Anjing Poodle: Ciri, Karakteristik, dan Cara Merawatnya

0
34340
anjing poodle
Sumber: Unsplash/Steven Van Elk

Anjing poodle atau pudel menjadi salah satu hewan peliharaan favorit di dunia. Soalnya, anjing satu ini memiliki karakter menyenangkan dan menggemaskan. Tak heran, banyak yang menjadikan jenis anjing ini sebagai teman buat di rumah. 

Awal mulanya, anjing satu ini cukup populer di Prancis hingga dijadikan sebagai hewan pendamping di kalangan bangsawan.

Ruparupa Banner

Anjing pudel menjadi salah satu ras paling dikenal karena kecerdasannya, kemampuannya untuk dilatih dengan cepat, bulunya yang hipoalergenik, serta kepribadian penuh kasih sayang.

Bagaimana? Jadi tertarik buat memeliharanya? Sebelum itu, kami ingin membagikan informasi menarik yang bisa kamu jadikan acuan untuk memelihara anjing poodle, mulai dari ciri-ciri, karakteristik, hingga cara merawatnya. Yuk, simak!

Seperti Apa Ciri-ciri Anjing Poodle?

anjing poodle
Sumber: Pexels/Berend de Kort

Anjing poodle terkenal dengan bentuk tubuhnya yang cantik dan unik. Nah, ini dia beberapa ciri umum dari anjing poodle.

  1. Bentuk kepala yang sedikit memanjang.
  2. Warna bulu bervariasi, seperti cokelat, hitam, putih, abu-abu, dan krem.
  3. Memiliki bulu yang tebal dan keriting.
  4. Memiliki mata yang bulat dengan warna hitam, cokelat tua, atau kuning.
  5. Ada tiga ukuran poodle, yaitu standar dengan tinggi 22-60 cm, toy dengan tinggi 22-27 cm, dan miniatur dengan tinggi 27-35 cm. 

Lantas, Seperti Apa Karakteristik Anjing Poodle?

anjing poodle
Sumber: Unsplash/Nick Fewings

Anjing poodle umumnya memiliki sifat yang ceria, setia, mudah beradaptasi, selalu waspada, aktif, dan memiliki insting tajam. Mereka juga anjing yang sangat cerdas, sehingga kamu dapat melatihnya dengan mudah.

Hal inilah yang membuat poodle dapat menjadi hewan peliharaan sekaligus sahabat yang baik buat di rumah. Tenang saja, kalau kamu tertarik buat memeliharanya, anjing ini juga sangat pengertian dan mudah memahami perasaan pemiliknya.

Baca Juga:   4 Cara Mencuci Tempat Tidur Anjing dengan Benar

Jika kamu sedang sedih atau banyak masalah, poodle bisa saja terbawa suasana dan ikut merasakan hal yang sama karena rasa empatinya tinggi. Seperti yang sudah disebutkan di atas, anjing poodle memiliki tiga ukuran.

Uniknya, setiap ukuran pudel memiliki karakteristik berbeda-beda. Misalnya, untuk pudel standar, karakternya sangat bersemangat, tetapi cenderung tertutup.

Kalau karakteristik pudel miniatur biasanya lebih penurut dan aktif. Sedangkan buat karakteristik anjing pudel toy, mereka sangat lembut dan manja.

Jadi, kira-kira kamu mau pilih yang mana buat dipelihara, nih?

Bagaimana Cara Merawat Anjing Poodle?

Setelah mengetahui karakteristik dan ciri-ciri anjing poodle, kami juga ingin membagikan tips bila kamu ingin merawat anjing poodle, seperti berikut ini.

1. Memberikan Vaksin

anjing poodle
Sumber: Unsplash/Tra Tran

Bukan hanya manusia yang perlu vaksin, tetapi anjing juga memerlukannya agar terhindar dari penyakit.

Jika ingin memelihara poodle, kamu dapat memberinya vaksin rabies, parvo, distemper, flu, dan penyakit lyme. Selain itu, kamu juga perlu memberinya obat kutu dan cacing pada anjing poodle.

2. Mengatur Jadwal Mandi Anjing

Kebiasaan mandi juga tidak boleh dilupakan, lho. Kamu dapat mengatur jadwal memandikan anjing poodle selama sebulan sekali agar tidak membuat kulitnya menjadi kering. Pastikan menggunakan sampo anjing khusus karena kulit mereka sensitif.

3. Memberinya Perawatan Gigi dan Telinga

Selain memandikan anjing, kamu perlu menyikat giginya menggunakan pasta gigi khusus. Kemudian, berilah dental chew yang dapat membantu membersihkan gigi mereka pada bagian belakang.

Selain itu, perhatikan telinga mereka. Jika bulunya lebat, saluran telinga dapat tersumbat dan sulit untuk membersihkan kotorannya. Jadi, sebaiknya kamu rutin memendekkan bulu telinga anjing. 

Baca Juga:   5 Keuntungan Belanja Saat Promo Flash Sale di ruparupa.com

4. Rutin Menyisir Bulu dan Menggunting Kukunya

anjing poodle
Sumber: Pexels/Pixabay

Anjing poodle memiliki bulu yang keriting dan tebal, sehingga kamu harus rutin menyisirnya agar tidak kusut. Jika ingin menyisirnya, semprotkan sedikit air pada anjing agar lebih mudah.

Kemudian, pastikan juga kamu rutin menggunting kuku anjing agar tidak terlalu panjang, sehingga tidak melukainya saat mereka menggaruk tubuh.

5. Melatihnya Bersosialisasi

Bukan hanya fisik anjing yang harus dirawat, tetapi kamu juga perlu melatihnya untuk bersosialisasi. Dengan begitu, anjing dapat menjadi lebih ramah dan pengertian. Mereka pun akan lebih mudah beradaptasi dan bergaul dengan hewan lainnya.

Nah, itu dia ciri-ciri, karakteristik, dan juga cara merawat anjing poodle. Pastikan kamu sudah mengetahui hal-hal tersebut sebelum memeliharanya, ya. 

Kamu bisa membeli berbagai perlengkapan buat memelihara anjing melalui Pet Kingdom di ruparupa.

miliki perlengkapan Memelihara anjing
hemat hingga 50% klik di sini

Tenang, kami juga punya beberapa rekomendasi produk perawatan anjing yang bisa kamu beli dengan lebih hemat. Simak berikut ini.

 

M-pets Mainan Anjing Max Blue
M-pets Mainan Anjing Max Blue

Beli di sini

Pawise Tempat Tidur Anjing Dengan Bantal Ukuran M - Merah
Pawise Tempat Tidur Anjing Dengan Bantal Ukuran M

Beli di sini

 

Petz Route Cemilan Anjing Piggy White Gum Stick Dumbbel (Fish Flavor)
Petz Route Cemilan Anjing Piggy White Gum Stick

Beli di sini

M-pets Kandang Hewan Portabel Sixties Tv - Pink
M-pets Kandang Hewan Portabel Sixties Tv – Pink

Beli di sini

 

Pet Kingdom Tali Ikat Badan Anjing - Pink
Pet Kingdom Tali Ikat Badan Anjing – Pink

Beli di sini

Goodies 85 Gr Camilan Anjing Dental Bar Rasa Ayam
Goodies 85 Gr Camilan Anjing Dental Bar Rasa Ayam

Beli di sini

Di ruparupa, kamu juga bisa membeli perlengkapan rumah tangga dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, ATARU, Toys Kingdom, Ashley, dan masih banyak lagi. Yuk, belanja sekarang!

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.