Libur Lebaran semakin dekat, apakah Anda berencana untuk mudik ke kampung halaman atau pergi liburan bersama anggota keluarga atau sahabat? Apakah Anda berencana untuk mudik dengan membawa mobil pribadi? Ingat, keselamatan adalah hal yang utama dalam setiap perjalanan. Untuk itu perhatikan keselamatan dan kenyamanan Anda selama perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Karena waktu liburan yang panjang, tak ayal Anda harus membawa banyak barang. Belum lagi ditambah dengan jumlah penumpang yang ikut di dalam mobil, oleh-oleh dan perlengkapan si Kecil jika Anda berencana bepergian bersama si Kecil. Meskipun terkesan mudah, tapi Anda harus lebih cerdas saat manata barang bawaan agar semua barang yang dibutuhkan dapat diangkut, dan mudah didapatkan saat dibutuhkan.

Berikut tips menata barang bawaan saat mudik:

1. Bawa barang bawaan yang benar dibutuhkan

mudik dengan mobil pribadiPerhatikan barang bawaan Anda dan keluarga, pastikan barang yang dibawa adalah barang yang dibutuhkan saat mudik. Misalnya Anda tidak perlu membawa 3 buah sepatu untuk perjalanan Anda, bawalah sepatu yang nyaman dikenakan dengan warna netral sehingga dapat dipadukan dengan pakaian apapun. Anda juga bisa menggulung pakaian agar muat lebih banyak di dalam tas.

2. Kelompokkan barang

Kelompokkan barang yang sama agar penyimpanan lebih maksimal. Misalnya satukan oleh-oleh berupa makanan menjadi satu tas, oleh-oleh pakaian dalam tas lainnya. Perhatikan juga kemungkinan barang bawaan pecah atau bocor. Simpan dalam kemasan yang aman agar tidak mengotori barang lainnya jika bocor atau pecah selama perjalanan.

perkakas wajib di mobil3. Siapkan satu tas kecil untuk selama perjalanan

Jangan lupa untuk menyiapkan keperluan pribadi selama perjalanan dalam sebuah tas kecil. Selama arus mudik, Anda akan kesulitan memprediksi kedatangan Anda di tempat tujuan. Maka tak ada salahnya mempersiapkan peralatan mandi, pakaian ganti, dan handuk dalam sebuat tas kecil. Sehingga Anda bisa mandi atau sekedar bercuci muka dan ganti pakaian di rest area untuk memulihkan kesegaran diri Anda.

4. Susun mulai dari yang terberat

kabin nyaman saat mudikSetelah semua barang dikemas rapi, saatnya menyusun di dalam bagasi mobil. Tempatkan tas, koper atau kardus berukuran besar dan berat di bagian dasar. Atau Anda juga bisa menyusun barang ke samping, dan tempatkan koper besar di sisi paling samping. Lalu susun seperti puzzle dengan mengisi ruang yang kosong, dan tetap memperhatikan isi tas.

5. Jangan tutupi kaca belakang

Pastikan barang bawaan Anda tidak menutupi kaca belakang mobil, atau tidak melebihi tinggi kursi belakang. Karena hal ini sangat membahayakan keselamatan Anda, karena pengemudi tidak bisa melihat kondisi di belakang mobil. Dan sebagai informasi, Polisi bisa saja menilang jika barang bawaan Anda menutupi bagian belakang mobil, karena akan membahayakan. Pastikan pengemudi tetap bisa melihat area samping kiri dan kanan serta belakang dengan jelas, demi keselamatan perjalanan Anda.

aman berkendara dengan anak6. Gunakan bagasi atas mobil

Jika Anda harus menempuh perjalanan panjang, kondisi kabin harus dibuat nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan bagasi di atas mobil Anda. Tambahkan car carrier yang tahan air di atas mobil Anda untuk menyimpan berbagai barang dengan aman.

Jika ingin memanfaatkan bagasi atas mobil, Anda harus memilih roof rack dan car carrier yang berkualitas dan disesuaikan dengan jenis mobil Anda. Roof rack yang dipasang harus mampu bertahan pada kecepatan 140 – 160 km/jam, dan beban maksimum yang diangkut tergantung dari jenis mobil yang Anda miliki.

Bagaimana Ruppers? Sudah siap mudik tahun ini? Jangan lupa untuk menjaga kesehatan selama liburan dan istirahat cukup selama perjalanan ya. Tetap waspada dan berhati-hati agar selamat sampai kembali ke rumah.

Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here