain sebagainya. 

kursi santai
Soleil Kursi Lesehan Lipat – Abu-abu

Cek di sini

5. Melakukan Pijat Relaksasi

Cara berikutnya agar tubuh lebih rileks adalah bisa melakukan pijat relaksasi di rumah. Kamu bisa menggunakan beberapa alat pijat, seperti kursi pijat, alat pijat kepala, alat pijat kaki, dan lain sebagainya. 

tips relaksasi di rumah
Kels Alat Pijat Kaki Fm-01 – Putih

Cek di sini

6. Menonton Film Favorit

Salah satu cara self-care dari rumah adalah dengan menonton film favorit melalui TV yang dapat terhubung dengan perangkat lain, seperti bluetooth dan USB. Supaya aktivitas nonton menjadi lebih menyenangkan, kamu bisa menyiapkan camilan.

7. Menulis Jurnal

Menulis merupakan salah satu kegiatan yang terbukti ampuh membuat suasana hati menjadi lebih baik. Kamu bisa mencurahkan isi hatimu ke dalam jurnal.  Gunakanlah bean bag sebagai alas duduk agar tubuh tetap nyaman.

kursi bean bag
Bean Bag Summer Retreat – Pink

Cek di sini

Nah, itu dia beberapa kegiatan self care yang bisa kamu lakukan di rumah. Rekomendasi produk di atas bisa kamu dapatkan melalui situs belanja online ruparupa.com. 

Dapatkan perawatan TUbuh terbaik
hemat hingga 50% KLIK DI SINI 

Situs belanja online ruparupa.com juga menawarkan berbagai dekorasi dan furniture berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Krisbow, Ataru, dan masih banyak lagi.