Pengharum Ruangan

    Membuat Rumah Anda Menjadi Lebih Harum Secara Alami

    Ada banyak jenis pengharum ruangan yang tersedia di pasaran. Namun, beberapa di antaranya mengandung bahan kimia berbahaya. Untungnya, Anda bisa menghemat uang dan menghindari bahan kimia ini dengan membuat pengharum ruangan sendiri. Anda juga bisa memilih aroma yang Anda suka dan seberapa kuat keharumannya. Pengharum ruangan buatan sendiri bisa juga menjadi hadiah unik dan kreatif untuk teman atau saudara. Anda bisa membuat beberapa jenis pengharum udara di rumah hanya dengan beberapa persediaan dasar.

    Minyak Esensial

    Minyak esensial membantu Anda membuat pewangi ruangan dengan berbagai macam aroma dengan mudah. Minyak ini diekstrak dari tanaman melalui distilasi, menekan atau menghancurkan tanaman, atau dengan menggunakan pelarut. Aroma tanaman dibuat menjadi konsentrat agar tahan lebih lama. Berikut adalah beberapa minyak esensial yang paling populer dan penggunaannya.

    Lavender; meredakan sakit kepala, mengatasi susah tidur

    Citronella, geranium; mengusir sebagian besar serangga

    Sandalwood; meditasi dan relaksasi

    Lemon, jeruk, jeruk bali, limau; menambah nuansa enerjik, menghilangkan bau lainnya

    Beberapa orang membuat minyak esensial sendiri dan ada juga yang membeli produk jadinya. Anda dapat menciptakan aroma unik sendiri dengan mencampur beberapa macam minyak esensial. Campur dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu untuk memastikan baunya cocok untuk Anda.

    Pengharum Ruangan Gelatin

    Anda bisa membuat penyegar udara dari gelatin sesuai dengan tema apapun. Tuangkan satu cangkir air ke dalam panci dan panaskan sampai air mulai mendidih. Kemudian, tambahkan sekitar satu ons bubuk gelatin tanpa rasa. Ini setara dengan sekitar 10 sendok teh atau empat kantung. Aduk sampai benar-benar larut dalam air panas, lalu tambahkan satu cangkir air suhu kamar dan dua sendok makan garam untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Tambahkan pewarna makanan jika diinginkan. Tambahkan sekitar 15 tetes minyak esensial ke setiap wadah untuk menyimpan pewangi ruangan. Stoples kaca kecil adalah wadah penyimpanan yang ideal. Jangan mencampur minyak dalam air karena panas karena aromanya akan menguap. Tuangkan larutan gel ke dalam wadah dan tambahkan hiasan tambahan seperti bunga buatan, glitter, manik-manik, atau stiker. Biarkan dalam suhu ruangan selama semalam. Anda juga dapat menggunakan bubuk agar-agar sebagai pengganti gelatin.

    Lilin Aromaterapi

    Anda dapat membuat lilin aromaterapi sendiri dengan lilin kedelai, lilin parafin, atau lilin beeswax. Pertama-tama lelehkan lilin yang Anda inginkan dalam wadah kaca yang ditaruh di atas panci air mendidih sesuai dengan petunjuk paketnya. Bila suhu mencapai sekitar 80°C, Anda dapat menambahkan minyak esensial. Jika suhu lilin melebihi 85°C, wanginya akan terbakar. Namun, lilin harus mencapai 75°C agar dapat menyatu sempurna dengan minyak esensial. Kebanyakan orang membutuhkan sekitar 450g minyak esensial untuk setiap 500g lilin. Lilin juga membutuhkan setidaknya dua menit pengadukan untuk mengikat keharumannya. Tambahkan pewarna pada saat bersamaan, lalu turunkan suhu. Tuangkan lilin ke dalam cetakan atau stoples dengan sumbu. Biarkan lilin dingin setidaknya dua jam.

    Diffuser

    Untuk membuat diffuser, Anda harus menambahkan sekitar 100g coconut oil atau mineral oil ke sebuah vas kaca dekoratif dengan kapasitas 200g. Kemudian Anda dapat menambahkan 100g kombinasi minyak esensial yang Anda inginkan. Coconut oil atau mineral oil membantu mengencerkan minyak esensial. Menaruh beberapa batang bambu di vas membuatnya perlahan menyerap minyak dan melepaskan aroma ke seluruh ruangan.

    Pewangi Spray

    Anda juga bisa membuat spray pengharum ruangan buatan sendiri. Dalam botol semprot, gabungkan sekitar 1/4 cangkir alkohol dengan sekitar 20 tetes minyak esensial yang diinginkan. Kemudian tambahkan satu cangkir air sulingan dan aduk campurannya dengan baik. Jika aroma tidak cukup kuat, tambahkan saja minyak esensial lagi. Anda bisa menggunakan penyemprot buatan sendiri untuk membersihkan meja atau menghilangkan aroma tidak sedap. Anda juga bisa menggunakannya pada kain, karpet dan taplak meja.
    Ruparupa menjual pengharum ruangan dan minyak aromaterapi dengan berbagai macam pilihan.