3 Tips Memilih Talenan dan Rekomendasi Terbaiknya Buat di Dapur

0
586
fungsi talenan
Ataru Talenan Plastik 2 Sisi Ss304 - Krem

Saat masak, kita memerlukan talenan sebagai alas untuk memotong bahan makanan dan bumbu dapur. Buat memilih talenan terbaik, ada berbagai tips yang bisa kita ikuti dari para ahli.

Bukan tanpa alasan, kita harus memilih talenan yang tepat karena alas memotong ini jadi perlengkapan masak esensial di setiap dapur.

Ruparupa Banner

Bahkan, kita perlu memisahkan talenan untuk memotong daging dengan sayuran dan buah-buahan. Jadinya, bahan makanan kita tetap terjaga khasiatnya.

Selain nilai fungsinya, talenan juga bisa mencegah kita terkena cedera saat memotong bumbu dapur.

Tidak hanya itu, kamu bisa menjadikannya sebagai alat saji untuk menunjang estetika makanan yang ingin difoto, lho.

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Talenan yang Tepat?

Agar kamu mendapatkan talenan yang tepat buat memasak, ikuti keempat tips berikut ini.

1. Tentukan Materialnya

Ada berbagai material atau bahan talenan yang bisa kamu pilih, seperti kayu, plastik, dan keramik. Buat menentukan yang tepat, kamu harus menyesuaikannya dengan gaya memasak dan jenis bahan makanan yang akan kita potong.

Misalnya, jika kamu gemar memasak setiap hari dan sering menggunakan talenan, sebaiknya pilih bahan kayu atau plastik. Soalnya, kedua bahan tersebut memiliki tekstur yang keras sehingga awet buat penggunaan sehari-hari.

Baca Juga:   8 Alat Dapur Penting yang Wajib Kamu Punya

Selain itu, pastikan memakai talenan dari bahan plastik untuk memotong daging. Soalnya, bahan satu ini lebih mudah dicuci ketimbang talenan kayu.

2. Pilih Ukuran yang Tepat

Tips memilih talenan selanjutnya adalah menentukan ukuran sesuai kebutuhan. Soalnya, luas permukaan talenan berperan penting buat memperlancar proses memasak di dapur.

Kalau kita memotong bumbu dapur di talenan yang terlalu kecil, bisa-bisa waktu memasak jadi lebih lama. Namun, talenan yang terlalu besar pun kurang efektif karena bisa membuat meja dapur jadi sempit. Ukuran luas talenan yang ideal adalah 30-40 cm.

3. Pertimbangkan Tingkat Ketebalan

Talenan yang terlalu tebal akan membuat kita jadi kewalahan saat harus memindahkannya dari satu meja ke tempat lain. Selain itu, cara mencucinya pun akan lebih rumit. Jadi, pilih talenan dengan tingkat ketebalan standar, sekitar 2-5 cm.

Rekomendasi Talenan Berkualitas

Setelah mengetahui keempat tips memilih talenan, kami ingin memberikan beberapa rekomendasi terbaiknya berdasarkan bahan, seperti di bawah ini.

1. Talenan Bambu

Talenan yang terbuat dari bambu terkenal akan keawetannya saat digunakan untuk jangka panjang. Nah, alas memasak persembahan Kris ini sudah dilengkapi lapisan dasar anti-slip yang membuatnya tidak mudah jatuh dari atas meja dapur.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Botol Minum Termos dari ACE dan ATARU Cuma Rp100 Ribuan

Bahannya juga menggunakan bambu berkualitas dan tidak mengandung material beracun.

tips memilih talenan
Krischef Set 2 Pcs Talenan Bambu

Cek di sini

2. Talenan Plastik

Kalau kamu ingin memiliki talenan tipis dan ringan, maka bisa pilih yang bahannya dari plastik. Talenan ini memiliki permukaan papan yang halus dengan desain minimalis karena terdiri dari berbagai warna cerah.

tips memilih talenan
Set 3 Pcs Talenan Plastik Assorted

Cek di sini

3. Talenan Marble

Buat kamu yang ingin menciptakan suasana dapur mewah atau elegan, talenan berbahan marble akan menjadi opsi terbaik. Dengan desain yang modern, alas memotong ini juga memiliki permukaan halus sehingga tidak mudah rusak.

tips memilih talenan
Culinart 26×26 Cm Talenan Marble

Cek di sini

4. Talenan Nampan

Ingin menciptakan dapur multifungsi di luas ruangan yang terbatas? Kamu bisa menggunakan talenan yang sudah sekaligus nampan berikut ini.

Meskipun menyatu, talenan dan nampannya terbuat dari dua bahan berbeda sehingga fungsinya tetap maksimal.

tips memilih talenan
Cooking Color 39×29 Cm Set 2 Pcs Woldy Talenan Bambu & Nampan

Cek di sini

Itu dia tips memilih dan rekomendasi talenan terbaik yang bisa kamu dapatkan.

dapatkan alat dapur hemat hingga 50%
klik di sini

Kamu juga bisa menemukan perlengkapan rumah tangga lainnya, seperti alat kebersihan hingga perabot multifungsi dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi.