Cara Menggunakan Pembuka dan Pengupas

    Pembuka dan pengupas adalah alat yang harus Anda miliki di dapur Anda untuk kegiatan memasak yang lebih efektif. Meskipun alat ini sudah tidak asing bagi yang sudah biasa memasak, terkadang masih ada orang yang belum bisa menggunakan pembuka dan pengupas dengan benar. Karena itu, mari kita lihat bersama cara penggunaan pembuka dan pengupas berikut ini.

    Cara Menggunakan Pembuka Kaleng

    Kehigienisan makanan dimulai dari diri Anda sendiri, maka cucilah tangan terlebih dulu. Sebelum membuka kaleng apa saja, cuci bagian atas kaleng di bawah air mengalir dan bersihkan dengan handuk atau tisu bersih. Pisahkan gagang pegangan dan tempat genggam yang dipegang tangan dan letakkan pisau pemotong di tepi atas kaleng. Tekan kedua pegangan bersama-sama dan putar engkol yang melekat pada gigi pemotong sampai tutupnya terbuka.

    Dorong ke bawah tutup kaleng dengan jari bersih, handuk atau sendok kertas, lalu angkat tutupnya. Hati-hati jangan sampai jari Anda tergores sisi tutup kaleng yang tajam. Cuci pembuka kaleng setelah setiap penggunaan. Jika Anda memiliki pembuka kaleng elektrik, cabut kabelnya dan hati-hatilah ketika membersihkan pisau. Cuci pisaunya dengan kain bersih dan air sabun panas. Ujung pisau pembuka kaleng adalah salah satu tempat utama bagi bakteri untuk berkembang. Jika pisaunya tidak dibersihkan dan dikeringkan dengan sempurna, hal ini dapat menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui makanan.

    Cara Menggunakan Pengupas Sayur dan Buah

    Memiliki pengupas sayur dan buah di dapur Anda sangatlah praktis saat mengupas kulitwortel, kentang dan apel. Nutrisi penting dari makanan banyak "tersembunyi" tepat di bawah kulit buah dan sayuran, dan hal ini akan hilang ketika kupasan dibuat terlalu dalam dengan pisau. Karena itu, menggunakan pengupas akan memudahkan Anda mengontrol agar bagian penting dari buah dan sayuran tidak ikut terkupas. Anak-anak yang sudah cukup besar juga bisa ikut mengupas buah dan sayuran favoritnya menggunakan pengupas dengan aman. Anak-anak suka mengupas wortel, tetapi dorong mereka untuk makan apel yang tidak dikupas karena kulitnya mengandung banyak serat dan nutrisi yang baik.

    Penggunaan pengupas yang tepat sangatlah penting. Kebanyakan pengupas memiliki satu pisau putar stainless steel yang berputar maju mundur agar disesuaikan dengan bentuk makanan yang dikupas. Berlatih dulu dengan mengupas wortel. Pegang pengupas di tangan yang Anda gunakan untuk menulis dan pegang wortel di sisi lain. Pegang wortel di dekat bagian atas, dan menggunakan beberapa tekanan, mulailah mengupas kulitnya dengan arah yang menjauh dari Anda dan ke bawah. Letakkan ibu jari Anda di sisi atas pengupas dan jari-jari Anda di bawahnya untuk membantu memandu pengupas. Putar wortel setelah setiap gerakan mengupas dari atas ke bawah untuk mengupas bagian yang belum terkupas.

    Anda bisa mengupas kentang menggunakan metode yang serupa. Menggunakan gerakan naik-turun, kupas kulit kentang. Gunakan gerakan lambat dalam mengupas sehingga Anda mencegah ibu jari atau kuku Anda tergores. Banyak pengupas buah dan sayur memiliki ujung runcing yang dapat digunakan untuk menghilangkan mata di kentang.

    Beberapa orang lebih merasa nyaman menggunakan pengupas putar untuk mengupas apel. Pegang apel di satu telapak dangan dan pengupas di tangan yang lain. Jari-jari menggenggam gagang dan ibu jari Anda diletakkan di atas apel saat Anda menarik pengupas ke arah Anda dan mengupas apel, menyingkirkan kulitnya.

    Untuk anak-anak, pengupas harp atau model berbentuk T sangat cocok untuk mereka gunakan. Pengupas jenis ini sangatlah mudah untuk dikontrol dan tidak memiliki ujung runcing. Ada banyak bentuk dan gaya pengupas yang berbeda, dan masing-masing membutuhkan latihan agar bisa digunakan dengan benar dan aman.
    Ruparupa.com menjual alat pembuka dan pengupas lengkap banyak pilihan.