5 Alat Masak Untuk Pemula: Food Processor, Pengukus, Sealer, Chopper, dan Rice Cooker

    Pernah bermimpi untuk bisa menjadi chef andalan? Atau Anda ingin menyajikan menu makanan terlezat untuk suami ketika ia pulang ke rumah? Apapun bisa Anda lakukan selama mau mempelajarinya secara berkala. Memasak sebenarnya mudah, asalkan Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil. Cobalah terlebih dahulu untuk mengenal berbagai perlengkapan dapur, seperti food processor, pengukus, sealer, chopper, dan rice cooker. Masing-masing alat memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung kreasi apa yang akan Anda buat selama di dapur. Oleh karena itu, untuk mampu menggunakannya, mari kita mengenal peralatan dapur satu per satu.

    Food Processor

    Mengapa harus membeli food processor kalau ada blender? Apakah fungsinya sangat jauh berbeda? Seperti dijelaskan sebelumnya, food processor, pengukus, sealer, chopper, dan rice cooker merupakan beberapa peralatan yang perlu Anda ketahui agar mampu menjadi pemasak yang handal. Blender memang dapat menghaluskan makanan secara cepat, namun ada beberapa bahan juga yang tidak bisa dihaluskan menggunakan blender. Untuk membuat bumbu halus, misalnya. Menggunakan food processor, hasilnya akan terasa lebih halus dan merata dibandingkan dengan menggunakan blender. Tidak hanya bumbu saja, daging giling bisa juga dibuat dengan menggunakan food processor, bahkan lebih banyak dari blender. Sebelum digiling, siapkan daging dan lemak lalu giling dalam food processor selama 8 menit.

    Pengukus

    Tidak hanya food processor, pengukus, sealer, chopper, dan rice cooker akan menjadi perlengkapan selanjutnya yang dibutuhkan oleh pemasak pemula. Pengukus dapat mempermudah Anda untuk membuat bahan makanan seperti roti, kue, dim sum, bakpao, mantau, siomay, dan masakan kukus lainnya. Selain mampu mengukus makanan, alat kukus juga biasanya digunakan untuk menghangatkan masakan. Oleh karena itu, bentuknya terkadang seperti panci, namun memiliki tingkatan untuk menyimpan makanan. Makanan yang dikukus lebih baik untuk kesehatan dibandingkan dengan menggorengnya. Hal ini disebabkan dengan mengukus, nutrisi yang terkandung dalam makanan tidak hilang begitu saja. Panci kukus umumnya berbentuk besar ke bawah. Jika Anda lebih suka mengukus ikan, sebaiknya pilihlah yang lebarnya mencukupi.

    Sealer

    Sealer merupakan alat yang perlu Anda miliki apabila ingin berdagang minuman atau makanan kemasan. Tujuan pengemasan tentu agar produk terlihat lebih rapi dan menjual. Perlu Anda ketahui, ada berbagai macam sealer yang bisa Anda sesuaikan dengan fungsinya. Dimulai dari impulse hand sealer, sealer yang satu ini bisa langsung digerakkan dengan menggunakan tangan. Meskipun memang diaplikasikan secara manual, mesin ini membutuhkan tenaga listrik. Impulse hand sealer banyak digunakan untuk kebutuhan rumahan karena fungsinya yang bisa membungkus bahan pangan. Sedangkan band sealer, sealer ini memang lebih cocok jika digunakan untuk kebutuhan industri.

    Chopper

    Jangan pusing dengan perbedaan blender, food processor, dan chopper. Bentuk dan fungsinya hampir mirip tetapi sifatnya yang menghaluskan makanan dengan memotong berbeda dengan food processor dan blender. Keuntungannya, Anda tidak perlu lagi mencincang daging dan makanan secara manual dengan menggunakan pisau, apalagi jika harus memasak dengan porsi besar. Chopper biasanya terbuat dari bahan stainless steel. Besar kecilnya hasil potongan tergantung pada jenis pisau yang digunakan dalam alat tersebut dan tinggi rendahnya kecepatan putaran mesin. Bentuk food chopper ini juga cenderung lebih kecil dan sederhana sehingga pas untuk keperluan memasak harian. Dilengkapi dengan fitur angka, chopper dapat menunjukkan tingkat kecepatan sehingga memudahkan hasil potongan Anda.

    Rice Cooker

    Tentunya sekarang ini sudah tidak asing lagi memasak nasi meggunakan rice cooker karena lebih mudah dan praktis. Komponen atau elemen yang terdapat pada mesin penanak atau penghangat nasi ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu terdiri dari 2 buah lampu indikator yang berfungsi sebagai indikator power (saat sedang memasak) dan warm (penghangat), thermostate sebagai pengontrol atau pemutus penghantar panas, elemen body sebagai penghangat dan pemanas, elemen penutup sebagai penghangat, dan kabel penghubung. Menariknya, dengan beberapa tombol ini, Anda juga bisa menggunakan roce cooker untuk membuat kue, mengukus siomay dan dim sum, dan masih banyak lagi.

    Memasak Makanan Dengan Mudah Saat Lapar Melanda

    Menjadi dilema anak kos saat lapar melanda. Bagaimana tidak, sudah hidup sendiri harus memasak sendiri pula. Apalagi saat malam hari dan lapar melanda, kita tidak punya kemampuan memasak. Belum lagi, bahan makanan yang ada sudah hampir habis. Tetapi sekarang jangan bingung karena ada beberapa resep makanan yang sangat mudah diaplikasikan, tetapi tetap lezat untuk disantap. Perlengkapan memasak yang digunakan pun tidak merepotkan: food processor, pengukus, sealer, chopper, dan rice cooker

    Martabak Mie

    Anda hanya membutuhkan mie dan telor saja untuk bisa membuat makanan super lezat ini. Makanan ini bisa menjadi penyelamat kalian karena bisa menjadi lauk nasi dan juga bisa mengenyangkan lebih lama. Caranya mudah, cukup rebus mie seperti biasa lalu campur dengan bumbunya dan aduk bersama telur mentah. Kemudian kocok lalu goreng. Jadi deh martabak mie lezat ala kita sendiri!

    Pizza

    Bagi kalian yang ingin makan pizza namun malas untuk keluar, kalian bisa loh memanfaatkan peralatan dapur kalian dengan membuat makanan satu ini. Cara membuatnya juga cukup mudah. Siapkan susu dancow putih 1 bungkus, gula 3 sdm, margarin 3 sdm, fermipan 1 sdm, dan terigu 250gr. Caranya masukkan kelima bahan tersebut lalu kocok dan uleni hingga kalis. Setelah kalis biarkan hingga mengembang. Ambil adonan lalu tambahkan berbagai macam topping kesukaan kita, pizza sudah siap di sajikan!

    Roti Bakar

    Bahan makanan kita tersisa hanya beberapa lembar roti? Jangan bingung, jadikan roti bakar saja! Hanya dengan olesan margarin, roti bakar sederhana mampu menyelamatkan perut kita di saat lapar. Selain itu, kandungan karbohidrat dalam roti mampu membuat kita kenyang lebih lama.

    Nasi Uduk

    Yup, gak salah kok. Nasi uduk dapat kita buat dengan mudah menggunakan rice cooker secara instan. Caranya cukup masak nasi seperti biasa. Biasanya kita isi air untuk menanak, namun untuk membuat nasi uduk kita ganti dengan santan kental dan masukkan bersama beras. Kemudian tambahkan sereh jika ada untuk menambah aroma pada nasinya. Sesudah matang, nasi uduk cocok di campur dengan lauk lainnya. Bahkan kita bisa memakai kerupuk saja. Praktis dan hemat banget.

    Gado-gado

    Bagi kalian yang ingin diet, gado-gado bisa menjadi solusi. Cara membuatnya juga mudah. Cukup tambahkan berbagai macam sayuran yang sudah di rebus lalu siram sambal kacang, gado-gado sudah siap di sajikan. Gado-gado sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan karena kandungan kalori dalam sayuran termasuk dalam kadar yang rendah namun memiliki serat yang tinggi sehingga kita tidak mudah lapar. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam gado-gado cukup lengkap.

    Buruan dapatkan produknya di Ruparupa.com