5 Faktor Yang Perlu Dilihat Untuk Gorden Rumah

Salah satu aksesoris yang sering digunakan untuk menghias sebuah ruangan atau rumah adalah gorden. Mulai dari gorden jendela hingga tirai kamar mandi, ia dapat menjadi unsur penghias yang baik dalam sebuah ruangan. Tidak hanya itu, gorden atau juga yang sering disebut sebagai hordeng dapat berfungsi untuk memisahkan satu area dengan area lain tanpa ribet. Karena ia dapat menjadi penghias rumah, anda perlu memilihnya secara seksama. Dengan berbagai faktor yang ada dalamnya, kami siapkan 5 faktor khusus untuk anda perhatikan sebelum membeli tirai. Hal ini agar anda dapat menggunakannya dalam waktu lama dan ia dapat secara efisien menghias ruangan atau rumah anda.

Ukuran Panjang dan Lebar

Sebelum anda memperoleh gorden jendela atau tirai kamar mandi, pastikan anda untuk mengukur area yang ingin anda tutup dengan gorden secara detail. Mulai dari panjang hingga lebar, anda perlu mengukurnya dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan sepele yang mengganggu pemandangan dalam ruangan.

Model

Dengan perkembangan teknologi yang canggih saat ini, anda memiliki berbagai macam model tirai yang bisa anda pilih. Mulai dari tirai geser biasa hingga tirai tarik atau sering disebut sebagai roller blind. Bila anda menyukai unsur tradisional pada ruangan, anda dapat menggunakan model tirai biasa untuk rumah anda. Roller blind dapat menjadi pilihan ketika memang desain interior anda cenderung ke segi modern.

Material

Untuk melihat material yang perlu anda peroleh untuk tirai, anda perlu melihat fungsi ruangan dan juga desain interior secara keseluruhan. Bila sebuah ruangan digunakan oleh anda untuk menonton film layaknya sebuah bioskop, anda dapat menggunakan material kain gorden lebih tebal dengan unsur bludru dan tirai benang yang padat untuk memberi kesan elegan dalam ruangan. Bila anda ingin menaruhnya untuk gorden ruang keluarga, anda dapat memilih kain gorden yang lebih tipis dengan tirai benang kuat agar sinar matahari dapat sedikit masuk ke dalam ruangan. Tidak hanya tirai pada ruang tamu maupun kamar lain, material dari tirai kamar mandi juga perlu diperhatikan. Pastikan ia benar-benar tahan air dan cairan-cairan lain agar ia tidak cepat rusak. Selain itu, anda juga dapat mencari material yang mudah dibersihkan sehingga tirai dapat tetap bersih dengan penjagaan yang baik.

Motif

Selain material yang perlu disesuaikan dengan fungsi ruangan dan desain interior, motif dari gorden juga perlu jadi pertimbangan. Bila desain interior kamar cenderung lebih ke model simpel dengan warna monokrom, anda dapat menggunakan motif gorden jendela minimalis. Dengan begitu, ruangan anda terlihat menjadi satu kesatuan estetika yang dapat dinikmati siapapun.

Warna

Hal terakhir yang juga penting untuk diselaraskan dengan fungsi ruangan dan desain interior adalah warna dari tirai. Pada umumnya, warna kalem seperti krem maupun pink muda digunakan untuk menjadi warna tirai dalam sebuah ruangan. Hal tersebut dikarenakan warna kalem ataupun monokrom dapat membuat anda tetap nyaman di dalam ruangan tersebut. Dikarenakan tirai telah menjadi salah satu aksesoris tersendiri dalam sebuah ruangan, anda perlu memilihnya dengan berhati-hati agar ruangan terlihat tetap menarik nantinya. Bila anda tidak memiliki waktu untuk memilih secara perlahan dengan pergi ke toko khusus, anda sekarang dapat membelinya secara online. Seperti layanan yang disediakan oleh Informa Online, anda dapat membeli gorden dengan kualitas baik hanya dengan beberapa klik saja. Efisien namun tetap baik kualitas sampai di tangan.