Intip Sejarah Tradisi Tukar Kado Natal dan Rekomendasinya

0
1770
Kado natal

Tradisi tukar kado menjadi salah satu aktivitas wajib menjelang Hari Natal. Mungkin sebagian besar dari kalian belum tahu sejarah di balik tradisi populer satu ini.

Nah, agar kamu lebih paham, kami akan mengulik informasi seputar asal-usul tradisi ini yang menarik untuk kamu ketahui. Seperti apa? Simak, yuk!

Ruparupa Banner

Kapan Asal Mula Tukar Hadiah Dilakukan?

Memberi hadiah pada hari Natal merupakan tradisi yang telah ada sejak lama, lebih tepatnya berawal dari kisah Alkitab tentang para Majus.

Namun, tradisi tukar kado ini ternyata tidak hanya dilakukan oleh umat nasrani. Ada beberapa agama dan kelompok lain yang juga menandai akhir tahun dengan tradisi serupa, seperti berikut ini. 

1. Festival pentahbisan

Basa kita kenal sebagai Festival Kenisah (Hanukkah). Tujuan dari perayaan ini adalah sebagai peringatan penyucian kembali bait suci di Yerusalem oleh orang Yahudi. 

Biasanya, festival ini berlangsung selama delapan hari dan ditandai dengan adanya hidangan makanan kohser, terutama kue-kue manis khas festival Hanukkah. 

2. Festival Panca Ganapati

Festival  dirayakan oleh umat Hindu sebagai cara untuk menghormati Dewa Ganesha. Dalam perayaannya terdapat beberapa kegiatan utama, seperti tamasya, berpiknik, pesta, serta bertukar hadiah.

Kegiatan ini berlangsung dalam sebuah kuil yang sudah mereka dekorasi. Bagian tengah ruangan tersebut merupakan tempat patung kayu atau perunggu Dewa Panchamukha Ganapati.

3. Festival Saturnalia

Festival ini  dirayakan pada era Romawi kuno yang merupakan perayaan syukur kepada dewa pertanian Saturnus yang berlangsung dari tanggal 17-23 Desember.

Umumnya, festival ini terdiri dari beberapa acara, seperti perjamuan makan, memberikan hadiah, dan berpesta. Ketika festival berlangsung, budak akan memiliki kedudukan yang setara dengan tuan mereka dan memiliki kebebasan untuk berbicara.

Baca Juga:   7 Ide Warna Dekorasi Lebaran Mewah Di Rumah

sejarah tukar Kado natal

Kapan Umat Kristen Mulai Bertukar Hadiah Natal?

Asal mula tradisi tukar kado yang dilakukan umat Kristiani ini berawal dari cerita alkitab tentang tiga orang Majus, yakni Melchior, Caspar, dan Balthazar. 

Saat itu, ketiganya datang ke Betlehem untuk memberikan penghormatan kepada bayi Yesus dengan mempersembahkan hadiah emas, kemenyan, dan mur.

Selain dari cerita tersebut, tradisi ini juga bermula dari kehidupan Nikolaos dari Myra, seorang santo abad ke-4 yang terkenal karena kesukaannya memberi.

Ia sendiri lebih terkenal dalam masyarakat sebagai Saint Nicholas, yang juga menjadi asal muasal nama ‘Santa Claus’.

Kado natal

Karena kebaikan dan kemurahan hatinya, seluruh pelosok dunia mengenal dan menghormati beliau, khususnya masyrakat wilayah Eropa.

Bahkan, setiap tanggal 6 Desember merupakan perayaan Hari Raya Santo Nikolas. Dalam bahasa Belanda, ia dikenal sebagai Sinterklaas. Sedangkan di Perancis, ia disebut sebagai Père Noël.

Sejak saat itulah acara tukar kado natal terus menjadi tradisi  sebagai bentuk berbagi kasih dengan saudara, keluarga, dan kerabat.

hari natal

 

Rekomendasi Kado Natal Buat yang Suka Masak

Apakah kamu sedang bingung memilih kado natal untuk sahabat maupun keluarga? Bila ya, tenang, karena kami punya beberapa rekomendasi hadiah natal yang bisa kamu pilih.

1. Satu Set Pisau Dapur Warna Warni

Bila kamu memiliki teman dan keluarga yang baru saja punya rumah baru, kamu bisa memberikan kado natal berupa satu set pisau dapur. Alat ini tentunya akan berguna untuk membantu kegiatan memasak mereka di dapur.
Kamu bisa memberikan pisau dapur yang terbuat dari bahan stainless steel berkualitas dengan gagang ergonomis, seperti rekomendasi kami berikut ini.
Kado natal
Krischef Set 5 Pcs Pisau Dapur

Cek di sini

2. Toaster Berwarna Kuning

Kamu juga bisa memberikan pemanggang roti sebagai salah satu kado natal. Tidak hanya berguna untuk menyiapkan sarapan dengan praktis, pemanggang roti dari Memoo ini pun memiliki desain modern dengan warna yang estetik.
Kado natal toaster
Memoo Toaster 2 Slice 700w – Kuning

Cek di sini

3. Satu Set Alat Masak Warna Merah

Kamu juga bisa memberikan satu set peralatan masak yang tentunya akan berguna untuk urusan dapur. Tidak hanya stainless steel, alat masak yang terbuat dari silikon berkualitas juga aman digunakan untuk memasak pada suhu -40 hingga 250 derajat celcius.

Baca Juga:   6 Tips Mudah Buat Bioskop Mini di Rumah

 

rekomendasi kado natal
Ataru Set 9 Pcs Alat Masak Silikon – Merah

Cek di sini

4. Sendok Takar Warna Biru

Rekomendasi kado Natal satu ini cocok kamu berikan untuk seseorang yang hobi membuat kue. Sendok takar ini memiliki desain minimalis dan kualitas food grade  sehingga  aman untuk digunakan buat menakar bahan makanan.
sendok takar
Ataru Set 5 Pcs Sendok Takar – Biru

Cek di sini

5. Satu Set Panci Saucepan dan Wajan Abu-abu

Set panci dan wajan ini terbuat dari bahan aluminium dan memiliki lapisan anti lengket, sehingga lebih mudah untuk kamu bersihkan. Selain itu, produk dengan gagang kayu anti panas ini juga bisa kamu gunakan di atas kompor induksi.
hadiah natal
Kris Set 2 Pcs Panci Saucepan & Wajan – Abu-abu

Cek di sini

6. Loyang Kaca dengan Sekat

Loyang kaca bisa menjadi salah satu kado natal terbaik untuk orang-orang tercinta. Apalagi, loyang kaca satu ini tidak hanya bisa berfungsi sebagai tempat makan, tetapi juga dapat menjadi wadah untuk memanggang dan memanaskan makanan dalam microwave.
tradisi tukar kado natal
Krischef Loyang Kaca Dengan Sekat

Cek di sini

7. Satu Set Talenan Plastik Kekinian

Selain pisau dapur, peralatan masak lainnya yang bisa menjadi kado natal spesial adalah talenan plastik yang estetik ini. Satu set talenan berwarna abu-abu dari Ataru ini terdiri dari dua ukuran berbeda dan telah memiliki lubang kecil agar bisa kamu gantung di dapur.

talenan plastik
Ataru Set 2 Pcs Talenan Plastik

Cek di sini

8. Teko Listrik Gooseneck Hitam 

Semua orang pasti membutuhkan sebuah wadah untuk memasak air di rumah. Teko listrik dengan model gooseneck ini memberikan kesan klasik yang mewah sehingga cocok untuk dijadikan sebagai hadiah.

teko gooseneck
Klaz Teko Listrik Gooseneck 800 Ml – Hitam

Cek di sini

9. Set Celemek Dapur 

Bagi orang yang suka memasak, tentunya celemek akan sangat diperlukan untuk melindungi mereka dari cipratan bahan makanan dan minyak. Kamu bisa memberikan set celemek dapur yang juga telah dilengkapi dengan sarung tangan oven dan pot holder.

tradisi tukar kado
Celemek Dapur Set 3 Pcs Duck Canvas – Abu-abu

Cek di sini

Nah, itu dia beberapa rekomendasi kado Natal yang bisa kamu berikan ketika melakukan tradisi tukar kado di rumah.

Temukan berbagai perlengkapan natal
hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online ruparupa.com juga menjual berbagai perlengkapan dapur berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Kris, ACE, Ataru, dan masih banyak lagi.