Tips: Menata Meja Kerja Anda Yang Berantakan

    Perlengkapan kantor seperti meja kerja merupakan tempat dimana anda menghabiskan waktu selama anda bekerja. Disitulah anda melakukan berbagai macam hal dengan alat tulis, komputer, bahkan barang-barang lainnya. Dikarenakan berbagai macam kegiatan anda lakukan dalam waktu yang cukup singkat, anda terkadang malas untuk mengatur alat tulis atau kertas-kertas yang menumpuk di meja. Padahal membuat meja kerja tertata dengan rapi akan membantu anda untuk bekerja lebih efisien dari sebelumnya.

    Hal tersebut sejalan dengan fakta yang ditemukan oleh Reliable Plant mengenai hubungan antara meja kerja yang berantakan dan tingkat efisiensi kerja. Penelitian yang mereka lakukan di beberapa kantor di Amerika Serikat menunjukkan bahwa rata-rata pekerja menghabiskan 4,3 jam setiap minggu untuk mencari barang kantornya yang hilang atau kertas dokumen yang tidak gampang ditemukan. Hal ini menyebabkan tingkat stres meningkat serta mengurangi konsentrasi dan kreativitas pekerja itu sendiri.

    Untuk anda yang menghabiskan waktu lebih banyak di meja kerja daripada kamar anda sendiri, kami berikan beberapa tips singkat untuk mengatur meja kerja anda agar nyaman ditempati.

    Pastikan secara tegas apa yang anda butuhkan di meja kerja anda

    Sebelum anda membuka laci kerja anda atau mengeluarkan semua alat tulis yang ada di atas meja anda, mulailah memikirkan barang apa saja yang perlu ada di atas meja dan disimpan di dalam laci kerja anda. Usahakan untuk tidak menaruh barang pribadi anda lebih dari tiga jenis di atas meja kerja agar fokus anda tidak terganggu. Selain itu, usahakan untuk memiliki beberapa alat tulis yang penting untuk pekerjaan anda saja untuk memperbesar ruang gerak.

    Kategorikan, Beri Tempat Baru

    Setelah anda memastikan barang-barang apa saja yang memang anda perlukan untuk meja kerja anda, mulailah untuk mengelompokkan barang-barang tersebut. Gunakan rak portabel atau laci kerja yang anda miliki untuk menaruh barang-barang yang telah dikelompokkan dengan baik. Untuk alat tulis yang sering anda gunakan, anda dapat menaruhnya dalam mug alat tulis cantik yang anda miliki. Sedangkan barang-barang kecil seperti penjepit kertas atau Post-It, anda dapat mempertimbangkan untuk membeli laci kecil yang anda dapat taruh di atas meja. Hal tersebut akan memudahkan anda ketika anda ingin menggunakannya sewaktu-waktu.

    Gunakan Seluruh Laci Yang Anda Miliki

    Bila anda memiliki laci pada meja kerja anda, usahakan untuk menggunakan seluruh bagian laci untuk menyimpan barang-barang anda. Berikan tempat khusus untuk setiap barang, seperti laci pertama untuk barang-barang yang sering anda gunakan, laci kedua untuk dokumen penting, dan seterusnya. Usahakan untuk menyimpan barang lebih banyak dalam laci kerja dibandingkan menaruhnya di atas meja. Hal ini berguna untuk meningkatkan fokus anda pada kerjaan yang anda miliki dan tentu memperluas ruang gerak anda saat bekerja.

    Prioritaskan Penggunaan Barang Dalam Penyimpanan

    Anda kembali perlu untuk melakukan prioritas pada barang-barang anda. Taruhlah barang-barang yang jarang anda gunakan pada bagian dalam laci. Dengan begitu, barang-barang yang sering anda gunakan akan ditempatkan pada bagian luar sehingga mudah dijangkau nantinya.

    Beri Ruang Untuk Dokumen Anda

    Bila anda masih memiliki ruang pada meja kerja anda, anda dapat mempertimbangkan untuk membuat ruang terpisah bagi dokumen-dokumen anda. Masukkan dokumen-dokumen pada map – map yang anda miliki dan beri penanda di depan ataupun di samping map agar anda dapat mudah mencarinya di kemudian hari. Buanglah dokumen-dokumen yang sudah anda tidak butuhkan untuk memperbanyak ruang simpan.

    Jual Alat Tulis

    Kegiatan sehari-hari tentu tak lepas dari kegiatan menulis. Untuk itu, tentu Anda memerlukan alat tulis yang berkualitas untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari. Penggunaan alat tulis diantaranya untuk menunjang aktivitas pekerjaan, mempermudah dan mempercepat proses pelaksanaan kegiatan sehari-hari untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dan memuaskan.


    Jual Alat Tulis Kantor

    Untuk itu, Ruparupa menyediakan berbagai kebutuhan atk kantor seperti pulpen, pensil, meja, majalah, buku dari berbagai jenis brand dengan jaminan kualitas dan produk yang original. Kami juga menyediakan ragam majalah serta koleksi buku yang dapat Anda jadikan referensi bacaan sehari-hari. Selain itu, kami hadir dengan konsep 100% kepuasan pelanggan yang mengedepankan layanan prima untuk setiap transaksi yang Anda lakukan di Ruparupa.