Tang sebagai Perkakas Esensial

Semua kegiatan pertukangan, baik yang dilakukan secara minor dalam urusan rumah tangga hingga dalam pekerjaan profesional, pasti membutuhkan alat perkakas untuk menyelesaikannya. Terdapat banyak sekali alat perkakas yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu yang paling esensial tang (pliers). Tang memiliki fungsi utama mencengkram benda logam dan kemudian memotong atau melepasnya. Karena fungsinya yang begitu krusial, tang tidak pernah absen dalam masalah pertukangan. Perkakas ini memiliki banyak jenis, di antaranya: tang kombinasi, tang potong, tang lancip, tang buaya, dan masih banyak lagi. Semuanya dibedakan berdasarkan bentuk dan fungsinya masing-masing.

Ragam Jenis Tang untuk Segala Pekerjaan

  • Tang Kombinasi: Merupakan jenis tang yang paling banyak dijumpai. Disebut kombinasi karena memiliki beberapa kombinasi fitur untuk melakukan banyak fungsi. Biasa untuk menjepit, memuntir, mengupas, dan memotong benda seperti kabel.
  • Tang Lancip: Memiliki moncong yang panjang, pipih, dan lancip. Digunakan untuk membuka dan menjepit kabel yang berada di tempat sempit.
  • Tang potong: berfungsi untuk memotong kawat, kabel, dan fiber tipis. Tang ini memiliki mata pisau di bagian dalam rahangnya. Semakin besar ukuran tang, semakin baik kemampuan memotongnya.
  • Tang Buaya: Digunakan untuk memuntir, mengunci, dan melepas mur atau baut. Dilengkapi dengan pengunci obyek yang jarak dan lebar rahangnya dapat diatur sesuai ukuran baut.
  • Tang Kakatua: Memiliki bentuk yang mirip paruh burung kakatua. Fungsi utamanya adalah memotong kawat, sering juga disebut sebagai gunting kawat.
  • Tang Rivet: Terdapat dua tipe tang jenis ini, yakni yang fleksibel dan yang biasa atau kaku. Keduanya berfungsi untuk memasang paku keeling. Tipe fleksibel biasanya lebih nyaman digunakan karena dapat untuk bidang lurus maupun sudut, serta menjangkau tempat-tempat sempit.
  • Tang Slip Joint: Tang slip joint memiliki fungsi yang mirip dengan tang kombinasi. Digunakan untuk mencengkeram dan menekuk perangkat keras. Gigi tipis yang terletak di dekat bagian depan dirancang untuk mencengkeram komponen kecil, sedangkan gigi kasar di belakang dirancang untuk mencengkeram mur dan baut yang besar.

Produk Tang Buaya Unggulan Hanya di Ruparupa

Salah satu tang yang jelas harus Anda miliki adalah tang buaya. Tang yang satu ini memang sangat berguna untuk melepas mur atau baut yang rusak. Ukuran rahang yang dapat disesuaikan dengan ukuran baut juga menjadi poin kelebihan tang ini. Untuk mendapatkan tang buaya berkualitas terbaik yang awet, kuat, dan tahan lama, Anda dapat memilih tang buaya dari Ruparupa. Ruparupa menawarkan brand tang terbaik seperti Ace dan Tactix yang dijamin memudahkan pekerjaan Anda hingga berkali-kali lipat. Pilihan ukurannya pun lengkap mulai dari kecil, sedang, hingga besar. Dapat Anda sesuaikan sendiri dengan ukuran tangan dan kenyamanan grip Anda. Temukan tang buaya favorit Anda hanya di Ruparupa.