5 Tips Jitu dan Praktis Mengatasi Kamar Mandi Licin

0
1305
tips agar kamar mandi tidak licin

Lantai kamar mandi yang licin sangat berbahaya karena dapat menimbulkan cidera serius jika terpeleset. Apalagi jika kamu memiliki anak kecil di rumah yang  suka berlarian. Tentunya kita perlu segera membersihkan keramik kamar mandi dari kotoran. 

Biasanya, kamar mandi yang lantainya licin terjadi karena adanya lumut. Soalnya, lumut mudah muncul ketika lantai terlalu basah.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Agar Lantai Kamar Mandi Tidak Licin?

Untuk menjawab rasa penasaranmu, kami telah merangkum beberapa solusi yang bisa kamu terapkan agar lantai kamar mandi tidak mudah licin, seperti berikut ini. 

1. Sikat Lantai Kamar Mandi Secara Rutin

Salah satu cara menghilangkan lumut di lantai kamar mandi adalah dengan rutin membersihkannya, setidaknya seminggu sekali. Selain lumut, cara ini juga bisa  mencegah tumbuhnya jamur pada lantai kamar mandi.

Nah, kamu bisa menggosok lantai kamar mandi menggunakan cairan pembersih khusus dan sikat agar kamar mandi bebas dari bakteri.

Baca Juga:   12 Cara Menata Isi Kulkas Rapi & Makanan Awet
kamar mandi licin
Satto Sikat Kamar Mandi – Putih

Beli di sini

2. Bersihkan Sisa Sabun Setelah Mandi

Lantai kamar mandi akan mudah licin akibat sabun yang kita gunakan saat mandi. Untuk itu, pastikan kita langsung membersihkan sisa sabun dan sampo setelah mandi.

Kamu bisa membilas lantai dengan air bersih sampai sisa-sisa sabun tersebut benar-benar hilang.

3. Pastikan Saluran Air Tidak Tersumbat

Saluran air yang tersumbat dapat membuat lantai kamar mandi tidak kering. Biasanya, hal ini dapat terjadi karena adanya endapan sisa sabun dan shampo, serta tumpukan rambut rontok yang tidak dibersihkan. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan cairan pembersih saluran air yang pastinya aman digunakan, seperti rekomendasi kami berikut ini.

tips kamar mandi tidak licin
Green Gobbler 946 Ml Refresh Drain & Disposal Pembersih Saluran Air

Beli di sini

4. Taburkan Larutan Garam di Atas Lantai

Ternyata, garam juga bisa mencegah lantai kamar mandi jadi licin. Soalnya, kandungan garam bisa membuat lantai jadi kesat. Inilah yang akan memudahkan kita bergerak tanpa perlu takut terpeleset atau terjatuh.

Kamu bisa mencampur garam dengan air panas, lalu siram di atas lantai. Kemudian, sikat lantai sampai bersih dan keringkan.

5. Gunakan Pel untuk Menyerap Air

Cara berikutnya agar lantai kamar mandi cepat kering adalah dengan memakai pel khusus yang punya daya serap tinggi. Kamu bisa membuat kamar mandi kering memakai pel ini.

Baca Juga:   5 Rekomendasi Alat Cuci Mobil Terbaik Untuk Hasil Bersih yang Maksimal

Nah, kami punya rekomendasi alat pel yang menyerap air, yaitu dari Satto. Produk ini memiliki daya serap air yang tinggi untuk membuat lantai basah menjadi kering. Bagian busanya juga mudah diperas dan bisa diputar 90 derajat. 

tips agar kamar mandi tidak licin
Satto Alat Pel Spons Pva

Beli di sini

6. Ganti Lantai dengan yang Anti Slip

Cara berikutnya agar kamar mandi tidak licin adalah mengganti ubin kamar mandi dengan jenis keramik yang tidak mudah berkerak dan bertekstur kasar. Misalnya, keramik berbahan matte atau granit yang juga lebih cepat kering. 

7. Gunakan Keset Kaki 

Cara terakhir adalah memakai keset kaki pada sekitar bathtub atau luar pintu shower. Jadinya, kita tidak akan tergelincir akibat tetesan air pada lantai. Kamu bisa menggunakan keset anti slip atau berbahan karet. 

keset kamar mandi
Tatay 72×36 Cm Keset Kamar Mandi Antislip – Transparan

Beli di sini

Itu dia beberapa panduan agar kamar mandi tidak licin dan aman bagi anggota keluarga. Semua produk di atas bisa kamu dapatkan dari ACE melalui situs belanja online ruparupa.com

Temukan alat kebersihan kamar mandi hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai peralatan rumah tangga dan alat otomotif berkualitas dari merek ternama milik kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.