Ketahui Apa Itu Teether Bayi, Manfaat, dan Rekomendasinya

0
2884
apa itu teether bayi

Bagi pasangan yang baru memiliki bayi, mungkin banyak pertanyaan terkait cara mengasuh anak dan berbagai perlengkapan kebutuhannya. Apalagi, setiap bertambah usia, si kecil membutuhkan perlengkapan yang berbeda, terutama saat masa pertumbuhan gigi. 

Pada masa ini, biasanya si kecil cenderung lebih sensitif dan rewel. Pertumbuhan gigi akan membuat mereka merasakan sakit dan stres pada beberapa kasus. Walaupun begitu, tidak semua bayi akan melewati fase berat ini. 

Ruparupa Banner

Namun, ada  cara yang bisa kita lakukan untuk membantu anak melewati masa pertumbuhan gigi. Salah satunya dengan menggunakan teether.

Lantas, Apa Itu Teether Bayi?

Teether bayi merupakan sebuah mainan atau benda lunak untuk meredakan rasa gatal dan nyeri pada gusi bayi. Kamu bisa memberikan teether apabila mereka sudah mulai menggigit apa saja yang bisa dijangkau. 

Biasanya, teether terbuat dari material thermoplastic rubber atau lateks berisi air sehingga bersifat lunak dan mudah untuk dikunyah. Tidak hanya itu, teether bayi dilengkapi dengan permukaan berbintik untuk mengatasi rasa gatal berlebih pada gusi bayi. 

Lalu, Apa Saja Manfaat Teether bagi Bayi?

Setelah mengetahui arti dan fungsi dari teether bayi pada masa pertumbuhan gigi anak, berikut beberapa manfaat teether yang perlu kamu ketahui. 

1. Merangsang pertumbuhan gigi

Selain mengurangi rasa nyeri dan gatal pada gusi anak, teether juga bekerja dalam hal merangsang proses pertumbuhan gigi, lho.

Jadi, gigi mereka akan tumbuh jauh lebih cepat, rapi, dan sehat. Semakin cepat gigi bayi tumbuh, maka fase sensitif si kecil bisa terlewatkan. 

2. Membantu perkembangan kognitif

Mengunyah teether ternyata juga mampu membantu meningkatkan perkembangan kognitif pada anak. Selama proses mengunyah, si kecil akan menjulurkan lidah dan bibir. Cara ini dapat melatih si kecil dalam mengucapkan kata pertamanya. 

Baca Juga:   6 Fakta Menarik Film Avatar 2: The Way of Water

Lama kelamaan si kecil bisa berlatih proses berbicara dan berkomunikasi. Selain itu, model teether yang lucu bisa melatih anak untuk mulai mengenal berbagai warna dan bentuk lewat pengalaman visualnya.

3. Meningkatkan kemampuan motorik

Manfaat teether lainnya adalah meningkatkan kemampuan motorik anak. Saat menggunakan teether, mereka akan menggunakan otot tangannya saat menggenggamnya.

Kemampuan motorik lainnya juga akan terlihat pada proses mengunyah dan menggerakkan bibir.

Wah, ternyata manfaat teether tidak hanya untuk kesehatan gusi bayi, ya. Jadi, mulai tertarik untuk memberikan teether kepada si kecil?

Rekomendasi Teether Bayi Berkualitas

Teether bisa menjadi ide mainan bayi berusia 6 bulan ke atas yang menarik. Nah, kami punya beberapa  rekomendasi teether bayi yang bisa kamu pilh dan berikan buat si kecil.

1. Edison Mama Teether Apple 

Rekomendasi mainan teether pertama adalah Edison Mama Teether berbentuk buah apel dengan harga sekitar Rp60 ribuan. Mainan ini terbuat dari thermoplastic rubber dan tahan terhadap panas hingga 170°C

Jadi, kamu dapat melakukan sterilisasi menggunakan air mendidih. Teether berbentuk buah ini juga akan meningkatkan kemampuan visual anak untuk menangkap bentuk maupun warna.  

teether bayi Edison Mama Teether Apple
Edison Mama Teether Apple

Beli di sini

2. Playgro Teether Felix Fox Friend

Playgro Teether Felix Fox Friend merupakan sebuah inovasi lebih lanjut dari teether berbahan karet. Banyak penelitian yang menganggap bahwa semakin banyak mempelajari tekstur, maka si kecil bisa lebih berkembang. 

Mainan teather ini akan membantu si kecil mengenal berbagai macam hal, mulai dari bentuk, warna, hingga tekstur permukaan. Kamu bisa membeli teether lucu ini dengan harga mulai dari Rp90 ribu saja.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Mainan Paw Patrol Terbaik Untuk Anak Usia 3 Tahun
Playgro Teether Felix Fox Friend 124331
Playgro Teether Felix Fox Friend 124331

Beli di sini

3. Nuby Teether Safari Loop

Jenis teether pada umumnya masih mengharuskan anak untuk menggenggamnya secara erat. Berbeda dengan Nuby Teether Safari Loop berbentuk lingkaran gelang yang praktis ini.

Kamu hanya perlu memasangnya di tangan si kecil. Jadi, bisa meminimalisir risiko teether jatuh dan kotor. Selain itu, teether ini juga bisa jadi mainan bagi si kecil karena berbagai bentuk hewan lucu. 

Nah, kamu dapat membeli teether serbaguna ini hanya dengan Rp140 ribuan, lho.

Nuby Teether Safari Loop 111236
Nuby Teether Safari Loop 111236

Beli di sini

4. Playgro Teether In My Garden Nature

Rekomendasi teether kali ini tidak hanya membantu mengatasi rasa sakit pada gusi anak, tetapi juga dapat membantu si kecil untuk belajar berdiri. Teether dari Playgro ini  bisa kamu gantungkan pada kereta bayi. 

Kamu bisa membeli teether satu ini dengan harga Rp80 ribuan.

Playgro-teether In My Garden Nature Cpl156
Playgro-teether In My Garden Nature Cpl156

Beli di sini

Itulah beberapa rekomendasi teether anak yang berkualitas dan tidak boleh kamu lewatkan untuk melengkapi kebutuhan si kecil pada masa pertumbuhan gigi.

Kamu bisa mendapatkan berbagai perlengkapan bayi lainnya dari  Toys Kingdom hanya melalui ruparupa.com.

Miliki perlengkapan bayi
hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan berbagai jenis mainan anak, mulai dari Hot Wheels, Barbie, LEGO, hingga Cocomelon di sini. 

Situs belanja online  ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan Ataru.