Cuka dan Baking Soda : Penjaga Kompor, Penghisap Asap, dan Mesin Pencuci Piring Anda

    Membersihkan kompor, penghisap asap, maupun mesin pencuci piring anda dari minyak maupun karat memang cukup sulit. Terkadang bila cara membersihkannya salah, anda justru malah dapat merusak alat-alat dapur kesayangan anda ini.

    Sebetulnya anda tidak perlu terlalu pusing untuk mencari alat atau cairan pembersih bagi kompor, penghisap asap, maupun mesin pencuci piring anda. Cukup dengan cuka dan baking soda yang dapat anda temukan di dapur anda, anda sudah bisa membersihkannya dengan baik.

    Cuka dan baking soda merupakan pasangan yang sangat tepat untuk membersihkan minyak maupun noda membandel di peralatan dapur anda. Dengan dasar asam yang lebih kuat dari sabun biasa, cuka dan baking soda dapat mengikis minyak dan noda membandel dengan lebih cepat dan efektif. Namun karena kekuatan asamnya yang cukup kuat, anda haruslah berhati-hati dalam menggunakannya. Usahakan untuk tidak mengenai pusat api maupun listrik yang ada guna keselamatan anda dan keluarga.

    Berikut kami berikan tips singkat untuk membersihkan kompor, penghisap asap, dan mesin pencuci piring anda dengan cuka dan baking soda. Perlu anda ketahui bahwa anda membutuhkan hal-hal pendukung lain seperti air hangat, sabun pencuci piring, sikat pembersih, dan juga kain bersih.

    Membersihkan Kompor

    Bersihkan permukaan kompor gas anda pertama kali dengan air hangat serta sabun pencuci piring. Bila anda dapat melepas besi penyangga yang ada, rendam besi dalam larutan air hangat dan sabun pencuci piring untuk beberapa menit. Hal ini untuk mengurangi minyak yang menempel pada besi.

    Buatlah larutan pekat baking soda dengan air untuk tahap selanjutnya.

    Lapisi permukaan kompor gas dengan larutan pekat baking soda anda. Diamkan selama kurang lebih 20 menit untuk memperoleh hasil yang baik.

    Sikat permukaan perlahan dengan sikat pembersih terutama pada bagian noda membandel. Setelah selesai, bilas dengan air hangat dan lap dengan kain bersih.

    Untuk perawatan setiap hari, semprot permukaan kompor dengan cuka. Diamkan selama 10 – 15 menit sebelum melapnya dengan kain bersih.

    Membersihkan Penghisap Asap

    Lepaskan filter penghisap asap anda secara perlahan. Filter penghisap asap dapat dilepaskan dari area samping penghisap asap dengan ditarik secara perlahan.

    Siapkan sebuah wadah yang cukup besar untuk merendam filter penghisap asap anda. Isi wadah dengan air mendidih lalu masukkan ¼ cup baking soda serta sabun pencuci piring secukupnya ke dalam air. Aduk merata dengan sikat pembersih anda hingga sabun serta baking soda larut sempurna.

    Rendam filter penghisap asap anda ke dalam air larutan tersebut hingga kurang lebih 10 menit untuk membiarkan baking soda dan sabun pencuci piring bekerja membersihkan minyak maupun kotoran yang ada.

    Setelah 10 menit, sikat permukaan filter dengan sikat pembersih secara perlahan. Anda dapat menambahkan sabun ketika anda menyikat permukaan. Tambahkan sabun secukupnya saja.

    Bilas filter secara menyeluruh dengan air panas. Setelah itu keringkan dengan kain bersih.

    Taruh kembali filter ke tempatnya semula. Pembersih asap anda sekarang sudah dapat digunakan kembali!

    Anda dapat membersihkan filter pembersih asap setiap 1 bulan untuk hasil yang baik.

    Membersihkan Mesin Pencuci Piring

    Cek lubang pembuangan yang berada di mesin pencuci piring anda pertama kali sebelum memulai proses pembersihan. Pastikan tidak ada barang-barang asing yang tertinggal di lubang pembuangan yang dapat merusak piring maupun mesin itu sendiri.

    Taruh sebuah mangkuk berisi penuh dengan cuka ke dalam mesin pencuci piring dan jalankan mesin pencuci piring menggunakan setting air panas. Langkah ini digunakan untuk menghilangkan bau-bau membandel yang ada di dalam mesin pencuci piring tersebut.

    Setelah selesai, taburkan baking soda di sekitar permukaan bawah mesin pencuci piring. Gunakan kembali setting air panas dan jalankan mesin pencuci piring untuk beberapa menit. Langkah ini untuk menghilangkan minyak dan noda membandel yang ada.

    Mesin pencuci piring anda sudah dapat digunakan kembali.

    Selamat mencoba tips dari Ruparupa.com !