6 Tips Merawat Kitchen Set Tetap Bersih dan Awet

0
1157
tips merawat kitchen set

Kitchen set merupakan perabot dapur yang terdiri dari meja, kabinet, laci, dan tempat untuk meletakkan peralatan masak. Dengan adanya kitchen set, area memasak di rumah akan terlihat lebih menarik dan menawan.

Apalagi, kitchen set juga bisa digunakan sebagai tempat unutk menyimpan peralatan dapur esensial dan menyiapkan bahan makanan.  Itulah sebabnya kita perlu merawat kitchen set dengan benar.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Merawat Kitchen Set?

Untuk menjawab kegundahan kamu, kali ini kami sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Lakukan Pembersihan Secara Menyeluruh  

Tidak perlu dibersihkan setiap hari, cukup 2-3 kali dalam setahun kamu harus melakukan pembersihkan secara menyeluruh. Meski begitu, setiap hari kamu tetap perlu mengelap permukaan meja dapur dari bahan makanan dan cipratan minyak.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan noda yang menempel, seperti berikut ini.

  • Untuk noda biasa, kamu bisa membersihkannya dengan campuran air dan baking soda. Gunakan spons untuk menggosok noda sampai terangkat, lalu bilas dengan bersih.
  • Untuk minyak dan kotoran, kamu bisa menggunakan campuran air dan cuka. Setelah itu, lap menggunakan kain kering sampai benar-benar bersih..
  • Untuk bagian dalam kabinet dapur, kamu bisa membersihkan debu dan remah-remah di dalamnya dengan menggunakan sapu mini.
  • Untuk permukaan kabinet, kamu bisa membersihkannya dengan sikat gigi bekas dan kain microfiber agar debu mudah terangkat.
Baca Juga:   5 Cara Masak Ayam Dengan Air Fryer Agar Lebih Krispi
membersihkan kitchen set
Bersihkan kitchen set minimal dua kali dalam setahun secara menyeluruh.

2. Pastikan Sirkulasi Udara di Dapur Baik

Kegiatan memasak di dapur pasti menimbulkan asap dan membuat ruangan jadi panas. Jika dibiarkan terlalu lama, hal ini dapat mengakibatkan kitchen set cepat rusak.

Oleh karena itu, pastikan sirkulasi udara di dapur berlangsung dengan baik agar  tidak terasa pengap, lembap, dan gerah. Kamu bisa menggunakan exhaust fan untuk menghindari bau tak sedap dan udara sumpek.

3. Terapkan Prinsip Clean as You Go

Terapkanlah prinsip clean as you go. Jadi, kamu membersihkan area kitchen set dan seluruh peralatan dapur segera setelah masak. 

Selain mengurangi tumpukan kotoran di dapur, cara ini juga bisa mencegah datangnya serangga dan hama, serta mengurangi risiko kerak noda dan tumpukan kotoran pada kitchen set.

4. Gunakan Pembersih yang Tepat

Hindari  penggunaan cairan pembersih yang keras untuk mencegah rusaknya lapisan kitchen set. Cukup gunakan campuran air dan sabun untuk membersihkannya, seperti dilansir dari Kitchen Cabinets King.

Namun, bila kamu ingin menggunakan cairan pembersih, pilihlah produk yang memang dikhususkan untuk membersihkan kitchen set, seperti berikut ini.

5. Pastikan Kitchen Set dalam Keadaan Kering

Kitchen set yang lembab dan basah bisa menyebabkan tumbuhnya jamur dan mikroba lain, terutama bila menggunakan bahan kayu. Tentu, hal ini dapat membuat lapisan kitchen set jadi mudah terkelupas.

Bila kamu ingin menyeka noda dan bekas minyak, gunakanlah kain yang lembab. Selain itu, pastikan piring dalam keadaan kering sebelum menyimpannya ke dalam lemari.

6. Susun Perlengkapan Dapur di Kitchen Set dengan Rapi

Mengatur perlengkapan dapur dengan benar dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kitchen set.  Misalnya, untuk perlengkapan masak berukuran besar dan berat, kamu bisa meletakkannya di bagian bawah kitchen set.

Sedangkan untuk peralatan masak dan alat makan, kamu bisa menyimpannya di dalam laci. Kamu juga perlu menyingkirkan peralatan yang tidak layak pakai.

merapikan kitchen set
Susun perlengkapan dapur dalam kitchen set dengan rapi.

Itu dia tips merawat kitchen set agar kuat dan tahan lama. Untuk mendapatkan kitchen set berkualitas buat di dapur rumah, kamu bisa mengunjungi ruparupa.com.

Temukan berbagai kitchen set dengan harga terjangkau dan hemat hingga 50%
klik di sini

Situs belanja satu ini juga menyediakan berbagai  perabot dan peralatan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Kami juga mempunyai rekomendasi kitchen set minimalis, seperti berikut ini.

Dalton Kitchen Set
Dalton Kitchen Set
Kabinet dapur yang dilengkapi dengan wastafel sehingga praktis untuk mencuci bahan makanan.

Beli di sini

Scott Kitchen Set Metal - Putih
Scott Kitchen Set Metal – Putih
Kitchen set dengan desain yang minimalis dan elegan, terbuat dari material berkualitas.

Beli di sini

kitchen set
Ivy Kitchen Set 1.2 Mtr – Oak/abu-abu
Kitchen set dengan laci dan kompartemen memudahkan penyimpanan barang.

Beli di sini