Tips Memilih Panci yang Terbuat Dari Bahan Berkualitas

0
1718
panci yang terbuat dari bahan berkualitas

Memilih panci yang terbuat dari bahan berkualitas merupakan hal penting. Bagi para ibu-ibu, kegiatan memasak tentu akan sulit dilakukan jika perlengkapan memasak seperti panci dan wajan tidak tersedia. Saat ini, dijual beragam jenis dan model panci yang diklaim sebagai panci berkualitas terbaik. Namun, benarkah semua merk dan jenis panci tersebut memiliki kualitas yang terbaik?

Promo 12 12 Ruparupa

Sebagai ibu yang cerdas dan bijaksana, alangkah baiknya sebelum memutuskan untuk membeli perlengkapan memasak seperti panci sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu tentang berbagai jenis dan merk panci, kemudian mencari tahu mengenai bahan terbaik apa yang sebaiknya digunakan untuk membuat panci.

Panci atau yang dikenal dengan saucepan dalam Bahasa Inggris, merupakan salah satu dari berbagai jenis peralatan memasak yang terbuat dari logam. Panci biasanya berbentuk silinder dan agak mengecil pada bagian bawahnya. Umumnya, panci memiliki gagang baik itu gagang tunggal maupun gagang yang terdapat di kedua sisinya. Fungsi dari adanya gagang tersebut adalah untuk mempermudah mengangkat panci.

Panci terbuat dari bahan logam dikarenakan bahan ini mampu untuk menghantarkan panas dengan baik karena sifatnya yang sebagai konduktor. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat panci adalah aluminium, besi, baja dan sekarang ada juga panci yang terbuat dari material carbon steel.

Sebelum membeli panci, kenali dulu jenis panci serta bahan pembuat panci yang Anda incar. Hal ini akan berdampak pada kepuasan Anda memasak menggunakan panci tersebut.

Tips Memilih Panci yang Terbuat Dari Bahan Berkualitas

Berikut adalah tips memilih panci yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas, disini akan dibahas beberapa bahan pembuat panci beserta kelebihan dan kekurangannya. Yuk simak bersama!

Baca Juga:   Fissler, Perfect Every Time

1. Cast Iron (Besi Cor)

Krischef 18 Cm Panci Saucepan – Hitam

Panci yang terbuat dari besi cor sudah sangat terkenal dengan keawetannya. Panci dengan material besi cor mampu menghantarkan panas dengan baik dan merata dalam waktu singkat karena besi adalah salah stu konduktor terbaik. Panas yang dihasilkan pun akan bertahan lama dan stabil.

Kekurangan dari panci terbuat dari besi cor adalah dapat berkarat apabila Anda tidak melakukan perawatan rutin dan menjaga panci tersebut selalu dalam kondisi kering. Agar permukaan panci bermaterial besi cor ini tidak lengket, Anda dapat mengoleskan minyak sayur sebelum panci digunakan dan dalam kondisi kering serta bersih.

2. Aluminium

Culinart Set 5 Pcs Perlengkapan Masak

Panci yang terbuat dari aluminium banyak digemari karena bobotnya yang ringan dan cukup baik dalam menghantarkan panas secara cepat. Akan tetapi, kekurangan yang nyata dan dimiliki oleh panci terbuat dari aluminium adalah rentannya panci aluminium terhadap perubahan warna.

Apabila Anda salah memilih panci aluminium, masakan yang Anda hasilkan dari panci berbahan ini dapat berasa sedikit pahit dan jika Anda memasak saus dengan warna tertentu, warnanya mungkin akan sedikit berubah dan Anda dapat memerhatikannya.

Jadi, pastikan Anda memilih panci berbahan aluminium yang benar-benar berkualitas dan terpercaya.

3. Stainless Steel

Fissler 16 Cm Original Profi Panci Saucepan

Meskipun stainless steel bukanlah konduktor yang baik jika dibandingkan dengan besi atau aluminium, akan tetapi dengan memberikan beberapa lapisan tambahan, panci terbuat dari stainless steel dapat digunakan sebaik panci berbahan konduktor lainnya. Panci yang terbuat dari material stainless steel cukup digemari.

Baca Juga:   Rekomendasi Produk Panci Untuk Kompor Induksi Yang Perlu Anda Miliki

Alasan panci yang terbuat dari stainless steel banyak digunakan adalah karena awet dan tahan lama, stainless steel juga bersifat inert sehingga tidak akan mempengaruhi sifat dan kondisi fisik dari makanan yang dimasak menggunakan panci stainless steel.

Akan tetapi, berhubung stainless steel bukanlah konduktor yang baik maka pada umumnya panci stainless steel memiliki hot spot-nya tersendiri dan beberapa bagian panci tidak menghantarkan panas dengan baik, dengan kata lain panas yang dihasilkan jadi kurang merata.

4. Tembaga

Cooking Color Set 2 Pcs Bounty Panci & Wajan

Panci yang terbuat dari bahan tembaga terkenal paling baik secara tampilan visual. Tembaga juga merupakan konduktor yang sangat baik dibandingkan dengan jenis konduktor lainnya. Wajar saja jika tembaga dipilih sebagai salah satu logam pembuat panci.

Namun, karena memang tampilan panci yang terbuat dari tembaga ini menarik, harganya pun relatif lebih mahal. Selain itu, panci dari tembaga biasanya mudah penyok dan apabila tidak dilapisi dengan bahan lainnya dapat bereaksi dengan senyawa yang ada di dalam masakan menghasilkan senyawa baru yang tidak diharapkan.

Itulah tadi beberapa bahan pembuat panci yang berkualitas, dan dari sekian bahan tersebut Anda dapat memilihnya berdasarkan penilaian dari semua kelebihan dan kekurangan yang telah dipaparkan. Pastikan Anda membeli panci yang terbuat dari bahan berkualitas dan di tempat terpercaya seperti ruparupa.com.

Di sana, Anda akan menemukan beragam jenis panci dari berbagai bahan penyusun dengan harga yang bervariasi dan tinggal Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Semoga bermanfaat.

Editor: Sharon Suryaatmadja