DIY! Kerajinan Ini Bisa Dibuat Dari Kain Perca

    Anda punya banyak waktu luang dan suka membuat kerajinan maupun suka menjahit? Atau, anda sedang kebingungan dengan kain-kain perca yang terbengkalai tidak terpakai di gudang? Jangan khawatir karena ternyata kain perca bisa disulap menjadi sesuatu yang bernilai yang bisa membuat anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih. Hanya bermodalkan benang, jarum, dan mesin jahit, kain perca tadi bisa kita manfaatkan menjadi benda-benda yang berguna untuk keseharian anda, mulai dari keset, tas, selimut, sampai taplak meja.

    Namun, mungkin sebagian dari anda masih tidak tahu apa itu kain perca. Kain perca adalah potongan dari kain-kain sisa yang ada di rumah anda. Daripada terbuang menjadi sampah lebih baik digunakan sebagai barang yang lebih berguna. Kain perca ini dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang kerajinan tangan seperti tas, sarung bantal, ataupun produk-produk yang lain. Usaha ini bergerak dalam bidang industri rumah tangga, pada dasarnya didirikan bertujuan untuk mencari keuntungan serta untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen akan suatu produk yang berkualitas dan bermutu. Sedangkan penciptaan kualitas dan mutu yang baik dengan biaya yang rendah adalah syarat utama jika menginginkan keuntungan yang terus meningkat

    Kerajinan kain perca merupakan salah satu kerajinan yang menjadi bagian dari dunia jahit-menjahit. Kerajinan ini dibuat dengan menggunakan bahan yang tergolong limbah, yaitu bermacam-macam kain perca. Kain ini digunakan untuk membuat sebuah karya kerajinan yang indah dan bahkan memiliki nilai seni tinggi. Caranya adalah dengan memotong-motong beragam kain sisa menjadi berbagai bentuk, kemudian menggabungkan potongan-potongan tersebut dengan menjahitnya kembali. Tentunya perpaduan warna dan pola kain juga harus diperhatikan agar bisa tercipta sebuah kerajinan perca yang indah. Kerajinan kain perca saat ini sudah menjadi salah satu kerajinan yang paling dikagumi dan diminati oleh banyak orang Indonesia, bahkan juga di seluruh dunia. Awalnya kerajinan ini merupakan salah satu kerajinan tradisional. Namun, sekarang kerajinan ini malah menjadi salah satu tren baru di dunia kerajinan.

    Tas

    Kain-kain perca di rumah anda yang mau dibuang akan lebih baik jika diubah menjadi kerajinan tangan dan kali ini bisa menjadi tas loh! Selain sekarang tas dari kain perca sedang menjadi tren juga bisa meminimalisir pengeluaran anda. Pasalnya sekarang tas yang terbuat dari kain perca sudah tidak monoton lagi sehingga menghasilkan desain-desain yang oke punya. Lebih pentingnya lagi, tas dari kain perca ini terasa ringan untuk dibawa ke mana-mana sehingga pas banget bagi siapapun yang suka jalan-jalan. So, sayang banget kan kalau kainnya dibuang?

    Selimut

    Selimut di rumah sudah terlihat pudar dan pas banget belum gajian jadi dompet tiris dan belanja selimut pun harus ditunda. Nah, solusi yang satu ini tentunya bisa menjawab masalah anda! Coba deh lihat di lemari anda atau gudang, apakah masih ada sisa-sisa kain perca yang bisa dibentuk menjadi selimut yang warna-warni namun tetap terlihat elegan. Selain bisa menghemat pengeluaran juga bisa mempercantik tempat tidur anda! Cukup dengan memotong kain-kain perca menjadi bentuk dan ukuran yang sama lalu jahit semuanya hingga menyatu jadi satu. Bisa ditambahkan kain dan busa tipis di bagian dalamnya sehingga selimut sedikit tebal dan hangat. Ada baiknya cuci kain perca sebelum dipakai agar lebih higienis dan nyaman dipakai.

    Taplak Meja

    Nah, untuk kerajinan kain perca jenis ini pasti sudah tidak asing untuk anda. Pasalnya, pasti ada saja tetangga di sebelah rumah kita yang memakai taplak meja dari kain perca. Apalagi dengan menggunakan taplak meja yang terbuat dari bahan kain perca, ruang makan anda terlihat lebih otentik dengan balutan batik khas Nusantara. Tidak hanya untuk di rumah, anda pun bisa menggunakan taplak meja kain perca ini di restoran anda sendiri. Pastikan konsep yang anda sajikan di rumah makan cocok dengan taplak meja anda. Tambahkan furnitur menarik di ruangan agar mendukung tampilan restoran anda. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa kombinasikan taplak meja kain perca dengan kain-kain berwarna netral seperti warna abu-abu atau warna putih.

    Sarung Bantal

    Sarung bantal dan taplak meja biasanya sepaket dengan motif dan desain yang sama. Ruang tamu anda akan terlihat sangat cantik dan klasik dengan sarung bantal dan taplak meja dari kain perca bermotif batik. Jangan salah loh, memakai corak batik menjadi suatu tren tersendiri di kalangan masyarakat zaman sekarang sebagai bentuk kecintaannya kepada Indonesia. Pastikan konsep yang anda sajikan di ruang tamu cocok dengan taplak meja anda. Tambahkan furnitur menarik di ruangan agar mendukung tampilan ruang tamu anda. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa kombinasikan sarung bantal kain perca dengan kain-kain berwarna netral seperti warna abu-abu atau warna putih.

    Rok

    Kata siapa anda tidak bisa menjadi seorang fashionista dengan menggunakan kain perca? Tahukah anda kalau kain batik sendiri sangat populer di kancah internasional? Banyak artis Hollywood yang senang menggunakan kain ini, misalnya saja Heidi Klum, Paris Hilton, bahkan Obama pun sebagai mantan presiden Amerika Serikat pernah mengenakan pakaian kebanggaan orang Indonesia ini. Sering lihat remaja zaman sekarang pakai rok panjang motif batik yang beragam? Anda tentu tidak mau kalah saing dengan mereka, dong? Gampang kok, cukup dengan cara seperti membuat selimut dari kain perca, anda bisa membuat bahan dasar rok tadi. Baru setelah kain-kain perca menjadi satu, anda bisa sesuaikan dengan pola jahitan rok seperti yang anda mau. Dakota Fanning, aktris yang sudah terkenal sejak cilik ini bahkan baru-baru ini terlihat menggunakan rok batik dan tetap membuatnya terlihat anggun.

    Keset

    Untuk pembuatan keset dengan menggunakan kain perca pasti sudah tidak asing di telinga anda, sebab memang keset yang terbuat dari kain perca lebih terjangkau harganya. Tapi tahu tidak, jika pembuatan keset ini ternyata hanya mengandalkan seni melipat kain saja loh! Dengan melipat kain-kain perca yang sudah dipotong tadi menjadi bentuk segitiga-segitiga dan anda bisa satukan dengan cara dijahit melingkar.

    Kerajinan kain perca memang beragam dan sangat indah, itu tergantung bagaimana pengembangan kreativitas saja oleh anda nantinya. Tetapi yang pasti, bila anda mau menekuni, dunia ini menjanjikan hasil yang lumayan. Jadi jangan buru-buru dibuang ya kain percanya. Namun, jika memang anda belum mempunyai waktu untuk membuat rok, keset, ataupun sarung bantal dari kain perca, kini anda bisa menemukannya dengan harga murah di toko online Ruparupa.