Jenis Pemarut dan Pengiris Serta Cara Menggunakannya

    Bagi anda pencinta masak-memasak maupun anda yang sering memasak bagi keluarga tercinta, anda tentu tidak asing dengan pemarut dan pengiris pada saat mempersiapkan makanan lezat lewat sentuhan tangan anda. Alat yang cukup berbahaya ini membantu anda dalam menciptakan parutan atau irisan untuk makanan anda dengan lebih efisien.

    Bila anda mungkin hanya menggunakan satu pemarut dan pengiris untuk segala bahan makanan yang anda miliki, anda sekarang perlu mengetahui bahwa terdapat berbagai jenis pemarut dan pengiris untuk setiap jenis bahan makanan. Penggunaan pemarut dan pengiris yang tepat tentunya akan membantu anda mempersiapkan bahan makanan dengan lebih baik dan mudah.

    Jenis Pemarut

    Pemarut Kotak

    Pemarut kotak memiliki berbagai ukuran lubang parutan yang dapat anda gunakan sesuai dengan selera. Pemarut kotak cocok digunakan untuk memarut keju yang lembut hingga makanan yang cukup keras seperti kentang. Keju lembut hingga bahan yang lebih keras dapat diparut di bagian ukuran lubang yang besar sedangkan keju yang lebih keras seperti Parmesan dapat menggunakan ukuran lubang yang kecil. Pada bagian samping pemarut kotak terdapat satu lubang horizontal yang cocok untuk mengiris bahan makanan yang keras dalam bentuk lebar dan besar seperti wortel, dan lain-lain.

    Untuk memudahkan penggunaan, anda dapat melumuri permukaan luar pemarut dengan sedikit minyak. Tidak hanya itu, sedikit minyak pada permukaan dapat mempermudah anda dalam membersihkan pemarut nantinya.

    Pemarut Kecil

    Pemarut kecil sering ditemukan dan digunakan oleh berbagai keluarga. Ukurannya yang pas di genggaman membuat anda dapat memarut segala sesuatu dengan mudah langsung di wadah makanan yang ada. Namun, pemarut kecil cukup sulit digunakan untuk memarut dalam jumlah yang banyak. Gunakan pemarut kecil untuk memarut keju yang keras atau cokelat masak dengan jumlah kecil.

    Bila anda ingin menggunakan pemarut kecil untuk memarut keju atau cokelat, cobalah untuk memasukkan keju atau cokelat dengan pemarut ke dalam freezer selama beberapa menit. Setelah itu, parutlah keju ataupun cokelat yang anda inginkan dengan cepat agar keju dan cokelat tidak meleleh kembali.

    Zester / Microplane Grater

    Zester atau microplane grater merupakan pemarut dengan lubang yang sangat kecil. Zester digunakan untuk memarut berbagai bahan rempah-rempah menjadi bentuk bubuk yang mudah dipakai pada saat pengolahan makanan. Bahan rempah-rempah yang dimaksud seperti kayu manis, pala, maupun lemon.

    Jenis Pengiris

    Jenis pengiris tidak terbagi secara jelas seperti pemarut. Alat pengiris yang beredar di pasaran biasanya menyediakan berbagai variasi pisau untuk mengiris berbagai bahan makanan mulai dari sayur, buah, daging, hingga roti. Pemilihan pengiris dapat didasari dari bahan makanan yang ingin anda iris serta bentuk irisan yang ingin anda dapatkan.

    Tips Singkat Membersihkan Pemarut dan Pengiris

    Membersihkan pemarut dan pengiris terkadang sulit dilakukan dikarenakan bahan makanan yang tersisa di sela-sela pisau maupun lubang parutan. Bila kita tidak berhati-hati, kita dapat melukai tangan kita sendiri saat membersihkannya.

    Usahakan untuk membersihkan pemarut dan pengiris langsung setelah penggunaan. Cuci pemarut dan pengiris di bawah air mengalir dan sabun pencuci piring yang aman. Untuk membersihkan sisa makanan yang ada di sela – sela pisau maupun lubang parutan, anda dapat menggunakan sikat gigi dan menyikatnya secara perlahan sehingga pemarut dan pengiris anda dapat bersih secara sempurna.

    Ruparupa menjual berbagai jenis pemarut dan pengiris dengan pilihan terlengkap.