Tips Memilih Lemari Dokumen Kantor

0
298
lemari dokumen kantor

Kondisi kantor yang tertata rapi tentu mempengaruhi mood kita saat bekerja sehingga lemari dokumen kantor pun sangat penting keberadaannya. Apalagi jika banyak dokumen berserakan membuat kita sulit dalam mencari yang dibutuhkan. Dengan adanya lemari dokumen, setidaknya berkas-berkas penting yang dibutuhkan akan mudah dicari serta terorganisir dengan baik. Meski tak semua orang bisa berperilaku rapi dan bersih setidaknya ada sarana prasarana seperti lemari yang tersedia.

Promo 12 12 Ruparupa

Dalam memilih lemari dokumen yang diletakkan di kantor butuh beberapa pertimbangan. Misalnya saja seperti ukuran yang sesuai dengan ruangan, desain, model dan lain sebagainya. Lemari dokumen kantor sangatlah berperan penting bagi aktivitas perkantoran terutama jika ingin suasana kantor jadi lebih nyaman karena rapi dan tertata dengan baik. Berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih lemari dokumen untuk kantor.

Tips Memilih Lemari Dokumen Kantor

1. Serasi dengan Desain Ruang Kerja

Maine Laci Kantor Pedestal 3 Tingkat

Tips pertama jika Anda memilih lemari kantor untuk merapikan dokumen-dokumen adalah dengan melihat serasi tidaknya lemari tersebut dengan ruang kerja Anda. Saat ini kayu dan besi adalah material yang umum digunakan pada lemari arsip. Jika Anda ingin menggunakannya di ruang kerja dalam hunian, bahan kayu merupakan pilihan yang tepat. sebab, ada tampilan yang lebih estetik jika digunakan untuk elemen dekorasi. Lemari arsip yang terbuat dari besi memiliki kelebihan pada durabilitas penggunaannya. Bahan ini tahan rayap dan tahan terhadap suhu panas. Meski desainnya cenderung kaku, lemari akan cenderung stabil untuk bisa menampung dokumen Anda yang cukup banyak.

Baca Juga:   Rekomendasi Lemari Pakaian Dua Pintu Untuk Keluarga

2. Sesuaikan dengan Aktivitas Pengguna

Sieben Lemari Kantor 1208g – Cromna Oak

Masing-masing pekerja di kantor memiliki aktivitas yang berbeda-beda. Mereka juga memiliki keperluan yang berbeda dalam mengakses atau menyimpan arsip. Tetapi jika Anda sering berpindah ruangan, lebih baik memilih lemari arsip berbobot ringan hingga lebih mudah untuk bisa memindahkannya. Selain itu, ada juga lemari dokumen kantor yang berukuran compact dan dilengkapi dengan roda sehingga sangat ideal untuk digunakan menyimpan dokumen personal serta disimpan di bawah meja kantor. Bahkan menjadi lebih mudah untuk dibersihkan. Memilih lemari untuk meletakkan dokumen bisa Anda pertimbangkan dengan aktivitas sehari-hari agar lebih nyaman saat berada di kantor.

3. Pilih Model Sesuai Ruangan

Lemari Kantor Mesh Door – Hitam

Lemari dokumen kantor memiliki desain atau model yang beragam. Ada yang vertikal ada juga yang horizontal. Untuk yang model vertikal, ruang yang diperlukan relatif kecil tetapi ukurannya cukup dalam sehingga bisaa mengurangi sisa ruangan ketika laci terbuka.

Sementara untuk model horizontal, biasanya memiliki ukuran laci yang lebih pendek tetapi memerlukan ruang yang berukuran lebar untuk menyimpannya. Lemari arsip model horizontal ini bisa menampung jumlah laci yang lebih banyak dan ideal untuk digunakan di ruangan kantor Anda. Model ini bisa Anda letakkan di dekat meja atau kursi kantor sehingga mudah untuk mengaksesnya.

4. Sesuaikan dengan Lokasi Agar Mudah Mengaksesnya

Lemari Kantor Mesh Door – Putih

Ukuran lemari yang Anda pilih tentu sangatlah bergantung pada ukuran ruangan. Karena jika terlalu besar dikhawatirkan membuat ruangan lebih sempit. Juga jika terlalu kecil dikhawatirkan tidak bisa menampung banyak arsip atau dokumen Anda. Untuk ukuran lemari dokumen kantor bisa Anda alokasikan penyimpanan dengan sisa ruang yang cukup di bagian depannya. Idealnya, ada sisa ruang di bagian depan agar bisa berdiri dengan bebas saat mencari dokumen tersebut.

Baca Juga:   Rak Sepatu Minimalis Terbaik 2020

5. Desain yang Kokoh

Isley Lemari Kabinet Medium – Hitam/Walnut

Banyaknya dokumen yang penting membuat kita harus dengan teliti menyimpan apa saja dokumen tersebut. Terutama jika dokumen memiliki periode tertentu sehingga membutuhkan tempat penyimpanan yang kokoh. Anda bisa memilih lemari dengan desain kokoh agar tak mudah jatuh atau rusak. Pastikan memilih lemari dokumen kantor yang disertai dengan desain solid, seimbang dan stabil sehingga aman dan tidak mudah jatuh meski digunakan untuk menyimpan barang ataupun dokumen dalam jumlah yang banyak.

Peran lemari dokumen kantor ini sangatlah penting jika menginginkan suasana kantor yang nyaman. Karena melihat suasana yang berantakan seringkali membuat pekerja malas untuk beraktivitas atau tidak produktif. Maka dari itu pilih lemari sesuai dengan fungsi dan kebutuhan agar bisa berguna maksimal. Anda bisa memilih sesuai dengan desain ruangan, warna ataupun modelnya. Jangan lupa untuk mempertimbangkan harga sesuai budget yang ada. Semakin bagus kualitas lemari maka harganya pun sedikit lebih mahal. Tetapi untuk ketahanannya memang tak perlu diragukan lagi. Jangan lupa untuk membelinya di tempat atau toko terpercaya agar mendapat barang yang terjamin kualitasnya.

Lemari kantor dengan berbagai macam model seperti yang Anda inginkan bisa Anda temukan di ruparupa.com. Bukan hanya kebutuhan kantor tetapi juga kebutuhan rumah tangga, otomotif, home improvement dan lain sebagainya tersedia di ruparupa.com. Dapatkan penawaran terbaik dengan harga menarik di setiap kategori. Temukan lemari dokumen kantor sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di ruparupa.com yang menjamin kualitas terbaiknya.

Editor: Ariel Natasya