6 Hal yang Harus Diperiksa Saat Mudik Naik Mobil

0
512
Sumber: Unsplash.com

Tidak terasa hari lebaran hampir tiba. Biasanya, sebelum Hari Raya Idul Fitri, kita akan melakukan perjalanan mudik. Selain dengan kereta dan bus, mudik dengan mobil menjadi pilihan banyak orang. Untuk itulah, ada beberapa hal diperiksa ketika mudik naik mobil.

Apalagi, perjalanan mudik dengan mobil bisa memakan waktu yang lama. Selama waktu itu, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Untuk mengantisipasi hal yang tidak terduga tersebut, tentu kita harus memeriksa keadaan mobil dengan baik.

Ruparupa Banner

Apa Saja Hal yang Perlu Diperiksa Ketika Mudik Naik Mobil?

Supaya kamu bisa sampai ke tempat tujuan mudik dengan selamat dan tepat waktu, berikut beberapa hal yang perlu  kamu periksa pada mobil.

1. Aki Mobil 

Periksa kembali aki mobil dan pastikan sambungannya kencang. Aki mobil berfungsi untuk menyuplai daya listrik ke seluruh komponen mobil.

Selain itu, usia aki mobil biasanya 1-3 tahun. Jadi, pastikan kamu mengganti aki bila sudah lama.

Tanda-tanda yang menunjukkan aki mobil sudah mulai habis adalah AC yang kurang dingin, lampu yang kurang terang, atau mobil terasa berat. Nah, kamu bisa langsung memnbawa ke bengkel.

Baca Juga:   Catat Ini 7 Persiapan Wajib Buat Mudik Lebaran 2022

Agar aki semakin tahan lama, maka kamu bisa mengurangi penggunaan AC, radio, atau alat listrik lainnya. Selain itu, jangan terlalu lama mendiamkan mobil garasi.

Pastikan juga kamu membawa charger aki mobil saat melakukan perjalanan jauh.

Maxb Charger Aki Mobil 12v 2a/6a/12a

Beli di sini

Charger Aki Mobil 12v/24v Erbc20

Beli di sini

2. Fan Belt Mobil

Selain aki, kamu juga perlu memeriksa fan belt mobil yang berfungsi sebagai permutar berbagai komponen dalam mobil.

Tanpa adanya fan belt, mobil pasti tidak akan bisa melaju. Fan belt cenderung memiliki usia pakai yang singkat karena letaknya yang terbuka, sehingga komponen satu ini sering terkena hujan, tanah, atau lumpur.

Waktu penggantian fan belt yang disarankan adalah ketika telah mencapai 20.000 hingga 40.000 km. Namun, penting untuk mengenali tanda-tanda kamu harus segera mengganti fan belt, seperti fan belt aus, terasa rapuh saat disentuh, atau mengendur.

3. Filter Udara Mesin

Bagian mobil satu ini berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran supaya tidak masuk ke dalam mobil.

Filter udara mesin mobil harus diganti kalau sudah kotor atau tersumbat. Jika tidak, hal tersebut bisa menganggu akselerasi mobil.

4. Periksa Semua Jenis Cairan Mobil

Pastikan untuk memeriksa kembali tingkat cairan mobil, seperti oli, cairan power steering dan transmisi dan cairan washer kaca depan. Jika ada salah satu  yang tingkatnya rendah, segera isi kembali.

Baca Juga:   10 Alat Kebersihan Rumah Praktis di Bawah Rp 200 ribu

5. Periksa Rem

Kalau rem sudah menimbulkan suara mendecit atau suara aneh lainnya, maka segera periksa ke bengkel. Hal tersebut bisa jadi tanda bantalan rem aus.

Selain itu, jika pedal rem terasa berat atau harus diinjak sampai dalam sat rem, maka segera periksa minyak rem tersebut. Bisa jadi minyak rem hampir habis.

Pastikan kamu membeli minyak rem dan menambahkannya pada mobil, seperti rekomendasi kami berikut ini.

hal yang harus diperiksa saat mudik naik mobil
Stp Minyak Rem Dot 3

Beli di sini

Stp Minyak Rem Dot4 300ml

Beli di sini

 

6. Periksa Ban Mobil

Meski telah menyediakan ban cadangan, ada baiknya kamu tetap memeriksa kondisi ban mobil sebelum berpergian jauh.

Usia ban mobil yang ideal adalah 3 tahun. Namun, jika ban sudah tampak gundul dan retak di beberapa bagian, lebih baik segera ganti dengan ban baru.

Kamu juga bisa berjaga-jaga memabawa pompa ban di dalam mobil, seperti rekomendasi kami berikut ini.

hal yang harus diperiksa saat mudik naik mobil
Coido Pompa Ban Mobil Dual Silinder Dengan Lampu Led

Beli di sini

hal yang harus diperiksa saat mudik naik mobil
Krisbow Pompa Ban Mobil Nirkabel

Beli di sini

Itu dia 6 hal yang perlu kamu periksa kembali sebelum mudik naik mobil. Tetap pastikan kamu berkendara dengan aman dan nyaman demi keselamatan sendiri dan keluarga, ya.

Selain menjual perlengkapan wajib saat mudik naik mobil, Ruparupa.com juga menyediakan berbagai perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Selamat melakukan perjalanan mudik untuk bertemu dengan keluarga tercinta.