Tips Perawatan Panci Alumunium dan Kenapa Panci Terbuat Dari Alumunium

0
1005
panci alumunium

Memasak adalah kegiatan yang erat hubungannya dengan kebutuhan sehari-hari yaitu makan dan memasaknya bisa menggunakan panci alumunium. Tentunya, kenyamanan dalam memasak ditentukan oleh peralatan dan perlengkapan memasak yang tersedia terutama pancinya.

Panci sendiri merupakan salah satu dari berbagai jenis peralatan memasak yang terbuat dari logam. Panci biasanya berbentuk silinder dan agak mengecil pada bagian bawahnya. Umumnya, panci memiliki gagang baik itu gagang tunggal maupun gagang yang terdapat di kedua sisinya. Fungsi dari adanya gagang tersebut adalah untuk mempermudah mengangkat panci.

Pastinya Anda ingin memasak menggunakan panci yang berkualitas tinggi dan no abal-abal. Panci yang baik dapat dilihat dari material penyusun panci tersebut. Panci biasanya terbuat dari bahan logam dikarenakan bahan ini mampu untuk menghantarkan panas dengan baik karena sifatnya yang sebagai konduktor.

Kenapa panci yang beredar di pasaran banyak yang terbuat dari alumunium? Panci yang terbuat dari alumunium banyak digemari karena bobotnya yang ringan dan cukup baik dalam menghantarkan panas secara cepat. Akan tetapi, kekurangan yang nyata dan dimiliki oleh panci terbuat dari alumunium adalah rentannya panci terhadap perubahan warna.

Apabila Anda salah memilih panci alumunium, masakan yang Anda hasilkan dari panci berbahan ini dapat berasa sedikit pahit dan jika Anda memasak saus dengan warna tertentu, warnanya mungkin akan sedikit berubah dan Anda dapat memerhatikannya.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa sebaiknya Anda menghindari penggunaan panci berbahan dasar alumunium. Alasannya adalah karena panci berbahan ini dapat menghasilkan senyawa seperti yang telah disebutkan di atas tadi. Senyawa yang terbentuk akibat reaksi bahan alumunium dengan makanan yang sedang dimasak ternyata dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Beberapa bahaya panci alumunium apabila melepaskan senyawa yang bereaksi dengan berbagai masakan yang bersifat asin atau asam adalah sebagai berikut :

Starfrit Set 5 Pcs The Rock Perlengkapan Masak

Pertama, menyebabkan kerusakan pada sistem saraf. Panci akan melepaskan partikel ion-ion yang ikut larut bersama dengan makanan yang dimasak dengan panci. Hal ini dapat menyebabkan penyakit Alzheimer yaitu penyakit yang berkaitan dengan gangguan pada system saraf.

Hal berbahaya dari penggunaan panci lainnya adalah zat alumunium yang ikut larut bersama dengan partikel ion dalam masakan yang menggunakan panci dapat menyebabkan terhambatnya atau melambatnya pertumbuhan tulang. Hal terburuk yang dapat terjadi adalah terjadinya osteoporosis.

Cooking Color Set 8 Pcs Lenexa Perlengkapan Masak

Lalu, dengan berbagai macam bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh panci tersebut, kenapa panci terbuat dari alumunium masih diproduksi dan digunakan?

Sebenarnya, yang perlu Anda khawatirkan disini adalah jika panci tersebut betul-betul murni hanya terbuat dari alumunium. Sedangkan kebanyakan panci yang diproduksi saat ini sudah dilapisi dengan lapisan tambahan seperti stainless steel yang dapat menutupi kekurangan dari bahan alumunium.

Stainless steel dapat mengimbangi kelebihan dan menutupi kekurangan dari panci dengan sifatnya yang inert sehingga tidak akan bereaksi dengan panas dan melepaskan senyawa berbahaya dari alumunium tersebut. Dengan adanya lapisan seperti stainless steel ini pun, panas yang dihantarkan ke seluruh permukaan panci akan lebih merata.

Hal tersebutlah yang menyebabkan kenapa panci terbuat dari alumunium masih digunakan dan diproduksi sampai saat ini. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat panci yang baik dan benar agar panci Anda selalu dalam kondisi baik dan tidak membahayakan pada saat digunakan.

Tips Perawatan Panci Alumunium

1. Tuangkan Air Mendidih dan Manfaatkan Cuka

Cooking Color 24 Cm Sirius Panci Casserole

Menuangkan air mendidih pada panci yang penuh dengan sisa masakan akan mempermudah Anda dalam membersihkan panci, selain itu air mendidih juga mencegah tidak terjadinya penempelan sisa masakan Anda pada panci. Begitu pula dengan cuka yang dapat melepaskan sisa masakan yang menempel pada panci, caranya adalah hanya dengan meneteskan 1 sampai 2 tetes cuka lalu aduk dan diamkan sejenak sebelum dibersihkan.

2. Menyimpan di Tempat yang Bersih dan Kering

Cooking Color 24 Cm Sirius Panci Casserole

Dikarenakan panci termasuk mudah berkarat, maka sebaiknya Anda menghindari tempat penyimpanan yang lembab dan tertutup. Sehingga, lebih baik setelah dibersihkan dan dikeringkan, panci digantung atau diletakkan di tempat yang kering dan bersih.

Itulah tadi alasan kenapa panci terbuat dari alumunium masih diproduksi dan digunakan meskipun ada bahaya yang tersimpan dibaliknya. Namun, Anda jangan khawatir karena dengan pemilihan panci yang tepat serta perawatan yang benar maka bahaya yang ada dapat diminimalisir.

Pastikan Anda membeli panci yang terbuat dari bahan berkualitas dan di tempat terpercaya seperti ruparupa.com. Di sana, Anda akan menemukan beragam jenis panci dari berbagai bahan penyusun dengan harga yang bervariasi dan tinggal Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Semoga informasinya bermanfaat!

Editor: Sharon Suryaatmadja