Panduan Perlengkapan Kemping untuk Pemula

    Perlengkapan kemping yang harus Anda bawa dalam perjalanan berkemah Anda tergantung pada jenis perjalanan itu sendiri. Berkendara ke suatu tempat dan pergi mendaki dari base camp terpadat? Anda bisa membawa kompor besar yang bagus. Pergi mendaki dari rumah ke bukit terdekat? Anda mungkin menginginkan sesuatu yang lebih portabel. Orang yang berkemah berkendara ke suatu tempat dan berkemah di lokasi itu. Pendaki backpackers mendaki dan kemudian membuat kemah dengan perlengkapan kemping yang mereka bawa.

    Perlengkapan kemping yang paling cocok untuk masing-masing biasanya berkaitan dengan berat dan kemampuan dikemas. Pastikan Anda mempertimbangkan untuk menghabiskan lebih banyak waktu saat berbelanja perlengkapan kemping. Perlengkapan kemping backpacking cenderung menjadi lebih mahal karena fokusnya pada berat, tetapi sangat bagus untuk berkemah dan backpacking. Sifat fungsi ganda itu baik bagi siapa saja yang berencana melakukan keduanya. Anda harus mempertimbangkan kebutuhan spesifik Anda daripada mengandalkan daftar yang umum. Tetapi daftar barang-barang penting untuk sebagian besar perjalanan tetap sama.

    Tenda

    Tempat perlindungan yang baik sangat penting karena akan melindungi Anda dan membuat Anda tetap kering, hangat, dan nyaman.

    Apa yang harus Anda cari:

    Ruang Siku. Jika cuaca buruk melanda, Anda mungkin meringkuk di dalam tenda selama berjam-jam, jadi pilihlah tempat berlindung yang tidak sempit dan memiliki cukup ruang untuk setiap orang. Sebelum Anda membeli, masuklah dalam tenda untuk memeriksa panjang lantai dan ketinggian langit-langit. Bisakah Anda duduk tegak? Bisakah orang tertinggi di kelompok Anda benar-benar berbaring nyaman?

    Shelter tiga musim. Untuk musim semi, musim panas, dan musim gugur berkemah, pilihlah shelter "tiga musim". Shelter ini biasanya memiliki tubuh tenda, rainfly, dan panel mesh, yang menyediakan ventilasi kritis dan mencegah interior dari pengap dan lembab.

    Berkemah bersama anak-anak. Jika Anda pergi dengan mobil berkemah bersama anak-anak kecil, Anda dapat membawa tenda bergaya kabin yang dirancang untuk tidur bagi sejumlah orang tertentu. Pertimbangkan untuk memberikan anak-anak yang lebih besar tenda berukuran layak untuk mendapatkan lebih banyak ruang dan privasi.

    Berat. Jika Anda berkemah mobil, berat badan tidak terlalu penting. Untuk backpacking, pilih tenda yang relatif ringan, dengan "berat penuh" yang berarti 1 kilogram atau kurang per orang. Misalnya, jika dua orang akan membawa tenda, pilih beratnya yang terkemas yang totalnya 2 kilogram atau kurang.

    Tambahan penting. Sebuah tenda dua pintu akan memungkinkan Anda untuk keluar tanpa merangkak melangkahi teman. Ruang depan yang lebih besar menyediakan penyimpanan untuk barang dan sepatu bot kotor.

    Kantung Tidur

    Kantung tidur yang baik sama pentingnya dengan tenda yang bagus. Jika Anda menderita dan tidak dapat tidur, Anda tidak akan menikmati perjalanan Anda.

    Apa yang harus Anda cari:

    Peringkat suhu. Kantung dinilai nyaman dalam rentang suhu tertentu, jadi carilah yang menangani temperatur paling dingin yang akan Anda hadapi. Ingatlah bahwa peringkat yang tercantum adalah perkiraan, dan Anda harus mempertimbangkan apakah Anda lebih suka panas atau dingin. Jika Anda cenderung kedinginan, belilah kantung yang 10 atau 15 derajat lebih hangat daripada suhu terendah yang akan Anda hadapi. Atau, beli tas kantong untuk menambah kehangatan. Jas hujan sebagai persiapan ketika hujan turun.

    Rectangular vs mummy. Untuk iklim ringan, di mana suhu tidak turun di bawah 10 derajat Fahrenheit, Anda dapat menggunakan tas persegi panjang yang lebih murah. Untuk kondisi yang lebih dingin, pilih tas berbentuk mumi, yang memeluk tubuh Anda untuk menghilangkan kantong di mana udara dingin bisa menumpuk. Jika Anda backpacking, tas mumi adalah pilihan yang lebih baik karena lebih ringan dan tidak terlalu memakan tempat.

    Tas khusus jenis kelamin. Merek-merek top menawarkan tas dengan bagian tubuh dan pinggul yang disesuaikan untuk pria atau wanita. Selain itu, hindari tas yang terlalu panjang, karena jika ada banyak ruang kosong di area kaki, Anda akan menjadi lebih dingin.

    Sintetis vs isolasi bawah. Jika Anda perlu menghemat uang, belilah tas dengan insulasi sintetis, bukan ke bawah. Tas isolasi sintetis kadang-kadang lebih berat dan lebih besar, tetapi masih cukup ringan untuk backpacking. Tas ini juga akan membuat Anda tetap hangat jika basah karena hujan. Sementara tas turun tradisional tidak akan memiliki isolasi dengan baik ketika basah. Tas ini lebih ringan dari model sintetis dan memadatkan lebih banyak untuk menempati ruang yang lebih sedikit. Pada tas yang turun, Anda juga akan melihat nomor "isi daya", dari 600 hingga 900. Semakin tinggi jumlahnya, semakin hangat, semakin ringan (dan semakin mahal) kantong tersebut.

    Headlamp/Lentera

    Lampu tidak hanya memungkinkan Anda bergerak dan melakukan hal-hal dalam kegelapan. Alat ini juga dapat berfungsi sebagai perangkat sinyal dalam situasi darurat.

    Apa yang harus Anda cari:

    Headlamp. Sebuah headlamp akan memungkinkan Anda untuk menjaga tangan Anda tetap bebas saat gelap. Baik saat Anda makan, menjawab panggilan alam, atau berebut bebatuan. Untuk penggunaan umum di sekitar kemah, ​​sebagian besar lampu depan di pasar akan berfungsi dengan baik. Tetapi jika Anda menghabiskan sekitar Rp300.000,- atau lebih, Anda bisa mendapatkan headlamp yang lebih tahan lama dengan "lumens" yang lebih besar dan lebih banyak jarak pancaran. Hal ini bermanfaat untuk memanjat dan mendaki dalam kegelapan.

    Lentera. Tidak peduli apakah Anda sedang berkemah atau backpacking mobil, ada baiknya memiliki lentera bertenaga baterai untuk area makan umum dan interior tenda Anda. Dengan cahaya lembut dari lentera, Anda dapat makan atau membaca tanpa menyilaukan rekan berkemah. Sementara kebanyakan orang akrab dengan lentera bertenaga baterai besar, perlu diketahui bahwa banyak lentera backpacking ringan yang dijual beberapa tahun terakhir.

    Perlengkapan Memasak

    Tentunya, kompor sangat penting untuk menyiapkan makanan lezat. Tetapi, kompor juga dapat digunakan untuk memurnikan air dan membuat minuman hangat untuk menjaga suhu inti Anda di iklim dingin. Perlu disiapkan juga pisau lipat untuk memudahkan. Tanyakan pada diri sendiri tiga pertanyaan ini ketika membeli kompor. Apakah Anda akan berkemah mobil atau backpacking? Apakah Anda benar-benar memasak, atau hanya merebus air untuk makanan beku/kering? Dan berapa banyak orang akan bergantung pada kompor untuk makan?

    Apa yang harus dicari:

    Berkemah mobil vs. backpacking. Untuk mobil berkemah, kompor propana dual-burner besar akan menampung beberapa pot dan mendidihkan dengan baik. Anda dapat menyiapkan makanan yang lebih rumit untuk beberapa orang sekaligus. Untuk backpacking, bawa kompor bahan bakar cair ringan, kompor tabung, atau sistem tabung terpadu.

    Kompor bahan bakar cair beroperasi lebih efisien daripada kompor tabung dalam cuaca dingin, tetapi kompor ini sedikit lebih berat, lebih berantakan, dan lebih sulit dioperasikan.

    Kompor canister paling baik untuk dimasak dalam kondisi sedang, karena kompor ini ringan dan mudah digunakan. Biasanya kompor ini memungkinkan Anda menyempurnakan nyala api dan mendidihkan.

    Sistem tabung terpadu (seperti Jetboil atau MSR Reactor) adalah yang terbaik untuk perjalanan di mana Anda hanya akan memakan makanan kering/beku. Dilengkapi dengan sistem pertukaran panas, mereka memindahkan panas dari kompor ke panci masak secara efisien dan merebus air dalam beberapa menit. Tetapi sistem ini biasanya tidak mendidih dengan baik.

    Jangan lupa peralatan makan. Pendatang baru di perkemahan dapat menghemat uang dengan menggunakan persediaan dapur mereka sendiri, seperti sendok garpu plastik, mangkuk, dan cangkir. Untuk backpacking, bawalah pot ringan yang dibuat untuk di luar ruangan. Karena barang-barang dapur menjadi basah saat berkemah, Anda akhirnya ingin mengganti barang-barang rumah Anda dengan produk-produk tahan lama yang hanya Anda gunakan di luar ruangan.

    Ruparupa menyediakan peralatan dan perlengkapan kemping diantaranya tenda camping, jual jas hujan, pisau lipat, tas ransel lipat.