Tips Memilih Brankas Berkualitas Agar Tetap Aman

0
351
brankas

Meski jarang menggunakan, tetapi brankas merupakan satu peralatan keamanan yang sering Anda temui di kantor dan tempat-tempat penting untuk menyimpan barang berharga. Benda yang satu ini berguna karena mampu mengamankan barang berharga dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Bahkan bisa melindungi benda tersebut dari pencurian ataupun bencana alam yang bisa kapan saja terjadi. Sayangnya tak semua tahu bagaimana cara memilih yang berkualitas padahal ada beberapa yang perlu Anda pertimbangkan.

Karena fungsinya sangatlah penting maka memilihnya tak bisa sembarangan. Apalagi untuk yang ingin mendapat produk terbaik, perhatikan tips berikut untuk mendapatkan perangkat keamanan yang melindungi benda berharga Anda. Misalnya saja seperti uang, perhiasan hingga surat-surat berharga lainnya.

7 Tips Memilih Brankas Sebagai Tempat Penyimpanan Barang Berharga

1. Perhatikan Ukurannya

brankas tahan api
Sentry Safe Brankas Tahan Api Dan Air Sfw082gtc

Tidak semua bisa Anda pilih agar bisa Anda letakkan di rumah atau kantor. Ada varian ukuran yang bisa Anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Sebelum membeli, pikirkan terlebih dahulu barang apa saja yang nantinya harus Anda simpan di dalam brankas tersebut. Perhatikan dimana posisi Anda akan meletakkannya apakah di ruang kerja atau ruang khusus. Mencermati lokasi penyimpanan ini akan membantu Anda dalam memilih ukuran yang pas. Meskipun terkesan sepele namun ukuran ini tetaplah mempengaruhi harga dan juga kapasitas penyimpanan.

2. Sistem Penguncian

brankas tahan api dan air
Sentry Safe Brankas Tahan Api Dan Air Sfw205bwc

Sistem penguncian harus Anda perhatikan karena hal ini sangat mempengaruhi keamanan barang-barang yang Anda simpan. Sistem penguncian bisa terdiri dari beberapa jenis. Misalnya saja seperti sistem tubular, analog, digital ataupun kunci ganda. Ketika Anda ingin membuat kode penguncian maka sebaiknya tidak menggunakan kombinasi angka yang sekiranya bisa mudah ditebak. Misalnya saja seperti tanggal lahir Anda. Kombinasi ini ternyata yang paling banyak orang sasar oleh pelaku kejahatan dalam membobol berbagai bidang baik dari online ataupun mencuri barang-barang dari brankas. Hindari resiko dengan memasang sandi tanggal lahir.

Baca Juga:   Tips Menyimpan Buku Manual Brankas Krisbow

3. Pertimbangkan Fitur yang Ditawarkan

brankas tahan api
Klaz Brankas Tahan Api Icb-040 – Merah

Tips berikutnya adalah dengan mempertimbangkan fitur oleh brankas tersebut. Biasanya memang memiliki fitur canggih apakah itu tahan air atau alarm. Fungsinya adalah melindungi barang yang Anda simpan dari kemungkinan terburuk dibobol dan alarm akan berbunyi. Bisa juga melindunginya dari air hujan. Fitur canggih seperti ini tentu menjadikan sistem keamanannya double. Temukan brankas dengan fitur yang Anda butuhkan.

4. Perhatikan Material

brankas tahan api
Klaz Brankas Tahan Api Fingerprint Icb-040 – Hitam

Fungsinya yang melindungi barang berharga tentu kita harus mempertimbangkan material yang Anda gunakan. Selain bisa melindungi dari air, brankas bisa melindungi barang berharga dari resiko kebakaran. Harusnya barang bisa tersimpan rapi di rumah ataupun di kantor. Maka dari itu pertimbangkan dan cari tahu material apa yang terkandung agar kita bisa mengetahui ketahanannya seperti apa. Pastikan bahwa terbuat dari material yang tahan karat dan api. Artinya, sebaiknya brankas yang Anda pilih memiliki batas maksimum dari panasnya suhu jika memang kemungkinan terburuknya adalah terbakar. Jika materialnya bagus maka Anda bisa menggunakannya dalam waktu yang cukup lama tanpa khawatir akan rusak.

5. Merk yang Terpercaya

brankas tahan api
Klaz Brankas Tahan Api Ev-040 – Hitam

Di Indonesia beredar beberapa merk yang bisa jadi bahan pertimbangan. Pilih dari merk yang sudah terpercaya dan terbukti handalnya. Dengan begitu Anda tak akan khawatir jika ingin menyimpan barang-barang berharga. Ada beberapa yang menyertakan panel backlit dan layar sentuh akan memudahkan kita untuk menginput kode akses. Pilih yang dilengkapi desain modern serta lebih stylish agar modelnya pun terlihat keren saat Anda memasangnya.

Baca Juga:   5 Kesalahan Memilih Brankas yang Bikin Cepat Rusak

6. Mudah Tidaknya Dipindahkan

brankas tahan api
Klaz Brankas Tahan Api Icb-040 – Gold

Memilih brankas sebagai tempat penyimpanan artinya kita menyimpan barang yang amat berharga. Maka dari itu pertimbangkan dimana tempat penyimpanan ini akan diletakkan. Semakin berat maka semakin sulit untuk dibawa kabur pencuri. Hal ini tentu mengurangi kemungkinan pencuri membobolnya. Beberapa perusahaan sudah menempatkan lubang di keempat sudut yang nantinya Anda gunakan agar bisa memasang baut khusus. Tujuannya adalah mampu terkunci sempurna di dinding ataupun dasar lantai.

7. Lokasi Penempatan Brankas

brankas tahan api
Lucell Brankas Tahan Api Cafe Terrace Lu-3000 – Hitam

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa penempatan atau lokasi brankas juga harus diperhatikan sebelum Anda membeli. Sebab, kita harus tahu berapa ukuran lebar, luas dan tinggi yang mampu disesuaikan nantinya. Sementara untuk interiornya, cobalah menghitung tinggi hingga tebalnya. Kalikan anga tersebut 1728 untuk memastikan berapa angka akurat brankas karena dihitung berdasarkan kubik.

Menyimpan barang-barang berharga memang paling aman adalah dalam brankas. Mengapa? Anda bisa menghindarkannya dari pencurian dengan sistem keamanan tinggi. Bisa juga melindunginya dari kebakaran, bencana alam atau hal-hal yang tidak Anda inginkan. Pilih tempat penyimpanan sesuai dengan kebutuhan Anda mulai dari ukuran hingga fitur yang ditawarkan.

Untuk menemukan berbagai jenis brankas dengan varian harga terjangkau, Anda bisa mengunjungi di ruparupa.com. Tersedia banyak home imporvement berkualitas sesuai apa yang Anda butuhkan. Ruparupa memberi penawaran menarik di setiap kategori termasuk brankas sebagai tempat penyimpanan barang berharga Anda.

Editor: Sharon Suryaatmadja