alat makan

6 Bahan Alat Makan yang Aman dan Menawan

Selama ini, kamu mungkin sering membeli peralatan makan hanya dari model yang menarik. Padahal, keamanan dari bahan alat makan juga perlu diperhatikan lho, kawan rupa!

Soalnya, ada beberapa peralatan makan yang tidak tahan panas dan dingin. Jadi, bila kamu tetap memakainya, justru bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Belum lagi, kalau peralatan makan tersebut tidak berkualitas, bisa-bisa kamu harus lebih sering menggantinya dengan yang baru.

Namun, bahan peralatan makan seperti apa yang sebenarnya aman untuk digunakan sehari-hari? Yuk, simak berikut ini.

1. Keramik


Kamu pasti sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini karena sangat sering dijumpai dalam peralatan makan. Keunggulan utama bahan ini adalah mudah dibersihkan dan tahan panas. Selain itu, peralatan makan dari keramik punya banyak desain menarik yang bisa mempercantik meja makan kamu, lho.


peralatan makan keramik

Namun, kekurangan dari bahan keramik adalah mudah pecah jika terjatuh sehingga kurang aman jika di rumah kamu ada anak kecil. Umumnya, peralatan makan dari keramik digunakan pada piring, mangkok, dan cangkir.


Nah, berikut ini beberapa rekomendasi alat makan keramik yang bisa kamu gunakan.

2. Kaca


Selain keramik, bahan kaca juga sering dipilih sebagai alat makan. Bahan satu ini memiliki tampilan bening transparan dan mudah dibersihkan. Selain itu, material kaca lebih tahan panas sehingga aman digunakan untuk mengukus makanan. Kamu pun bisa menggunakannya sebagai kotak penyimpanan makanan di kulkas. Sangat multifungsi, kan?


mangkuk kaca

Namun, sama seperti keramik, kaca juga gampang pecah kalau jatuh. Jadi, hati-hati saat menggunakannya, ya!

Nah, berikut ini ada rekomendasi wadah makanan dari bahan kaca dengan kualitas terbaik yang bisa kamu pilih.

banner

3. Stainless Steel


Buat kamu yang menginginkan peralatan makan tahan lama dan multifungsi, bahan stainless steel adalah jawabannya. Umumnya, bahan ini memang lebih sering digunakan pada sendok dan garpu, tetapi ada juga piring dan mangkuk dari bahan stainless steel.


Soalnya, stainless steel dikenal mudah dibersihkan dan tidak mudah berkarat. Selain itu, kamu juga bisa memakainya sebagai wadah untuk menghangatkan makanan di dalam pengukus.


alat makan Stainless Steel

Sayangnya, kekurangan dari stainless steel adalah kemampuannya untuk menghantarkan panas. Jadi, kamu akan memerlukan sarung tangan untuk memegangnya, terutama bila meletakkan makanan panas di dalamnya.

Berikut ini rekomendasi alat makan dari bahan stainless steel yang bisa jadi pilihan.

4. Plastik


Siapa bilang alat makan berbahan plastik itu berbahaya? Tidak juga, loh, kawan rupa. Soalnya, saat ini sudah banyak jenis plastik yang aman untuk menjadi alat makan.


Namun, pastikan kamu memilih peralatan makan berbahan plastik yang sudah memiliki label BPA Free, PVC Free, hingga food grade. Label tersebut menandakan bahwa alat maka tidak terdapat bahan kimia berbahaya yang dapat meracuni makanan.


alat makan plastik

Kamu dapat memilih alat makan plastik dengan label panah berbentuk segitiga dengan angka 5 dan tulisan PP di bagian bawahnya, jenis plastik Polypropylene yang paling aman untuk peralatan makan.

Berikut kami punya rekomendasi tempat makan plastik berkualitas yang bisa kamu gunakan.

5. Kayu


Jika kamu menginginkan alat makan yang aman sekaligus aesthetic, kamu bisa menggunakan bahan kayu. Alat makan berbahan kayu jauh lebih aman karena tidak memakai bahan kimia dalam pembuatannya.


Selain itu, bahan ini tidak menghantarkan panas dan tidak mudah rusak atau pecah. Apalagi, alat makan berbahan kayu juga non-reaktif atau tidak bereaksi terhadap zat asam dari makanan, lho.


Berikut ini beberapa rekomendasi peralatan makan kayu yang estetik.

6. Batok Kelapa


Mungkin kamu jarang menjumpai peralatan makan berbahan batok kelapa ini. Namun, ternyata bahan ini juga aman dan memiliki nilai estetika yang tinggi, lho. Sama seperti kayu, peralatan makan dari batok kelapa ini juga tidak menggunakan bahan kimia dalam proses pembuatannya. Jadi, makanan kamu akan lebih aman dan sehat.


Tidak hanya itu, alat makan dari batok kelapa juga bisa memberikan sentuhan etnik, tradisional, dan alam yang sangat menawan.

Batok Kelapa

Itulah enam material yang aman untuk menjadi peralatan makan. Sudahkan kamu menggunakan bahan-bahan tersebut? Jika belum, yuk segera ganti alat makanmu! Semua perlengkapan di atas bisa kamu beli hanya di ruparupa yang #BikinBeres semua urusan rumahmu.