Perlengkapan Outdoor yang Sebaiknya Dimiliki Sebelum Mendaki

    Apakah Anda menyukai kegiatan outdoor? Jika iya, mungkin Anda juga salah satu penikmat pemandangan gunung. Kegiatan mendaki gunung kini semakin marak dan digandrungi oleh segala kalangan. Mendaki gunung merupakan hobi yang sangat menyenangkan karena Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan juga menguatkan tubuh Anda. Tidak seperti hobi lainnya, mendaki gunung termasuk hobi yang membutuhkan banyak peralatan dan juga latihan. Maka dari itu, sebelum Anda menekuni hobi ini mari kita lihat perlengkapan outdoor apa saja yang dibutuhkan untuk mendaki gunung.

    Sepatu Gunung atau Sandal Gunung

    Sepatu atau sandal khusus mendaki merupakan perlengkapan wajib yang harus dikenakan ketika mendaki gunung. Sebagian orang memang ada yang memilih untuk mengenakan sandal gunung dari pada sepatu gunung. Namun, jika Anda mendaki gunung dengan medan yang lebih sulit, sebaiknya Anda menggunakan sepatu gunung. Dari segi keamanan pun sepatu gunung lebih aman dan nyaman dibandingkan sandal gunung.

    Jaket Gunung

    Perlengkapan wajib yang harus dipersiapkan dan dibawa berikutnya adalah jaket gunung. Suhu di dataran rendah dan tinggi tentu saja berbeda, hal ini membuat Anda wajib membawa jaket ketika mendaki. Anda tentu saja tidak ingin kedinginan ketika melakukan pendakian dan berada di atas 1000 MDPL karena tidak mengenakan jaket gunung. Anda bisa saja mengalami hipotermi yang merupakan ancaman mematikan yang bisa dialami oleh pendaki gunung. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan menggunakan jaket gunung. Pilihlah jaket gunung yang sesuai dengan kenyamanan Anda, karena yang paling penting dari jaket gunung adalah fungsinya yang menghangatkan. Jangan lupa untuk memastikan kualitas jaket yang Anda peroleh.

    Carrier atau Tas Gunung

    Anda tentu saja tidak bisa membawa barang-barang mendaki gunung Anda hanya dengan tas ransel biasa. Anda memerlukan Carrier atau tas khusus untuk mendaki. Tas ini berguna untuk membawa barang-barang survival kit dan membawa semua logistik untuk melakukan perjalanan mendaki. Tas gunung juga memiliki desain khusus dan beberapa bagian yang tidak ditemukan pada tas biasa. Berbagai macam model dan ukuran tas gunung saat ini diproduksi dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Tas gunung memiliki berbagai macam ukurang yang dapat dipilih yaitu, 40L, 60L, 90L, dan 100L. Pilihlah tas gunung yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda hanya ingin melakukan pendakian dengan jarak dekat dan waktu temput yang tidak terlalu lama, Anda bisa memilih tas gunung dengan ukuran 40L – 60L. Namun jika Anda ingin mendaki gunung dengan waktu berhari-hari, Anda memerlukan tas gunung dengan kapasitas yang lebih besar.

    Tenda atau Dome

    Tenda atau Dome adalah perlengkapan outdoor yang paling penting dan wajib dibawa untuk mendaki gunung. Meskipun Anda berpikir untuk tidak bermalam di atas gunung tapi membawa tenda tetap hal yang wajib dilakukan. Dengan membawa tenda atau dome, Anda dapat terlindungi dari udara dingin, bahaya gigitan hewan liar, dan mendapatkan privasi ketika beristirahat.

    Senter

    Senter merupakan salah satu peralatan yang sangat diperlukan apabila Anda berjalan di kegelapan atau pada saat melakukan perjalanan di malam hari. Pilihlah senter dengan cahaya kuning karena cahaya kuning adalah cahaya yang dapat menembus kabut. Berbeda dengan cahaya putih yang dihasilkan oleh lampu LED. Memang sekilas cahaya putih lebih terang dibandingkan dengan cahaya kuning, tapi cahaya putih akan lebih cenderung menyebar saat kabut datang dan tidak bisa menembus kabut. Alternatif bila Anda memiliki senter LED adalah dengan menempelkan mika warna kuning di bagian kaca senter. Penggunaan senter kepala juga lebih praktis dan lebih aman karena Anda tidak perlu memegangi senter ketika berjalan.

    Lima perlengkapan tentu saja tidak cukup untuk memulai pendakian. Anda masih memerlukan beberapa aksesoris lainnya seperti sleeping bag, alat navigasi, jas hujan atau ponco yang sangat wajib dibawah, pelindung kepala, sarung tangan, kaus kaki, lampu tenda, dan lain-lain. Namun, kelima perlengkapan di atas sebaiknya sudah Anda siapkan sebelum melengkapi hal lainnya. Hobi mendaki gunung memang memerlukan begitu banyak perlengkapan, selain membelinya Anda juga bisa menyewa peralatan tersebut. Jika Anda sudah siap untuk menekuni hobi ini, Anda sebaiknya mulai menginvestasikan perlengkapan yang telah disebutkan di atas. Selamat mendaki!

    Belakangan ini bertualang ke gunung serta berkemah di alam lepas telah menjadi kesenangan tersendiri bagi kebanyakan masyarakat urban. Keinginan menikmati keindahan alam ini tentu memerlukan peralatan yang tepat, sehingga Anda tetap merasa nyaman meskipun menginap di alam terbuka. Berbagai keperluan outdoor kini tersedia di Ruparupa dengan kualitas yang terjamin serta jaminan produk yang original.

    Ruparupa menyediakan beragam peralatan outdoor berkualitas untuk berkemah dan naik gunung seperti tenda, kantong tidur, teropong, tempat minum, kacamata outdoor, jaket outdoor dan aksesori lainnya yang akan melengkapi momen petualangan Anda. Kami juga menjual berbagai tali serta keperluan keamanan agar Anda senantiasa merasa aman walau bertualang sendirian. Selain itu, kami hadir dengan konsep 100% kepuasan pelanggan yang mengedepankan layanan prima untuk setiap transaksi yang Anda lakukan di Ruparupa.