Makanan Tetap Fresh dan Terjaga

    Koleksi Stoples dan Wadah Makanan di Bawah Rp. 250.000

    Lihat Koleksi

    Tips Menata Dapur Minimalis

    Dapur adalah bagian esensial bagi sebuah rumah. Untuk mendukung kegiatan masak-memasak, sebuah dapur minimalis harus tertata rapi dan terorganisir dengan baik. Anda tidak akan merasa nyaman memasak di dapur yang berantakan. Hal ini akan memakan banyak waktu Anda dan mungkin mengurangi kualitas makanan yang Anda masak di dapur. Jika Anda bingung darimana harus menata dapur minimalis Anda, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini.

    Pikirkan Tentang Fungsi Dapur Anda

    Sebelum Anda terjun langsung untuk menata dapur Anda, pastikan Anda tahu hal apa yang akan sesuai dengan kebutuhan rumah dan keluarga Anda. Itu berarti Anda perlu mempertimbangkan bagaimana Anda menggunakan dapur Anda saat ini dan bagaimana Anda ingin menggunakannya di masa depan.

    Fungsi Umum dari Dapur

    Ada fungsi dapur yang jelas, dan fungsi dapur yang kadang-kadang tidak disengaja, karena lokasinya yang sentral sebagai pusat kegiatan keluarga. Berikut adalah beberapa penggunaan dan fungsi yang paling umum. Lihat manakah yang Anda lakukan juga di dapur Anda.

    • Memasak (juga termasuk persiapan makanan)
    • Makan
    • Tempat penyimpanan makanan (baik penyimpanan di lemari es dan dapur)
    • Tempat penyimpanan buku masak dan resep
    • Pusat daur ulang rumah
    • Area bekerja di rumah
    • Tempat berkumpul keluarga dan teman-teman
    • Tempat penyimpanan barang-barang yang tidak bersangkutan seperti kunci rumah, barang belanjaan, tas plastik, koran, kotak kardus, dll.

    Kunci Untuk Menata Dapur Adalah Membuat Setiap Fungsi Ruang Seperti yang Dimaksudkan

    Dapur Anda dapat memiliki fungsi sebanyak yang Anda mau, selama ada ruang untuk melakukan semuanya dan Anda berencana untuk menggunakan ruang untuk hal yang dimaksud. Namun, berhati-hatilah jika Anda ingin membuat semua fungsi ruang ini seperti tujuan Anda, karena ini adalah kunci nyata untuk menata dapur minimalis.

    Misalnya, jika dapur Anda adalah tempat penimbunan untuk kunci, surat, dan hal-hal lain yang ada di pintu, Anda harus mempertimbangkan apakah Anda benar-benar memiliki ruang untuk hal ini. Anda juga harus memikirkan apakah hal ini berfungsi untuk Anda. Jika Anda ingin ruang yang digunakan sengaja untuk fungsi ini, Anda dapat menambahkan mangkok untuk kunci rumah Anda. Buatlah sebuah sistem untuk menyesuaikan fungsi dapur dan tujuan Anda menggunakannya.

    Di sisi lain lagi, mungkin Anda memutuskan untuk menghilangkan suatu fungsi dari dapur, karena Anda tidak memiliki ruang lagi untuk hal itu. Jika seperti itu, buatlah ruang di tempat lain di rumah untuk melakukan tugas itu. Misalnya, anak-anak Anda suka mengerjakan PR di dapur dan malah menyebabkan kekacauan pada waktu makan malam. Jika demikian, buatlah tempat untuk anak Anda belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah di tempat lain di rumah sehingga lokasi utamanya bukan meja dapur.

    Jelas, fungsi yang hanya bisa dilakukan di dapur, seperti memasak, harus memiliki prioritas utama untuk ruang. Fungsi lain hanya dapat ditambahkan jika ada cukup ruang untuk hal tersebut juga.

    Bersihkan Meja Dapur Anda dan Buat Ruang yang Dapat Digunakan

    Setelah Anda memutuskan bagaimana Anda ingin menggunakan dapur Anda, Anda dapat mulai mengambil tindakan untuk memenuhi tujuan tersebut. Dari sini juga Anda dapat mulai mengendalikan ruang di dapur.

    Mengapa Membersihkan Meja Dapur Sangat Penting

    Ada dua alasan utama mengapa menjaga meja dapur Anda (terutama) jelas sangat penting untuk menata ruang dapur.

    Yang pertama adalah bahwa Anda perlu ruang meja dapur yang bersih untuk melakukan berbagai kegiatan memasak yang berbeda. Karena ini adalah fungsi utama dapur, Anda perlu ruang yang cukup untuk melakukan tugas-tugas ini.

    Yang kedua lebih merupakan alasan mental. Melihat ruang yang bersih, dibanding dengan ruang yang berantakan, jauh lebih menenangkan dan tidak akan membuat Anda merasa begitu terganggu saat memasuki ruangan.

    Harap dicatat, bahwa bagaimanapun kami sedang membahas sebagian besar tentang meja dapur yang bersih, tidak sepenuhnya ruang yang benar-benar kosong. Kami tidak berusaha membuat hidup Anda menjadi sangat sederhana di mana tidak terlihat seperti ada orang yang tinggal di rumah Anda. Sebaliknya, Anda harus memiliki beberapa barang yang fungsional yang dipilih dengan baik yang sering digunakan di meja dapur Anda. Barang-barang ini mungkin saja  lebih sedikit daripada yang sekarang ada di atas meja dapur Anda.

    Buang atau Singkirkan Benda yang Tidak Sesuai dengan Fungsi Dapur Anda

    Setelah Anda memutuskan apa fungsi dapur Anda dan penghitungnya (atau kitchen island) Anda dapat menyingkirkan barang-barang yang tidak sesuai dengan fungsi-fungsi tersebut.

    Misalnya, jika Anda memiliki tumpukan kertas di mana-mana, tetapi Anda telah memutuskan bahwa kantor rumah Anda adalah tempat yang lebih baik untuk menyimpan barang-barang ini dalam jangka waktu lama. Atau mungkin ada tempat di mana Anda dapat menatanya lebih baik setiap minggu. Singkirkanlah barang ini dari meja dapur Anda dan letakkan di mana barang tersebut harus disimpan. Selain itu, buatlah rencana bagaimana Anda akan meletakkan barang-barang tersebut ke tempat yang sebenarnya mulai sekarang secara teratur (kemungkinan besar, setiap hari), sehingga jenis barang yang sama tidak mulai terakumulasi ulang.

    Buang dan Singkirkan Jenis Perkakas Dan Peralatan Dapur Berikut Ini

    Beberapa perkakas dapur dan peralatan kecil tidak boleh disimpan sama sekali, tetapi seharusnya disingkirkan bersama-sama. Berikut ini adalah beberapa panduan sederhana untuk Anda ikuti, untuk mengetahui kapan Anda harus membuangnya (atau menyumbangkannya untuk amal).

    • Terlalu tua
    • Rusak
    • Anda memiliki barang yang serupa fungsinya
    • Anda tahu Anda tidak akan pernah menggunakannya lagi (atau tidak pernah menggunakannya lagi setidaknya dalam setahun terakhir)

    Pertimbangkan Solusi Penyimpanan Ini untuk Membantu Menghemat Ruang di Dapur

    Terkadang untuk membantu Anda menata dapur dengan baik, meletakkan beberapa barang di luar laci dan lemari dapur adalah solusi yang bagus. Misalnya panci dan wajan yang sering digunakan, atau peralatan dapur. Tetapi Anda juga tidak ingin barang-barang ini memakan terlalu banyak ruang di meja dapur. Berikut adalah beberapa solusi penyimpanan dapur dan ide-ide yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga meja dapur Anda bebas dari kekacauan. Anda juga tentu saja akan masih memiliki akses ke peralatan yang sering digunakan.

    • Rak, dan pengait untuk menggantung pot dan wajan (seperti dari langit-langit) atau peralatan (dari dinding)
    • Tempat pisau dari kayu atau penyimpanan pisau magnetik untuk dinding
    • Gerobak dapur yang dipindah-pindah, untuk menyimpan persediaan memasak atau peralatan dapur kecil

    Ciptakan Kebiasaan Menjaga Tempat Cuci Piring Anda Bebas dari Peralatan Makan

    Bagian lain dari panduan organisasi dapur minimalis yang sejalan dengan membersihkan meja dapur Anda adalah memulai dengan kebiasaan menjaga tempat cuci piring Anda bersih dari piring kotor. Ketika Anda punya piring kotor di wastafel, itu seperti undangan untuk membuang sampah di meja dapur, karena dapurnya kotor. Setelah Anda secara teratur mencuci piring kotor, panci dan wajan, Anda dapat melihat area wastafel dapur Anda lebih bersih dan teratur. Hal ini juga mungkin mendorong Anda untuk menyingkiran beberapa barang seperti spons yang sudah terlalu lama dipakai, botol sabun cuci piring, pencuci piring, atau yang lainnya.