5 Tips Mengatur Gaji agar Tidak Habis di Awal Bulan

0
264
tips mengatur gaji
Sumber : pexels.com

Sering bingung karena baru gajian tapi uang langsung habis lagi? Bisa jadi ini disebabkan karena Anda tidak mengatur gaji dengan baik, Ruppers. Selain untuk tabungan, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam mengatur gaji agar tidak habis di awal bulan. Yuk, simak 5 tips mengatur keuangan agar gaji tidak cepat habis berikut ini!

1. Atur prioritas keuangan

atur prioritas keuangan
Sumber : pexels.com

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat skala prioritas keuangan. Urutkan kebutuhan dari yang menurut Anda paling penting atau harus diprioritaskan. Dengan membuat skala ini, Anda dapat mengetahui kebutuhan apa saja yang harus dibayar terlebih dahulu, seperti tagihan listrik, kartu kredit, dan sebagainya. 

2. Buat rencana pengeluaran

Untuk membuat rencana pengeluaran ini, Anda dapat menerapkan strategi 50-30-20. Anda dapat menggunakan 50 persen dari gaji untuk memenuhi semua kebutuhan utama, seperti keperluan rumah tangga, tagihan, cicilan, dan lain-lain.

Baca Juga:   Berkah Ramadan, ACE Hemat s.d 50%

Kemudian, Anda bisa menggunakan 30 persen untuk keperluan hiburan, seperti nongkrong, makan di luar, shopping, nonton bioskop, dan lain-lain. Sedangkan 20 persen dari gaji dapat Anda sisihkan sebagai tabungan, baik itu di bank, saham, atau reksadana. 

3. Gunakan 2 sampai 3 rekening berbeda

gunakan 3 rekening berbeda
Sumber : unsplash.com

Membuat beberapa rekening terpisah juga dapat sangat membantu Anda dalam mengatur gaji, loh. Selain rekening yang Anda gunakan untuk menerima gaji, siapkan dua rekening lagi.

Rekening tabungan pertama untuk menyimpan dana masa depan, yang tidak bisa diambi. Sedangkan rekening tabungan satunya lagi, untuk dana yang dapat Anda gunakan sebagai hiburan. 

4. Jangan menumpuk cicilan!

Pilihan pembayaran dengan sistem cicilan memang sangat membantu, tetapi bisa memberatkan kita juga loh, Ruppers. Jika Anda membeli beberapa barang dengan cara dicicil, Anda tetap akan mengeluarkan biaya lebih, belum lagi dengan adanya bunga cicilan. Lebih baik, belilah barang yang sesuai dengan anggaran yang Anda punya daripada harus menumpuk cicilan. 

Baca Juga:   5 Kesalahan Saat Belanja yang Bikin Gaji Cepat Habis

5. Pintar mencari promo saat belanja

pintar mencari promo
Sumber : pexels.com

Pastinya setiap orang sangat suka belanja, entah itu untuk kebutuhan sehari-hari atau hiburan saja. Banyak e-commerce yang selalu memberikan promo menarik dan tentunya dapat membantu Anda berhemat. Anda dapat mencari waktu-waktu tertentu saat banyak promo untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, seperti saat payday, promo tanggal kembar (11.11, 12.12, dll), hari besar, dan lain-lain. Jika Anda pintar mencari promo, pasti dapat lebih hemat dan gaji tidak cepat habis!

Apakah sebelumnya Anda sudah melakukan 5 tips diatas? Jika belum, segera ikuti tips itu ya, Ruppers! Jangan sampai gaji Anda langsung habis di awal bulan.

Klik di sini untuk berbelanja perabotan dan  perlengkapan rumah berkualitas di Ruparupa.com. Anda juga bisa emperoleh beragam penawaran menarik yang bisa membantu lebih berhemat dalam mengatur gaji. Tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang!