kesalahan pakai tangga lipat

7 Kesalahan  Menggunakan Tangga Lipat yang Perlu Dihindari

Tangga lipat menjadi salah satu perlengkapan rumah tangga yang wajib ada di rumah. Soalnya, kamu bisa menggunakan tangga lipat untuk berbagai keperluan, seperti memperbaiki atap, memasang lukisan di dinding, dan mengambil barang di kabinet tinggi.


Cara memakai tangga lipat pun cukup mudah. Kamu hanya perlu meletakkan tangga di lokasi yang dibutuhkan dan langsung menaikinya. Jika dibandingkan dengan tangga aluminium biasa,  tangga lipat terbilang lebih aman dan praktis.


Berikut beberapa rekomendasi tangga lipat yang sering digunakan

Sebab, ada dua anak tangga di bagian bawah yang berfungsi sebagai kaki agar posisinya tetap stabil. Meskipun demikian, bukan berarti kita bisa aman sepenuhnya saat menggunakan tangga lipat.  Soalnya, kadang kita masih melakukan berbagai kesalahan dalam menggunakan tangga lipat yang bisa berbahaya.


Lantas, apa saja kesalahan yang perlu dihindari saat menggunakan tangga lipat?


Melansir dari beberapa sumber, kesalahan menggunakan tangga lipat di bawah ini tergolong sepele, tetapi memiliki dampak fatal jika kamu biarkan.


1. Memakai jenis tangga yang salah


Ada berbagai jenis tangga lipat yang dibedakan berdasarkan kapasitas berat dan bahannya. Kamu perlu memilih jenis tangga yang tepat dan sesuai dengan kegiatan yang ingin dilakukan.  Bukan tanpa alasan, salah memilih jenis tangga bisa menyebabkan kamu terjatuh dan cedera parah.


Misalnya, jika kamu ingin memperbaiki area di dekat saluran listrik, pilih tangga lipat kayu. Soalnya, bahan tangga aluminium bisa menghantarkan listrik dari salurannya. 


Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli tangga lipat, seperti berikut.

- Pastikan keamanan tangga lipat


Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah sistem keamanan dari tangga lipat, seperti bagian siku tangga, sistem penguncian, dan juga kestabilan. Pilih tangga lipat yang kokoh dan tidak mudah goyah, seperti rekomendasi berikut ini.

- Sesuaikan dengan jangkauan dan tinggi yang ingin dicapai


Tinggi tangga lipat cukup beragam, dari 1 meter hingga 5 meter. Jadi, kamu perlu mengetahui kebutuhan terlebih dahulu sebelum membelinya. Pastikan  tidak ada jarak dan jangkauan yang cukup jauh ketika menaiki tangga lipat untuk memperbaiki sesuatu.

alat-dapur-banner-sisip-desktop


- Cek bagian anti slip tangga lipat


Bagian ini sangat penting karena bisa mencegah kamu terjatuh dari tangga. Jadi, pastikan setiap anak tangga lipat tidak licin, ya.  Anti slip yang bagus di tangga adalah menggunakan perekat berbahan karet.


- Perhatikan bahan tangga lipat


Umunya, tangga lipat terbuat dari alumunium. Soalnya, material ini lebih kuat dan kokoh, serta tidak mudah karatan. Namun, ada juga yang terbuat dari kayu dan fiberglass. Pemilihan material tangga lipat sangat penting disesuaikan dengan kebutuhan.


Jika kamu membutuhkan tangga yang berkaitan dengan listrik, pastikan memakai tangga portable fiberglass. Sementara kalau hanya mengambil barang, memperbaiki atap dan plafon, maka tangga lipat aluminium atau besi sudah cukup aman, seperti rekomendasi berikut ini.

- Pastikan  sudah memiliki standar nasional


Karena tangga lipat termasuk kategori perlengkapan pertukangan dan pekerjaan industrial, tentu sudah ada aturan standar nasional yang dibuat. Jadi, pastikan kamu membeli tangga lipat yang telah memenuhi standar tersebut supaya tetap aman saat digunakan.

2. Meletakkan tangga di permukaan yang tidak rata


Pastikan letakkan tangga lipat di atas permukaan yang kokoh, rata, dan tidak licin supaya lebih aman. Soalnya, permukaan yang halus dan tidak rata, seperti tempat tidur, lantai yang basah, dan permukaan menurun, bisa membuat kamu mudah terjatuh saat menggunakan tangga lipat. 


3. Tidak menggunakan kunci pengaman


Saat menggunakan tangga lipat, pilih yang sudah memiliki kunci pengaman. Jika tidak, bagian depan dan belakangnya bisa bergerak dengan mudah saat kamu gunakan. Kamu juga bisa memilih tangga lipat yang sudah dilengkapi karet anti slip di bagian bawah.

kesalahan pakai tangga lipat

4.  Mencondongkan tubuh terlalu jauh


Posisi tubuh yang condong terlalu jauh saat menggunakan tangga lipat jadi alasan utama seseorang bisa terjatuh. Jika posisi tangga terlalu jauh dengan area yang ingin kamu gapai, sebaiknya turun dan geser terlebih dahulu.


5. Berdiri di anak tangga teratas


Memang, fungsi utama tangga lipat adalah untuk menggapai area yang tinggi. Akan tetapi, bukan berarti kamu bisa berdiri sampai di anak tangga teratas. Malahan, kondisi tersebut bisa membuat tangga jadi tidak seimbang dan mudah bergerak.


Untuk menjaga keamanannya, kamu bisa berdiri setidaknya di anak tangga kedua dari atas. Dengan begitu, kestabilan dan pusat gravitasinya pun akan terjaga.

tips memakai tangga lipat

6. Meletakkan barang di anak tangga


Pernahkah kamu meletakkan berbagai barang atau alat perkakas di anak tangga? Memang, cara tersebut bisa membuat kamu menjangkau kebutuhan dengan mudah. Namun, gerakan yang salah bisa membuat tubuh langsung jatuh seketika. Jadi, usahakan kamu meletakkan seluruh peralatan di lantai saja agar lebih aman.

7. Tidak menyimpan dengan baik


Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah cara penyimpanan tangga. Pastikan kamu melipat tangga dengan baik dan letakkan di area yang tidak mudah lembap ataupun terlalu panas. Kamu dapat menyimpannya di dalam gudang rumah dan sudut lemari. Selain itu, pastikan kamu melipatnya terlebih dahulu sebelum disimpan, ya.

cara menyimpan

Itu dia kesalahan yang masih sering diabaikan saat menggunakan tangga lipat, padahal memiliki dampak buruk. Yuk pastikan kamu memakai tangga lipat dengan benar, ya!