Di era seperti saat ini, kita menggunakan frame foto untuk melengkapi fotograf, karya seni, dan momento lainnya. Yaitu secara simultan untuk melindungi bagian ujung benda yang dibingkai sambil menjelma menjadi elemen dekorasi. Fotograf, karya seni, atau momento ditempatkan terpisah dari sekeliling, sehingga terpelihara untuk waktu yang lebih lama.

Saat waktunya memilih frame foto yang tepat biasanya cukup menyita waktu dan bisa dibilang sedikit melelahkan. Berapa standar ukuran yang ada di pasaran? Apa model dan warna yang trendi? Bagaimana cara memilih frame foto yang everlasting? Adakah tips dari desainer interior tentang cara memasang frame foto yang tepat? Gallery wall atau table top? Dan tentunya, dimana mencari frame foto yang murah dan bagus kualitasnya? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini seakan tidak ada habisnya berputar.

Standar Ukuran Frame Foto

Tipe Frame Foto Terlengkap

1. Shadow Box

Frame foto shadow box memiliki dimensi yang lebih dalam daripada tipe lainnya. Hal ini memudahkan Anda untuk menyimpan dan memajang lebih dari sekedar fotograf, namun juga bisa untuk benda-benda koleksi. Shadow box biasanya hanya tersedia dengan pemesanan khusus. Tergantung dari memorabilia apa yang akan Anda tempatkan di sana, Anda dapat meminta ukuran tak lazim seperti kubus atau peti kecil. Jika pilihan frame foto Anda jatuh pada shadow box, pastikan memesannya dengan diameter yang lebih dalam daripada diameter benda itu sendiri, sehingga tidak terhimpit kaca pelindungnya.

Promo hari ini

10 ide benda yang bisa disimpan menggunakan shadow box:
Sport merchandise dengan tanda tangan asli
– Miniatur antik
– Kerajinan tangan
– Bunga kering
Paper bag branded original
– Suvenir
– Plat nomor kenang-kenangan
– Perlengkapan bayi anak pertama
– Hasil cetak clay
– Batik warisan

2. Floating

Frame foto terlengkap

Lain lagi dengan frame foto floating yang ditujukan hanya untuk menyimpan fotograf. Walau sama-sama menggunakan pelindung kaca atau akrilik, nyatanya frame foto floating memiliki celah yang sangat sempit untuk menyelipkan foto versi cetak di sana. Hasilnya, Anda akan menikmati aksentuasi ilusi optikal yang sangat cantik dan fotograf seperti benar-benar melayang dari dinding. Menariknya, frame foto floating cocok untuk menyembunyikan cat dinding yang tidak sempurnya atau retak-retak rambut. Patut menjadi pertimbangan nih, pada waktu memilih frame foto.

3. Dekoratif 3D

Frame foto dekoratif adalah salah satu yang paling banyak ditemukan di pasaran. Pinggiran 3D yang menyertai membuat frame foto ini terlihat menonjol. Anda dapat menggunakan frame foto tipe ini untuk mempercantik area yang terlihat polos dan monoton. Sedangkan pemilihan warna dan model 3Dnya bebas disesuaikan dengan preferensi favorit.

4. Collage

Frame foto terlengkap

Menyusun frame foto kolase sekarang lebih mudah. Anda kini dapat memilih frame kompilasi, atau bila suka menyusun satu-satu dengan frame standar. Fotograf yang ditempatkan dalam frame kolase paling bagus bertema seragam, misalnya momen dari sebuah event atau photoshoot. Keuntungan menggunakan frame foto kolase adalah Anda tak perlu memilih fotograf mana yang paling bagus, karena semua dapat Anda pajang sekarang.

5. Standar

Frame foto terlengkap

Secara umum, frame foto standar berwarna polos hitam, perak, metal, warna kayu, atau yang kekinian dipoles cat berwarna pastel. Tanpa ornamen apa pun, frame foto standar jadi cocok ditempatkan di rumah atau ruang kerja bertema desain interior apa pun. Sisi minimalis yang di usung frame foto tipe ini, membuat fotograf tidak kehilangan fokusnya, walau Anda memilih bingkai berwarna.

6. Poster

Seperti namanya, frame foto poster lebih banyak digunakan untuk menyimpan poster atau fotograf berukuran poster. Di pasaran, frame foto poster tersedia dalam ketebatan bingkai yang beragam. Tinggal pilih mana yang paling Anda suka, frame foto tebal atau tipis.

7. Dokumen

Ada dokumen, piagam penghargaan, atau sertifikat yang ingin Anda pamerkan? Gunakan frame foto berukuran dokumen untuk memajangnya. Sangat klasik, dengan warna-warna seperti hitam, cokelat, hingga emas.

8. Digital

Satu frame foto yang hadir seiring dengan perkembangan kamera di gadget dan sosial media adalah frame foto digital. Yup, sangat fun dan tak terbatas bentuknya. Anda dapat berkreasi dengan satu foto dan berganti-ganti frame, atau sebaliknya. Dijamin tak pernah bosan mengedit foto favorit dengan frame digital.

Bentuk Frame Foto Terlengkap

1. Bujur sangkar

Frame foto terlengkap

Frame foto bujur sangkar mungkin memiliki sisi kosong yang sangat lebar ketika digunakan. Hal ini dimaksudkan untuk membuat mata penikmat foto tertuju kepada fotograf tersebut. Fotograf pun secara otomatis menjadi focal point.

2. Persegi panjang

Frame foto persegi panjang adalah bentuk yang paling lazim ditemui. Sangat mudah didapatkan juga disesuaikan dengan ukuran foto cetak Anda. Beberapa hadir dengan fitur unik, seperti lampu kecil, dll.

3. Oval

Frame foto terlengkap

Frame foto oval terlihat sangat berkelas dan mewah. Sebelum menggunakannya, Anda diharuskan menggunting fotograf sesuai ukuran frame foto. Gunakan alas kardus atau kertas panduan yang terselip di dalamnya sebagai pengukur besar bagian yang harus dipotong.

4. Bulat

Frame foto terlengkap

Walau tak banyak ditemukan, frame foto bulat adalah pilihan yang unik. Sama seperti frame foto oval, Anda harus memotong fotograf sesuai bulatan frame sebelum dipakai. Tertarik mencoba?

5. Novelty

Frame foto terlengkap

Frame foto novelty juga tak kalah menarik dari bentuk frame foto lainnya. Anda dapat membeli yang sudah jadi seperti yang tersedia di Ruparupa, membuat sendiri, atau memesannya pada tukang bingkai. Frame foto novelty sangat cocok diberikan sebagai hadiah dan kenang-kenangan.

Cara Memajang Frame Foto Terlengkap

1. Digantung

Salah satu cara paling umum memajang frame foto adalah digantung di dinding dengan paku. Cara ini memang terbukti efektif membuat frame foto tidak bergoyang-goyang tetap pada tempatnya (Kecuali tentu saja jika terjadi gempa bumi). Namun, pada praktiknya instalasi paku penggantung pasti membuat dinding berlubang. Pada akhirnya, Anda jadi tidak fleksibel memindahkan frame foto sesuka hati ketika bosan dengan tatanan yang lama.

2. Table Top, Desk Top, Shelf Top

Meja konsol, meja sisi, meja kerja, lemari buffet, hingga rak melayang adalah sebagian ide tempat Anda menempatkan frame foto berdiri. Berkebalikan dengan cara memajang digantung, frame foto yang diletakkan di atas meja membuat Anda dapat sesering mungkin menyentuh dan melihat lebih dekat memori yang tersimpan di dalamnya. Poin plus lagi, Anda dapat lebih sering mengganti fotograf dengan yang terbaru.

3. Di Lantai

Cara memajang frame foto selanjutnya dan yang paling kontemporer adalah diberdirikan di lantai. Biasanya frame foto yang diberdirikan di lantai memiliki ukuran jumbo, seperti poster, demi tetap terjaga kestabilannya agar jangan sampai jatuh bila tertiup angin. Cukup artistik dikombinasikan dengan tema interior minimalis zaman now.

Material Frame Foto Terlengkap (Plus Tips Merawatnya)

1. Kristal

Frame foto kristal akan terlihat berkilau, bersinar, dan indah untuk disandingkan dengan memorabilia spesial. Ini adalah pilihan yang tepat untuk memajang foto pernikahan, ulang tahun ke-50, dll. Kristal yang digunakan juga tergolong berkualitas, misalnya dari Swarovski.

Merawat frame foto kristal, seperti disarankan oleh Home Decor Swarovski, secara mengejutkan ternyata cukup mudah. Tidak ada pembersih khusus yang diperlukan. Sebaliknya ada tiga langkah yang bisa Anda ikuti:
– Keringkan dengan lap kering
– Bersihkan kotoran dengan kasa lembut
– Dan hindari kontak dengan pembersih abrasive, seperti cairan pembersih kaca

2. Keramik

Frame foto keramik cukup kuat untuk dipakai bertahun-tahun, namun relatif mudah patah atau pecah bila jatuh. Seperti kerajinan keramik pada umumnya, frame foto bermaterial ini juga bisa dimanfaatkan sebagai media melukis. Setelah selesai, tinggal dipajang. Merawat frame foto keramik cukup dengan pembersihan rutin menggunakan kanebo atau kemoceng.

3. Kayu & Bambu

Salah satu material frame foto yang paling umum adalah kayu dan bambu. Relatif ringan, namun stabil. Sempurna untuk frame foto yang ingin digantung. Banyak orang memilih material kayu dan bambu karena tekstur visualnya yang unik dan menarik.

Pemeliharaannya tinggal dibersihkan secara berkala menggunakan lap microfiber. Sekali waktu, semprot dust cleaner ke lap, untuk melengkapi pembersihan. Jangan pernah menyemprotkan dust cleaner langsung ke bingkai. Dan sekalipun terbuat dari kayu dan bambu, hindari penggunaan semir kayu karena dapat merusak fotograf bila tidak hati-hati dalam penggunaannya.

4. Metal

Diantara material lain, material frame foto metal adalah yang terkuat. Pesonanya bahkan semakin terlihat seiring penggunaan. Untuk perawatan, dapat menggunakan lap basah. Bisa juga dengan menambahkan sedikit sabun pembersih. Dan jika terbuat dari perak, tambahkan cairan pengilap metal atau perak setelahnya.

5. Kulit

Untuk menampilkan kesan sangat berbeda, gunakan frame foto bermaterial kulit. Cocok dipasangkan dengan interior rumah bernuansa pedesaan atau juga yang modern. Nah untuk material yang satu ini, Anda membutuhkan krim pelembut dan pembersih kulit untuk menjaga agar frame foto tetap dalam kondisi prima.

Salah satu situs yang menyediakan pilihan frame foto terlengkap adalah Ruparupa. Ada 800+ pieces frame foto yang dapat Anda lihat dan jadikan pilihan dekorasi di rumah. Frame foto yang tersedia di Ruparupa semua terkurasi, sehingga hanya yang terbaik dari brand-brand seperti Informa, Umbra, Arthome, dan lainnya, yang kami sediakan untuk Anda. Soal harga, bisa di filter mulai dari promo Buy1Get2, produk Lowest Price, hingga yang Limited.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti di atas, tentunya akan sangat mudah sekarang memilih frame foto apa yang paling pas untuk Anda. Belanja frame foto sekarang di Ruparupa.

Promo sepeda