Saat puncak musim hujan, cuaca hampir setiap hari mendung dan turun hujan. Inilah potret cuaca yang harus kita hadapi saat ini. Cuaca seperti ini setidaknya akan berlangsung hingga awal bulan depan.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda menjaga kesehatan sebelum flu menyerang dan mengganggu aktifitas Anda.

Berikut 7 tips cerdas yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dimusim hujan:

1. Bawa payung atau jas hujan

Sangat penting untuk membawa payung atau jas hujan setiap Anda keluar rumah. Awan mendung berpotensi membawa hujan intensitas sedang hingga deras. Anda tentunya tidak ingin terjebak hujan dan tertahan di satu tempat lebih lama bukan?

2. Segera mandi dan keramas jika kehujanan

Segera bilas tubuh Anda dengan air bersih, untuk mencegah perpindahan kuman dan bakteri ke dalam tubuh. Bahkan jika Anda menginjak genangan air, segera bilas dengan air bersih sebelum melanjutkan aktifitas. Pastikan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, karena tangan merupakan tempat terbaik bagi virus dan bakteri, dan masuk dengan cepat ke dalam tubuh saat menyentuh makanan.

3. Makan makanan sehat

Pastikan tubuh mendapatkan asupan makanan bergizi setiap hari, terutama saat musim penghujan. Makanan sehat dapat membantu tubuh memperbaiki dan menjaga sistem imun tubuh. Sup ayam dan sayur dapat membantu menambah stamina tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti flu dan lainnya.

4. Jaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Saat musim penghujan, cuaca cenderung dingin sehingga Anda mungkin tidak sempat merasakan haus. Meskipun Anda tidak merasa haus, namun tubuh Anda tetap membutuhkan cairan. Untuk itu, pastikan Anda tetap mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

5. Olah raga teratur

Hujan bukanlah alasan Anda untuk berdiam diri diatas tempat tidur atau sofa sambil menikmati cokelat hangat. Tubuh Anda tetap harus bergerak dan berkeringat. Cukup banyak olah raga yang dapat dilakukan di dalam ruangan, seperti fitness, futsal, bulutangkis, squash, aerobik, yoga, pilates, bahkan renang sekalipun. Usahakan tetap berolahraga secara teratur agar tubuh Anda tetap bugar dan sehat.

6.  Istirahat yang cukup

Tubuh membutuhkan waktu istirahat minimal 6-8 jam untuk menjaga kebugaran tubuh. Pastikan waktu istirahat Anda terpenuhi agar tubuh tetap fit untuk menghalau virus dan kuman penyakit yang sedang berterbangan di udara saat ini. Selain waktu yang cukup, kualitas tidur juga sangat berpengaruh. Lebih baik untuk me-nonaktif-kan telepon genggam saat istirahat, agar tidur lebih berkualitas dan tidak terganggu dengan notifikasi apapun.

7. Jangan biarkan tubuh Anda kedinginan

Saat hujan, suhu ruangan dengan pendingin akan cenderung meningkat, gunakan jaket untuk menjaga kehangatan tubuh. Jangan biarkan tubuh Anda kedinginan dan beradaptasi menyesuaikan perubahan suhu secara drastis.

Menjaga kesehatan dimusim hujan ternyata cukup mudah dan praktis bukan? Seperti kata pepatah, “sedia payung sebelum hujan”, menjaga kesehatan dimusim hujan akan jauh lebih baik daripada menyembuhkan diri dari sakit.

Jadi, jangan lupa menyiapkan berbagai kebutuhan diri dan kendaraan Anda saat hendak keluar rumah di musim hujan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here