6 Alat Masak Yang Wajib Ada di Dapur Anda

    Pernah mengalami suatu hal yang mengesalkan hati saat anda memasak di dapur? Misal saja, perlengkapan masak yang tidak lengkap di laci atau sendok saring, tutup panci, rak panggang dan pemantik api yang bertebaran dimana-mana. Selain membuat tampilan rumah terlihat berantakan, tentu saja hal ini tidak memberikan efisiensi waktu yang baik. Anda juga akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak. Oleh karena itu, anda membutuhkan rak dan kotak penyimpanan untuk mengatur barang dan membuatnya lebih rapi. Lalu, sebenarnya apa saja alat masak yang wajib anda masukkan ke dalam alat-alat pengatur ini?

    Sendok Saring

    Tidak semua sendok bisa digunakan untuk makan saja. Beberapa diantaranya bahkan bisa digunakan untuk memasak. Tentunya ukurannya lebih jauh dibandingkan dengan sendok biasa. Anda biasa menyebutnya dengan sendok saring. Sesuai namanya, sendok ini digunakan untuk meniriskan cairan atau minyak yang berasal dari makanan. Jika anda bingung seperti apa bentuk sendok saring, pastikan sendok masak ini memiliki banyak lubang di ujung cepernya. Untuk membedakannya dengan spatula, biasanya sendok saring memiliki ujung berbentuk bulat sehingga tidak heran jika kebanyakan orang lebih sering memakainya untuk meniriskan gorengan. Perlu diketahui ada banyak jenis sendok saring yang berada di pasaran, namun yang tahan lama biasanya terbuat dari bahan logam, nylon, dan silikon.

    Tutup Panci

    Setelah sendok saring, tutup panci, rak panggang dan pemantik api akan kami bahas di bawah ini. Bicara tentang tutup panci, banyak ibu rumah tangga menyepelekan alat masak satu ini. Dengan menggunakan tutup panci tentunya masakan bisa jadi lebih higienis dan juga menghemat waktu memasak anda. Apalagi efisiensi waktu sangat dibutuhkan di era mobilitas tinggi ini. Tidak hanya masalah waktu, anda juga membutuhkan tutup panci yang awet dan tahan lama agar dapat menghemat biaya. Untuk tutup panci sendiri terbuat dari berbagai bahan material, seperti bahan logam dan kaca. Kedua bahan ini populer di dunia memasak karena tahan karat.

    Rak Panggang

    Memanggang kini tidak perlu lagi mengeluarkan asap. Selain lebih ramah lingkungan dan mengurangi polusi udara, anda juga memasak lebih mudah dan cepat. Alat panggang biasanya terdiri dari berbagai tipe, ada yang menggunakan gas, listrik, maupun infrared yang dapat mengeluarkan panas. Selain pemanggang, tentu anda membutuhkan rak pemanggang. Tergantung pada jenis masakannya, ada jenis pemanggang yang dapat dibongkar lepas dan ada juga yang dilengkapi dengan penyaring minyak. Jenis piringan seperti ini biasanya berbentuk datar, Namun, yang paling umum adalah rak panggang. Pasalnya, rak panggang ini sangat cocok untuk dipakai di luar ruangan.

    Pemantik Api

    Kompor gas tidak menyala berarti disebabkan oleh tidak berfungsinya pemantik api. Gangguan ini sebagian besar terjadi karena kompor gas yang sudah cukup lama berfungsi. Knob yang diputar tak berakibat api kompor menyala dan harus diulang-ulang untuk bisa mendapatkan api yang nyala. Tanda-tanda demikian menjadi salah satu awal mula dari pemantik api kompor gas yang tak dapat bekerja dengan baik. Diketahui bahwa fungsi dari pemantik api kompor gas sebagai penghantar sekaligus pemicu untuk munculnya api di balik burner. Dari saluran gas yang menuju ke burner dikarenakan knob telah mendorongnya. Jika pemantik bermasalah, perbaikan segera sangatlah penting agar tidak memicu kerusakan yang semakin parah.

    Wajan

    Tidak hanya sendok saring, tutup panci, rak panggang dan pemantik api, wajan juga merupakan alat masak yang wajib ada di dalam dapur anda. Sayangnya, banyak orang tidak tahu cara perawatan wajan yang tepat sehingga lama kelamaan wajah mereka pun menimbulkan kerak ataupun karat yang menempel pada peralatan dapur. Proses memasak dengan berbagai macam jenis bahan makanan tak ayal meninggalkan noda-noda yang sulit dibersihkan. Wajan dan kuali yang lengket dan berkerak bekas memasak makanan yang kental atau berkecap juga sering kali membuat sulit untuk dibersihkan. Agar mudah pada saat dicuci, tuangkan air ke dalam wajan dan kuali yang kotor setelah selesai memasak. Nyalahkan kompor sambil gosok permukaan wajan yang berkerak dengan spatula. Air hangat dapat mengangkat sisa-sisa makanan di wajan sehingga pada saat mencucinya akan lebih mudah.

    Kompor

    Jangan lupa, jika anda memiliki pemantik api, anda tentunya membutuhkan kompor. Alat masak yang ini termasuk ke dalam kategori utama. Jika tidak ada kompor, anda tentu semakin kesulitan untuk memasak. Jika anda sudah memiliki alat masak yang satu ini, jangan lupa untuk memastikan gasnya selalu ada agar kegiatan memasak anda tidak terganggu. Penggunaan kompor gas kini sudah meningkat. Oleh karena itu, anda harus semakin berhati-hati. Pastikan gas dipasang dalam keadaan yang sesuai. Jika anda ragu, mintalah bantuan pada tetangga sekitar yang ahli dalam memasang gas untuk memperbaiki benda tersebut.

    Tips Merawat Alat Masak Agar Tidak Cepat Berkarat

    Setelah memahami lebih jauh mengenai sendok saring, tutup panci, rak panggang dan pemantik api, serta wajan dan kompor, kini saatnya anda mempelajari cara betul cara merawatnya. Semua orang tentu selalu menginginkan dapur yang bersih dan peralatannya juga yang akan selalu terlihat seperti baru, meski memang sering digunakan. Keenam alat ini biasanya terbuat dari baja sehingga tidak heran jika mudah berkarat. Oleh karena itu, yang harus anda lakukan adalah mengetahui langkah-langkah apa saja yang bisa anda terapkan ke depannya.

    Selalu Bersihkan

    Kotoran yang menempel di peralatan masak biasanya disebabkan karena peralatan yang telah digunakan tidak langsung dicuci. Rasa lelah setelah selesai memasak biasanya akan menghinggap sehingga membuat orang membiarkan peralatan yang kotor begitu saja tergeletak di bak cucian piring. Inilah salah satu penyebab yang dapat membuat peralatan dapur menjadi berkerak dan cepat berkarat.

    Siram Dengan Air

    Wajan yang lengket dan berkerak bekas memasak makanan yang kental atau berkecap juga sering kali membuat sulit untuk dibersihkan. Agar mudah pada saat dicuci, tuangkan air ke dalam wajan yang kotor setelah selesai memasak. Nyalakan kompor sambil gosok permukaan wajan yang berkerak dengan spatula. Air hangat dapat mengangkat sisa-sisa makanan di wajan sehingga pada saat mencucinya akan lebih mudah.

    Simpan Setelah Kering

    Setelah peralatan masak dicuci bersih, lap peralatan tersebut atau tiriskan sampai benar-benar kering. Menyimpan peralatan yang masih basah ke dalam rak akan membuat barang-barang tersebut lembab dan itu bisa menimbulkan karat. Selain itu, menyimpan peralatan masak yang masih basak di dalam rak juga akan membuat rak menjadi cepat rusak karena tetesan air.

    Jika peralatan dapurmu sudah terlanjur berkarat, maka kamu masih bisa kok untuk membersihkannya tentu dengan cara yang tepat. Misalnya saja dengan melumuri sendok saring, tutup panci, rak panggang, dan pemantik api, serta wajan dan kompor dengan lemon.

    Ruparupa menjual berbagai macam perlengkapan sendok saring, rak panggang dan pemantik, ayo dapatkan segera.