Tips Merawat Mainan Koleksi

    Merawat mainan koleksi Anda cukup mudah. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu dan mainan koleksi Anda akan tahan lebih lama. Merawat mainan Anda akan membuat tampilannya tetap bagus dan mempertahankan nilainya. Sama seperti koleksi perangko, koin, atau buku komik, mainan dapat rentan terhadap faktor lingkungan dan penuaan. Beberapa langkah sederhana akan membantu menjaga mainan Anda tampak seperti baru.

    Kenapa Anda Harus Merawat Mainan Koleksi Anda?

    Bahan-bahan digunakan untuk membuat mainan seperti action figur bukanlah bahan yang tidak bisa dihancurka. Mereka akan menunjukkan tanda-tanda penuaan dengan seiring waktu. Cat dapat mengelupas atau memudar; plastik bisa menjadi berubah warna, atau kotoran, noda, dan debu dapat menumpuk.

    Hal-hal yang Paling Harus Dihindari:

    Sinar matahari langsung: Terlalu banyak sinar matahari langsung dapat menyebabkan plastik menjadi pudar dan bernoda.

    Panas: Panas yang intens, biasanya bersamaan dengan sinar matahari langsung, dapat menyebabkan plastik menjadi lunak dan tidak berbentuk.

    Kelembaban: Kelembaban tinggi dapat menyebabkan cat pada mainan untuk mengelupas dan pecah. Hal ini juga dapat menyebabkan stiker terlepas dan sambungan melonggar. Jika sampai seperti itu, mainan action figure Anda mengalami kesulitan mempertahankan pose mereka.

    Kotoran dan debu: Kotoran dan minyak alami dari jari-jari Anda dapat menyebabkan penumpukan kotoran pada mainan Anda jika dipegang terlalu sering. Debu, meski tidak berbahaya bagi figur, dapat menumpuk dan membuat tampilan yang kurang menyenangkan.

    Bagaimana Cara Merawat Mainan Koleksi Anda?

    Berikut ini beberapa langkah sederhana yang akan membantu menjaga koleksi Anda tetap dalam kondisi prima. Sangat cerdas untuk menjadi terbiasa secara teratur mempertahankan koleksi Anda. Mungkin jika Anda menyisihkan waktu satu hari dalam sebulan untuk merawat koleksi mainan Anda secara menyeluruh.

    Tips-tips yang Berguna untuk Anda

    Simpan mainan Anda di area di mana tidak ada sinar matahari langsung yang dapat menjangkau mereka. Jika mereka dipajang di rak buku atau etalase, pastikan mereka ditempatkan di area ruangan yang paling jauh dari jendela yang kemungkinan banyak sinar matahari.

    Simpan mainan Anda atau pajang di ruangan yang membuat suhu kamar rata-rata nyaman. Jangan simpan mainan Anda di mana panas berlebih dapat memengaruhi mereka, seperti garasi atau loteng. Tidak ada yang menginginkan koleksi mainannya meleleh!

    Jika Anda menyimpan mainan Anda dalam kotak, gunakan wadah penyimpanan plastik yang kokoh dengan tutup yang menyegel untuk membantu menghindari kelembaban berlebih. Pertimbangkan untuk menyegel setiap maian dalam kantong plastik zip-locknya sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Kotak kardus tidak ideal untuk penyimpanan karena menyimpan panas dan kelembapan. Kotak kardus juga sering mengandung asam yang lama-kelamaan dapat merusak plastik dan menghitamkan cat.

    Lawan kotoran dan debu yang menumpuk dengan menangani figur Anda dengan hati-hati. Jika mereka menjadi kotor, sebagian besar mainan dapat dibersihkan dengan merendamnya dalam air sabun hangat. Setelah direndam, Anda bisa menggosok lembut dengan sikat gigi berbulu halus. Debu dapat dengan mudah dihilangkan dengan sekaleng penghilang debu yang digerakkan oleh udara seperti yang Anda gunakan pada peralatan komputer dan keyboard.

    Mainan Koleksi "Mint In Package"

    Jika Anda memilih menyimpan mainan dalam kemasan aslinya, paket-paket itu sendiri memerlukan perawatan. Bahan yang digunakan oleh perusahaan mainan dimaksudkan untuk sementara dan dibuang setelah mainan dikeluarkan. Oleh karena itu mereka sering menggunakan bahan murah yang tidak pernah dimaksudkan untuk disimpan seumur hidup.

    Bahaya Umum Bagi Kemasan

    Panas dan sinar matahari dapat menyebabkan gelembung plastik yang membungkus gambar (disebut "blister") menjadi sangat rapuh yang dapat menyebabkan retak. Juga, panas dan sinar matahari dapat menyebabkan lem yang menahan blister ke belakang kardus (disebut "kartu") menjadi kendur. Hal ini membuat blister jatuh tepat dari kartu dan sekarang mainan Anda dapat dianggap "longgar" dan bukan “mint condition” lagi.

    Sinar matahari langsung dapat mendatangkan malapetaka pada tinta cetak pada kartu. Selain itu sinar matahari dapat memutihkan dan memudarkan grafis dalam hitungan minggu dan menghancurkan nilai "mint"-nya.

    Perhatikan kartu belakang karena terbuat dari kardus murah yang dapat dengan mudah bengkok, terlipat atau terkelupas jika ditangani dengan tidak benar atau dijatuhkan. Minyak alami jari Anda dapat menyebabkan tinta pada kartu untuk menghitamkan atau memutihkan jika terlalu sering disentuh. Semua hal ini akan mengurangi nilai mint dari mainan Anda, karena kolektor lain mencari masalah ini saat membeli atau memberi nilai pada mainan "mint on card".

    Jenis Etalase yang Cocok untuk Mainan Koleksi Anda

    Memiliki tampilan yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa profesional, keren, atau nyaman koleksi Anda terlihat. Meskipun ada banyak metode kreatif untuk memajang koleksi Anda, berikut ini adalah tiga rekomendasi dari kami.

    Rak Buku

    Rak buku hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, yang berarti Anda dapat dengan mudah menemukan yang sesuai dengan bentuk ruangan Anda. Karena mereka memiliki banyak rak — sering dapat disesuaikan — Anda akan memiliki banyak lapisan yang tersedia. Hal ini memungkinkan Anda mengelompokkan koleksi menurut seri, karakter, atau pabrikan. Rak buku sangat cocok untuk seorang kolektor dengan anggaran terbatas yang mencari cara menarik untuk memamerkan koleksi mainan mereka.

    Hanya ada dua kekurangan pada rak buku. Rak buku jauh lebih rentan terhadap debu dan rak buku yang dalam atau low-to-the-ground terkadang dapat menyembunyikan mainan yang ditempatkan di lokasi tertentu.

    Dinding dan Pegboard

    Metode ini terutama untuk menampilkan mainan yang masih ada di kotak, meskipun dapat digunakan sampai batas tertentu, untuk patung-patung yang dibuka juga.

    Caranya adalah dengan memaku atau memundurkan backboard dari kotak mainan ke dinding atau papan tebal. Di sini kami merekomendasikan pegboard, karena sudah memiliki lubang di dalamnya. Jika Anda tidak ingin "membobol" dinding Anda, maka Anda dapat memaku pegboard ke dinding pada bingkai kayu (meminimalkan jumlah lubang yang diperlukan). Anda juga bisa membeli sepasang pendukung berkaki dua untuk mengatur pegboard sehingga bisa berdiri bebas. Beberapa perangkat keras dan toko khusus menjual pegboard sudah dalam keadaan berdiri bebas.

    Jika Anda ingin menampilkan mainan yang Anda buka di pegboard, Anda bisa meletakkan beberapa paku di bawah "ketiak" mainan action figure untuk menahan mereka di kedua sisi. Metode tampilan ini biasanya hanya berfungsi untuk action figure yang diartikulasikan, dan tidak memungkinkan untuk banyak pose atau tampilan dinamis dengan alat peraga, senjata, dll.

    Lemari Kaca

    Ini adalah metode yang paling sangat dianjurkan untuk memajang koleksi mainan. Lemari kaca tidak hanya profesional dan tampak bersih, tetapi mereka juga menjaga mainan Anda terlindungi dari debu, kotoran, dan zat perusak lainnya. Banyak lemari memiliki cermin yang dipasang di bagian belakang, memungkinkan untuk tampilan 360 derajat penuh koleksi Anda. Beberapa lemari bahkan memiliki pencahayaan untuk menekankan setiap fitur dari mainan-mainan Anda yang mendetail.

    Satu-satunya kekurangan lemari adalah harganya yang mahal, jauh lebih mahal daripada rak buku atau tampilan pegboard. Namun, jika Anda berencana untuk mengoleksi dengan serius atau jangka panjang, investasi itu layak dilakukan. Lebih baik melindungi koleksi mainan Anda, dan dengan demikian menghemat waktu Anda untuk membersihkan dan merawat mereka.

    Mengoleksi mainan bagi sebagian orang merupakan hobi yang menyenangkan, karena hobi ini tak hanya digemari oleh anak-anak, melainkan juga para orang dewasa. Semakin lengkap koleksi mainan seseorang, tentu semakin senang perasaan kolektor tersebut. Ada yang mempunyai hobi mengoleksi mobil die cast, figur, maupun katu yang dapat dikoleksi sesuai hobi masing-masing.

    Untuk memenuhi keinginan Anda, ruparupa.com menyediakan ragam mainan koleksi untuk segala usia. Mulai dari die cast, figur, maupun kartu yang bisa dikoleksi tersedia untuk melengkapi koleksi Anda saat ini. Selain itu, kami hadir dengan konsep 100% kepuasan pelanggan yang mengedepankan layanan prima untuk setiap transaksi yang Anda lakukan di Ruparupa.