6 Tips Memilih Furnitur yang Aman Buat Kamar Anak

0
4474
https://unsplash.com/photos/NTmTl3KCSBU

Menata furnitur untuk kamar tidur anak memang bukan perkara yang mudah. Pasalnya, kita harus  memilih furnitur yang aman untuk kamar anak terlebih dahulu. Jadinya, si kecil pun bisa lebih nyaman saat beristirahat di dalam kamarnya.

Cara Memilih Furnitur Aman Buat Si Kecil

Furnitur yang sekedar lucu dan cantik memang bisa membuat kamar tidur anak jadi terlihat menawan. Namun, sebaiknya, tetap pastikan kita memilih furnitur yang aman dan juga nyaman buat si kecil. Dengan begitu, ia akan lebih betah berada di kamar.

Ruparupa Banner

Khususnya untuk anak yang masih berusia balita, sebagai orang tua tentu kita harus lebih bijak dalam menentukan furnitur yang tepat.

Nah, agar tidak semakin bingung, kami punya tips praktis memilih furnitur yang aman buat kamar anak seperti berikut ini.

1. Furnitur yang kuat dan awet

Poin utama yang perlu diperhatikan dalam furnitur anak adalah kekuatan dan kekokohannya. Pasalnya, anak kecil cenderung aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Tak mengherankan bila mereka sering kali melompat, melempar, memanjat, bahkan menggunakan furnitur tidak sesuai dengan fungsi utamanya. Maka dari itu, pilihlah furnitur yang kuat dan kokoh untuk menghindari kerusakan dan risiko cedera pada si kecil.

Baca Juga:   8 Cara Membeli Lemari Baju Jadi Lebih Hemat

2. Tidak memiliki sudut tajam

Umumnya, anak-anak cenderung memiliki rasa ingin tahu untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.

Untuk menghindari risiko terluka, sebaiknya hindari memilih furnitur dengan ujung tajam. Supaya lebih aman, gunakan karet pelapis pada setiap sudut furnitur.

Kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan furnitur berbahan plastik. Apalagi, furnitur plastik memiliki desain dan warna yang lucu untuk menghiasi interior kamar si kecil, seperti rekomendasi furnitur berikut ini.

Lemari berbahan plastik yang stylish dan cocok menemari ruangan si kecil. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Kursi plastik yang kokoh dan aman digunakan si kecil. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

3. Tentukan ukuran furnitur

Pertimbangkan juga ukuran tinggi dan luas furnitur yang kamu pilih. Apabila menggunakan tempat tidur bertingkat atau bunk bed, maka gunakan pagar pembatas untuk mencegah anak terjatuh saat tidur.

Seperti rekomendasi ranjang untuk anak dengan model bunk bed berikut ini, yang memiliki ukuran cukup besar sehingga bisa digunakan dalam waktu lama.

 

Bunk bed dengan pagar pembatas untuk melindungi si kecil dari risiko terjatuh. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Macy tempat tidur model tingkat yang cocok untuk menemani kamar anak. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Kemudian, untuk menghindari risiko furnitur terbalik saat dipanjat, maka sebaiknya pilihlah furnitur yang tidak melebihi tinggi badan si kecil. Kamu juga bisa memaku lemari pada dinding agar tidak mudah tergeser dan jatuh.

4. Periksa kondisi bahan

Pastikan semua bagian furnitur di dalam kamar tidur anak telah terpasang kencang dan berdiri kokoh. Selain itu, perhatikan dengan baik bahwa furnitur tidak berserbuk dan catnya tidak mengelupas.

Baca Juga:   20 Tips Dekorasi Kamar Estetik yang Nyaman
Sumber: unsplash.com/@Jesus Loves Austin

5. Gunakan warna yang cerah

Bukan hanya modelnya, pemilihan warna pada furnitur juga penting untuk kenyamanan dan tumbuh kembang si kecil. Secara psikologi, penggunaan warna yang cerah akan membantu menstimulasi keaktifan dan semangat keceriaannya.

6. Pilih perabot multifungsi

Mengoptimalkan penggunaan furnitur multifungsi akan membuat tampilan ruangan terlihat lebih unik dan menarik. Tidak hanya itu, furnitur multifungsi juga bisa memberikan area ruangan yang lebih luas untuk si kecil.

Dengan begitu, mereka bisa lebih leluasa beraktivitas dan mengurangi kemungkinan kerusakan pada banyak furnitur.

Nah, kamu bisa menggunakan furnitur multifungsi untuk kamar anak, seperti berikut ini.

Vixy set pilihan yang tepat untuk ruangan terbatas. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Tempat tidur yang cocok untuk hunian minimalis. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Itu dia enam tips yang bisa kamu terapkan saat memilih furnitur yang aman untuk kamar tidur anak. Ingat, lebih baik investasi pada produk berkualitas premium untuk mengurangi risiko kerusakan yang dapat membahaya si kecil.

Kamu bisa memperoleh aneka kebutuhan rumah tangga dan furnitur berkualitas premium hanay di  Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga kerap menawarkan aneka promo menarik, mulai dari potongan harga hingga cicilan 0% tanpa kartu kredit. Yuk, segera kunjungi Ruparupa sekarang juga. Selamat belanja