5 Cara Menentukan Watt Lampu untuk Ruang Kerja

0
3524
watt lampu untuk ruang kerja
Sumber: unsplash.com

Tahukah kamu kalau ternyata menentukan watt dan warna lampu untuk ruang kerja tidak boleh sembarangan, lho. Ada beberapa ketentuan hingga perhitungan khusus yang perlu kita pertimbangkan.

Biasanya, semakin besar jumlah watt, terang lampu yang terpancar juga akan besar dan bisa membuat mata silau.

Ruparupa Banner

Selain itu, tidak semua warna dan jenis lampu yang cocok untuk digunakan pada ruang kerja.

Jadi, kita perlu mengetahui lampu apa yang tepat untuk ruang kerja di rumah agar tetap nyaman dan tidak membuat mata sakit. 

Cara Menentukan Lampu Buat Ruang Kerja

Daripada salah memilih, simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara menentukan watt lampu dan warna yang nyaman untuk ruang kerja kamu.

Inspiration_RR_-_Comfy_Workspace_at_Home_Blog_600x320_CTA

1. Periksa kondisi ruangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan posisi ruangan dan memeriksa kondisinya. 

Pastikan ruang kerjamu memiliki jendela yang cukup besar sehingga dapat memungkinkan cahaya alami dari luar masuk ke dalam.

Kamu dapat menggunakan tirai bermotif atau transparan untuk menutupi jendela agar tidak terlalu silau di pagi dan siang hari.

Dengan adanya cahaya alami, maka kebutuhan cahaya di ruangan pun akan berkurang, terutama di siang hari. Selain itu, cahaya alami juga bisa membuat mata lebih nyaman saat bekerja.

lampu untuk ruang kerja
Sumber: unsplash.com

2. Ukur luas ruangan dan kebutuhan cahayanya

Selanjutnya, kamu perlu mengukur luas ruang kerjamu berdasarkan panjang dan lebarnya. Soalnya, setiap ukuran ruangan akan membutuhkan cahaya yang berbeda dalam satuan lumens.

Baca Juga:   Cek Ukuran Kursi dan Meja Sesuai Tinggi Badan Anda Di sini!

Untuk mempermudah kamu, simak panduan tabel berikut ini berdasarkan ukuran panjang dan lebar ruangan, serta jumlah lumens yang diperlukan.

perhitungan lumens watt lampu

Misalnya, ruang kerja berukuran panjang 4 meter dan lebar 3 meter, maka kebutuhan cahayanya adalah 3000 lumens. Sedangkan untuk ruang kerja berukuran panjang 6 meter dan lebar 10 meter, maka kebutuhan cahaya yang diperlukan adalah 15000 lumens.

Jadi, pastikan kamu mengukur luas ruangan  dengan tepat agar dapat memilih lampu yang tepat untuk ruang kerja di rumah. 

3. Pilih jenis lampu

Ada beberapa jenis lampu yang biasa digunakan di rumah, seperti lampu pijar, halogen, CFL, dan LED. Namun, untuk ruang kerja akan lebih baik jika menggunakan jenis lampu LED.

Biasanya, lampu di ruang kerja bisa menyala sepanjang hari sehingga kita memerlukan yang hemat dan tidak mudah panas. Nah, dibandingkan dengan jenis lampu lainnya, LED terbukti jauh lebih hemat energi dan memancarkan cahaya yang tidak berbahaya bagi mata.

Cahaya yang dikeluarkan oleh lampu LED terkesan lebih lembut dan hangat. Selain itu, lampu LED juga lebih tahan lama dan tidak mudah panas, lho. 

warna dan watt lampu
Sumber: unsplash.com

4. Tentukan warna pencahayaan

Warna pencahayaan di ruang kerja juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata serta produktivitas kamu saat bekerja. Biasanya, ruang kerja membutuhkan lampu berwarna cool white atau daylight.

Lampu berwarna warm white akan lebihat cocok untuk bersantai dan melepas penat.  Sedangkan lampu berwarna cool white, bisa membuat kita lebih berkonsentrasi saat bekerja dan belajar. Untuk membaca buku, kamu dapat memilih warna lampu daylight.

Baca Juga:   Cara Merawat Bohlam Lampu Agar Awet & Tahan Lama

5. Pilih jumlah watt

Kira-kira berapa jumlah watt yang kamu butuhkan untuk ruang kerja?  Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu berapa lumens yang dipancarkan dalam setiap watt, terutama bila kamu  menggunakan jenis lampu LED.

Sebagai informasi, biasanya 1 watt dapat memancarkan 75 lumens. Supaya kamu lebih mudah menghitungnya, kami akan membuat contoh lampu yang dibutuhkan buat ruang kerja berukuran panjang 4 meter dan lebar 3 meter.

Berdasarkan tabel di atas, cahaya yang dibutuhkan buat ruangan ini adalah 3000 lumens. Kemudian, dari jumlah kebutuhan cahaya tersebut, kita bagi dengan 75 lumens. Hasilnya dari 3000 dibagi 75 lumens, yaitu 40 watt.

Dari hasil tersebut, maka kita bisa mengetahui bahwa untuk mendapatkan 40 watt, kita dapat menggunakan 4 buah lampu LED dengan daya 10 watt. Cukup mudah untuk menghitungnya, bukan?

Berikut ini beberapa rekomendasi lampu LED terbaik yang cocok untuk ruang kerjamu.

Krisbow Set Bohlam Led 9watt 5 Pcs - Cool Daylight
Krisbow Set Bohlam Led 9watt 5 Pcs – Cool Daylight beli di Ruparupa.com.
Lampu LED ini terdiri dari 5 pcs dengan daya 9 watt dan warna cool daylight yang sangat nyaman untuk ruang kerja.

Beli di sini

Krisbow Lampu Led Mushroom 9w - Cool Daylight
Krisbow Lampu Led Mushroom 9w – Cool Daylight beli di Ruparupa.com.
Jika bosan dengan bentuk bohlam, kamu dapat mencoba lampu led mushroom ini di ruang kerja agar terlihat lebih menawan.

Beli di sini

Itulah dia cara untuk menentukan lampu yang tepat untuk ruang kerja. Pastikan untuk memilih lampu kerja yang sesuai agar dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas kamu saat bekerja ya, Ruppers. 

Selain pencahayaan, kamu juga harus menata ruang kerja dengan baik dan nyaman. Nah, kamu dapat menemukan berbagai perabot untuk ruang kerja yang nyaman dan berkualitas, mulai dari kursi, meja, lemari, hingga lampu meja hanya di Ruparupa.com dengan klik di sini

Simak juga beberapa rekomendasi produk untuk melengkapi ruang kerja di rumah seperti berikut ini. 

Apa Lampu Meja & Kipas Angin 4w - Putih
Apa Lampu Meja & Kipas Angin 4w – Putih beli di Ruparupa.com.
Lampu meja ini dapat kamu atur tingkat keterangannya, serta memiliki kipas angin, yang dapat membuatmu merasa sejuk.

Beli di sini

Hatch Meja Kantor
Hatch Meja Kantor beli di Ruparupa.com.
Meja kerja ini memiliki permukaan yang luas dan laci-laci untuk menata perlengkapan kerjamu dengan rapi.

Beli di sini