Anjing Poodle: Ciri, Karakteristik, dan Cara Merawatnya

0
620
ciri dan karakter anjing poodle
Sumber : pinterest @ianimalsworld_

Anjing poodle menjadi salah satu hewan peliharaan favorit di dunia. Poodle memiliki penampilan yang unik, cantik, serta karakternya selalu bersemangat. Tak heran banyak yang menjadikan jenis anjing ini sebagai teman bagi manusia. Jika Anda ingin memelihara anjing poodle, kenali dulu, yuk,  ciri, sifat, dan cara merawatnya dengan benar agar mereka dapat tumbuh dengan baik. 

Promo 12 12 Ruparupa

Ciri-ciri Anjing Poodle

Poodle terkenal dengan bentuk tubuhnya yang cantik dan unik. Berikut beberapa ciri umum dari anjing poodle :

  1. Bentuk kepala yang sedikit memanjang.
  2. Warna bulu bervariasi, seperti coklat, hitam, putih, abu-abu, dan cream.
  3. Memiliki bulu yang tebal dan keriting.
  4. Memiliki mata yang bulat dengan warna hitam, coklat tua, atau kuning.
  5. Terdapat tiga ukuran poodle, yaitu standar (tinggi 9-24 inci), miniatur (tinggi 11-14 inci), dan toy (tinggi 9-11 inci).
pudel ukuran standar
Sumber : thepaws.net

Karakteristik Anjing Poodle

Anjing poodle umumnya memiliki sifat yang ceria, selalu waspada, aktif, dan memiliki insting yang tajam. Mereka juga merupakan anjing yang sangat cerdas  sehingga Anda dapat melatihnya dengan mudah. Selain itu, mereka merupakan anjing yang setia dan mudah beradaptasi. Hal inilah yang membuat poodle dapat menjadi hewan peliharaan sekaligus sahabat yang baik buat Anda. 

Makanan Anjing

Poodle memiliki tiga ukuran, yaitu standar, miniatur, dan toy. Masing-masing ukuran memiliki karakteristik yang berbeda. Poodle standar memiliki karakter yang sangat bersemangat, tetapi cenderung tertutup. Sedangkan karakteristik poodle miniatur lebih penurut dan aktif. Terakhir, untuk karakter toy poodle, mereka sangat lembut dan manja.

Anjing ini juga sangat pengertian dan mudah memahami perasaan pemiliknya, loh. Jika Anda sedang sedih atau banyak masalah, poodle bisa saja terbawa suasana dan ikut merasakan hal yang sama. Kepribadiannya yang penuh rasa empati ini dapat menenangkan perasaan pemiliknya.

pudel kecil
Sumber : zooplus.de

Cara Merawat Anjing Poodle

Setiap orang tentunya ingin memenuhi kebutuhan hewan peliharaan dan menjaganya agar tetap sehat dan aktif. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat anjing poodle: 

  • Memberikan vaksin

Bukan hanya manusia yang perlu divaksin, tetapi anjing juga memerlukannya agar terhindar dari penyakit. Jika ingin memelihara poodle, Anda dapat memberinya vaksin rabies, parvo, distemper, flu, dan penyakit lyme. Selain itu, Anda juga dapat memberinya obat kutu dan cacing pada anjing poodle.

  • Mengatur jadwal mandi anjing

Anda dapat mengatur jadwal memandikan anjing poodle selama sebulan sekali agar tidak membuat kulitnya menjadi kering. Pastikan Anda menggunakan shampoo anjing khusus saat memandikannya karena anjing memiliki kulit yang sensitif.

  • Memberinya perawatan gigi dan telinga

Saat memandikan anjing, Anda juga dapat sekalian menyikat giginya menggunakan pasta gigi khusus anjing. Berilah anjing dental chew yang dapat membantu membersihkan giginya di bagian belakang. Anda juga harus memperhatikan telinga anjing karena jika memiliki bulu yang lebat, saluran telinganya dapat tersumbat dan sulit membersihkan kotorannya. Rutinlah memendekkan bulu telinga anjing Anda. 

  • Rutin menyisir bulu dan menggunting kukunya

Anjing poodle memiliki bulu yang keriting dan tebal, sehingga Anda harus rutin menyisir bulunya agar tidak kusut. Namun, semprotkan sedikit air pada anjing Anda sebelum menyisir bulunya agar lebih mudah. Pastikan juga Anda rutin menggunting kuku anjing agar tidak terlalu panjang sehingga tidak melukainya saat menggaruk tubuh.

  • Melatihnya bersosialisasi

Bukan hanya fisik anjing yang harus Anda rawat, tetapi Anda juga perlu melatihnya untuk bersosialisasi. Dengan begitu, anjing Anda dapat menjadi lebih ramah dan pengertian. Mereka juga akan mudah beradaptasi dan bergaul dengan hewan lainnya.

***

Baca Juga:   15 Fakta Anjing Pitbull, Wajib Tahu Sebelum Memelihara!

Nah, itu dia ciri-ciri, karakteristik, dan juga cara merawat anjing poodle. Anda harus mengetahui hal-hal tersebut sebelum memeliharanya, ya, Ruppers. Klik di sini untuk menemukan berbagai produk perawatan anjing berkualitas di Ruparupa.com untuk membantu Anda merawat anjing. 

Simak juga beberapa produk rekomendasi berikut yang dapat Anda beli di Ruparupa.com.

Doggyman Soft Slicker Sisir Anjing
Doggyman Soft Slicker Sisir Anjing beli di Ruparupa.com.
Sisir perawatan untuk anjing kesayangan Anda ini terbuat dari material plastik pada bagian gagang dan bagian jari-jari sikatnya yang berguna untuk menata bulu anjing agar tampil menawan setiap saat.
Gold Medal Medicated Sampo Anjing 500 Ml
Gold Medal Medicated Sampo Anjing 500 Ml beli di Ruparupa.com.
Sampo ini dapat membantu untuk menghilangkan rasa gatal, ketombe, serta iritasi kulit kepala yang menggangu. Kandungan vitamin pada sampo juga dapat menambah kelembaban, mencegah kekusutan dan membuat bulu hewan peliharaan lebih berkilau.
All For Paws Set Sikat Gigi Anjing Dengan Pasta Gigi Frog
All For Paws Set Sikat Gigi Anjing Dengan Pasta Gigi Frog beli di Ruparupa.com.
Sikat gigi ini akan mempermudah Anda dalam merawat gigi hewan peliharaan kesayangan Anda. Memiliki desain yang ergonomis, sehingga dapat digunakan dengan lebih mudah sesuai dengan bentuk rahang dan gigi anjing.