10 Cara Perawatan Hewan Yang Baik dan Benar

    Meski Anda mempunyai peliharaan yang berbeda-beda – baik itu kucing, anjing, maupun kelinci – tetapi dapat dipastikan perawatan hewan  hampir semuanya sama saja. Mulai dari kesehatan bulu, makanan, sampai vitamin, semua hewan membutuhkan hal-hal seperti itu. Sebagai pemilik yang cerdas, tentu Anda harus bertanggung jawab untuk merawatnya. Tidak pantas untuk menelantarkan dan membiarkannya, karena hewan peliharaan juga dapat mengidap penyakit, entah itu sakit yang bisa disembuhkan ataupun sakit yang membutuhkan operasi dan sebagainya. Ketika memelihara hewan tentu saja ada beberapa hal yang wajib kita perhatikan, khususnya agar hewan bisa tumbuh sehat tanpa terjangkit penyakit. Berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan mengenai perawatan hewan.

    Makanan

    Untuk memberikan makanan pada hewan peliharaan, kita harus memperhatikan dari labelnya, entah itu kitten/puppy atau adult. Jika kitten/puppy untuk hewan yang masih kecil, adult adalah makanan hewan dewasa. Hewan yang masih kecil atau berusia dini tentu saja membutuhkan jumlah gizi dua kali lebih besar dibandingkan hewan dewasa. Meskipun ia membutuhkan nutrisi lebih banyak, bukan berarti Anda memberikan makanan dengan jumlah berlebihan. Setelah 5-6 minggu, berikan makanan secara rutin empat kali sehari. Untuk merek sendiri, terdapat beragam jenis untuk anjing dan kuncing. Namun, tidak semuanya memiliki protein yang sama. Beberapa merek fokus untuk membuat hewan gemuk, sedangkan lainnya fokus kepada bulu. Pilihlah sesuai kebutuhan hewan peliharaan Anda.

    Tempat Makan dan Minum

    Anda tidak boleh sembarang memberikan makanan kepada hewan peliharaan Anda. Kebanyakan pemilik peliharaan memberi makanan manusia kepada hewannya. Sebenarnya hal ini sungguh tidak baik untuk kesehatan mereka. Begitu pula makanan anjing dan kucing tidak bisa dicampur. Misalnya saja, kucing membutuhkan zat taurin yang tidak ada dalam makanan anjing. Zat ini berfungsi sebagai pencegah penyakit jantung dan penglihatan kabur. Jika Anda bingung seberapa banyak seharusnya Anda memberikan mereka makanan, gunakanlah takaran makanan dan minum. Ada yang menjual tempat makanan dan minuman dalam satu wadah dengan lubang yang berbeda. Tempat makan seperti ini lebih efisien dan bisa menghemat ruang.

    Kandang Hewan

    Banyak pemilik hewan yang membiarkan anjing dan kucingnya berkeliaran saja di rumah tetapi lupa membersihkan kandang mereka. Padahal kucing dan anjing terkadang juga suka bermain di sana. Sebagai langkah perawatan hewan selanjutnya,  luangkan waktu untuk membersihkan kandang hewan secara berkala dua minggu sekali. Khusus untuk burung dan ikan, sebaiknya bersihkan selama seminggu sekali. Kondisi kebersihan kandang sangat menentukan kesehatan hewan peliharaan Anda. Intinya, sesuaikan saja kapan saatnya untuk membersihkan kandang dan pastikan untuk selalu mengecek tempat tinggalnya setiap hari. Jika memang dirasa kotor, bau, dan berdebu, segera bersihkan saat itu juga.

    Kandang Ideal

    Sederhananya, kandang yang baik untuk hewan peliharaan adalah yang jauh dari kebisingan. Setiap hewan memang memiliki tingkat sensitif terhadap kebisingan yang berbeda. Kelinci, misalnya, merupakan hewan yang mudah stres jika berada di tempat yang berisik. Pilihlah kandang hewan yang terbuat dari baja anti karat, karena selain tahan lama, kandang tipe ini juga mudah dibersihkan dengan menggunakan lap basah. Kayu juga bisa menjadi material kandang yang aman dan tidak berbau. Berikan lokasi yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung agar mereka bisa tidur dan bermain dengan nyenyak.

    Memandikan Hewan Peliharaan

    Bukan cuma kandangnya saja yang dibersihkan secara teratur, layaknya manusia hewan peliharaan Anda juga membutuhkan perawatan dan perlengkapan mandi khusus, yakni memandikannya sebanyak sekali dalam dua minggu. Biasanya saat-saat ini bulu kucing sudah berbau. Gunakan air dingin untuk memandikannya. Air panas dapat membuat bulunya rusak dan menyebabkan iritasi kulit. Tidak hanya bulu, periksa pula bagian kuku hewan. Setelah itu, perawatan hewan lainnya dimulai dari telinga, mata, mulut, hidung, dan juga lubang pembuangan. Bersihkan secara perlahan dengan kain lembut. Setelah itu, keringkan hingga bulu hewan tidak lagi terasa lembap. Mengapa? Hal ini untuk menghindari tubuhnya terkena jamur dan membuatnya gatal serta tidak nyaman. Jika sudah, sikatlah bulunya secara rutin. Rutinitas ini dapat menghilangkan bulu mati dan bakteri yang ada pada bulunya.

    Peralatan Mandi

    Peralatan mandi hewan seperti sampo dan sisir tentu saja tidak bisa digabungkan dengan manusia. Untuk sampo kucing, terdapat beraneka ragam merek yang terdapat di pet shop. Pilihlah sampo hewan dengan wewangian yang mampu bertahan lama dan gunakan juga sampo khusus jamur untuk mencegah kulit hewan peliharaan Anda dari iritasi kulit seperti jamur dan kutu. Berhati-hatilah saat memandikannya, apalagi saat berada dekat mata. Jika perlu bersihkan kuping hewan dengan menggunakan baby oil dan kapas. Di toko hewan pun disediakan obat multivitamin yang bisa membuat bulunya berkilauan indah. Vitamin ini dijual dengan harga murah dan aplikasikan setiap hari.

    Vaksinasi

    Anda tidak tahu apa saja bakteri dan virus jahat yang bisa ditularkan melalui hewan peliharaan Anda. Oleh karena itu, vaksinasi merupakan langkah penting yang harus dilakukan rutin oleh pemilik hewan. Setidaknya, lakukan setahun sekali untuk beberapa vaksin penting seperti rabies dan pelindung imunitas hewan. Beberapa kasus seperti rabies dapat menular pada manusia jika Anda terkena gigitan mereka. Selain itu, setiap tiga bulan sekali sebaiknya berikan obat cacing kepada hewan peliharaan untuk berjaga-jaga menghindarkan hewan Anda dari parasit ini. Hewan cacingan biasanya terlihat dari kotoran mata yang terus menumpuk dan perut buncit namun tubuh kurus.

    Bermain

    Hewan peliharaan sangat suka dengan suasana baru, oleh karena itu tidak ada salahnya jika mengajak hewan jalan-jalan atau sekadar bermain untuk meningkatkan keakraban hewan dan pemilik. Cara ini juga melatihnya untuk mengenal lingkungan sekitar. Mengajak hewan bermain juga dapat mengurangi hewan dari rasa bosan.

    Kasih Sayang

    Hal lainnya yang suka dilupakan oleh pemilik hewan bahwa hewan peliharaan juga membutuhkan kasih sayang. Mereka akan tampak bahagia jika diperlakukan dengan kasih sayang. Yang paling sering kita saksikan adalah ketika membelai hewan, mereka tampak sangat menyukainya. Ketika kita memberi makan pun, mereka akan mengibaskan ekor sebagai tanda terima kasih.

    Binatang peliharaan tentu ingin selalu dipelihara dengan baik, baik itu untuk kebutuhan mandi maupun obat-obatannya. Kami memiliki berbagai pilihan shampoo anjing, sabun anjing serta obat binatang yang dapat mengembalikan binatang peliharaan Anda tetap sehat dan wangi meskipun diajak bermain keluar seharian. Ruparupa memiliki berbagai shampoo anjing, sabun anjing serta obat binatang untuk berbagai hewan peliharaan Anda.

    Hewan peliharaan seperti anjing tentu sering diajak bepergian atau bermain seharian diluar ruang. Tentu membuat tubuhnya menjadi bau dan terkadang menjadi sangat kotor. Tentu saat sudah pulang kerumah, saatnya mereka mandi dan kembali bersih agar tetap bisa bermain bersama Anda dengan si kecil dengan nyaman. Setiap produk yang kami jual aman digunakan serta merupakan produk original dengan kualitas yang terjamin.