Saat hendak membeli sebuah kasur idaman, satu hal yang pasti akan ditanyakan oleh si penjual adalah ukuran kasur yang dicari. Hal tersebut merupakan suatu kewajiban untuk Anda agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Itu sebabnya, sebelum membeli Anda harus tahu beberapa istilah tentang ukuran kasur yang biasa digunakan oleh penjual dengan pembeli sebelum melakukan transaksi, seperti panjang dan lebar kasur yang hendak dibeli.

Jenis Ukuran Kasur yang Perlu Anda Ketahui

Meski terkesan sepele, nyatanya mengetahui ukuran matras yang tepat juga bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur tiap orang. Sebab, kasur yang terlalu kecil dibandingkan dengan tubuh kita tentu akan mempersempit ruang gerak sehingga membuat tidur jadi kurang nyaman.

Setidaknya ada beberapa ukuran yang perlu Anda ketahui sebelum membeli agar tidak salah pilih. Beberapa istilah yang beredar di pasaran adalah single, queen, king, hingga super king. Tak usah berlama-lama lagi, berikut jenis ukuran matras yang perlu Anda ketahui.

Ukuran Kasur Single Bed

Ukuran kasur pertama yang perlu Anda ketahui adalah single bed. Sesuai namanya, single bed ini idealnya hanya digunakan oleh satu orang. Kasur single punya lebar 90 cm dan panjang 200 cm dan merupakan ukuran kasur terkecil. Itu sebabnya, kasur single sering ditemui di perhotelan dan biasanya bukan untuk sharing.

Selain itu, kasur single bed juga cocok digunakan di kamar anak atau kamar kos. Menariknya lagi, ukuran kasur single bed yang kecil dan mungil ini cocok digunakan untuk Anda yang punya ruangan mungil atau ingin memperkuat kesan minimalis pada konsep yang Anda gunakan.

Ukuran Kasur Double

Ukuran kasur double biasanya punya dimensi lebar 120×200 cm. Memang, ukuran ini tidak berbeda jauh dengan single dan hanya ditujukan untuk satu orang saja. Tidak cuma itu, ukuran kasur double juga bisa digunakan oleh anak remaja atau orang dewasa dengan ukuran badan yang agak besar agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih nyaman.

Ukuran Kasur Queen

Ukuran kasurUkuran kasur queen biasanya punya dimensi 160×200 cm. Itu sebabnya, kasur yang satu ini cocok banget buat Anda yang ingin mendapatkan ruang gerak ekstra dibandingkan dengan single atau double.

Ukuran kasur queen juga bisa ditemukan di hotel-hotel dan diperuntukkan untuk dua orang. Selain itu, kasur queen juga biasa dipilih oleh pasangan yang ingin menyiasati kamar tidur dengan ukuran yang terbatas.

Ukuran Kasur King

Jika kamu masih membutuhkan ruang gerak yang lebih besar dari kasur queen, itu tandanya Anda butuh kasur king di dalam kamar Anda. Namun, pastikan Anda punya ruang yang cukup luas untuk menampung kasur ini. Sebab, kasur king punya lebar 180 cm dengan panjang 200 cm.

Hasilnya, tempat tidur dengan ukuran king ini akan membuat Anda mendapatkan ruang gerak yang lebih luas dan nyaman. Jika Anda memesan hotel dengan ukuran kasur king, jangan heran jika harga kamarnya jadi sedikit lebih nyaman. Biasanya, hal tersebut juga dibarengi dengan suasana ruang kamar yang lebih eksklusif.

Menariknya lagi, kasur king bisa digunakan oleh dua orang dan masih akan memiliki ruang gerak yang cukup luas dan nyaman. Selain itu, tempat tidur dengan ukuran kasur king juga bisa digunakan oleh orangtua yang memiliki anak yang masih kecil.

Ukuran Kasur Super King

Ukuran kasurLayaknya seorang raja yang ingin mendapatkan kualitas tidur yang nyaman dengan ruang gerak yang luas, tempat tidur dengan kasur super king ini punya dimensi 200×200 cm. Kasur dengan ukuran super king ini bisa memuat hingga 3 orang dewasa atau 2 orang dewasa dengan 1 anak. Kasur super king biasanya diperuntukan untuk kamar yang luas.

Tips Memilih Kasur Terbaik

Selain mengetahui hal tersebut yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memilih kasur terbaik. Beberapa faktor tersebut adalah jenis yang sesuai, tingkat kelembutan, hingga budget yang harus Anda keluarkan untuk membeli kasur tersebut. Berikut tips memilih kasur terbaik yang perlu Anda ketahui.

Pilih Kasur Sesuai Kebutuhan

Tips memilih kasur yang pertama adalah memilih sesuai kebutuhan. Perlu diketahui, ada tiga jenis kasur yang beredar di pasaran, yakni spring bed, memory, dan lateks. Nah, ketiga jenis kasur tersebut punya fungsi dan peruntukan yang berbeda-beda.

Spring bed, misalnya. Tipe kasur yang satu ini terbuat dari beberapa material utama, yakni pegas spiral dari baja yang kokoh dan dilapisi oleh busa tebal sebagai bantalan sehingga bisa memfasilitasi tulang punggung Anda dengan lebih baik. Nah, spring bed adalah jenis kasur yang paling jamak digunakan oleh banyak orang.

Bagaimana dengan kasur jenis memory? Jenis kasur yang satu ini dibuat dari bahan dengan kontur yang bisa mengikuti bentuk tubuh. Diharapkan kasur ini bisa memperbaiki postur tubuh Anda yang kurang bagus. Namun kelemahannya, kasur jenis memory lebih panas dibanding kasur lain.

Sedangkan untuk kasur lateks biasanya dibuat dari bahan alami dan jangan heran jika harganya lebih mahal dari jenis kasur yang lain. Meski lebih kokoh, tapi jenis kasur ini tidak selembut kasur busa lainnya.

Periksa Tingkat Kelembutannya

Tips memilih kasur selanjutnya adalah periksa tingkat kelembutannya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa meraba atau bahkan merebahkan tubuh Anda selama 10-15 menit di atas kasur yang hendak dibeli. Pilihlah kasur dengan tingkat kelembutan dan konsistensi kekerasan busa yang pas, tidak terlalu lunak atau terlalu padat.

Sesuaikan dengan Budget

Perlu Anda ketahui bahwa kasur yang dibanderol dengan harga mahal belum tentu jadi kasur terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Itu sebabnya, sebelum membeli sebuah kasur baru, pastikan Anda sudah menyiapkan dana sendiri untuk hal tersebut.

Selain itu, pastikan bahwa hal tersebut tidak mengganggu biaya pengeluaran Anda selama satu bulan ke depan. Sebab, percuma saja jika Anda sudah memiliki kasur idaman, tapi hal itu malah membuat Anda stres memikirkan kondisi keuangan Anda di bulan berikutnya.

Itu dia jenis ukuran matras dan tips memilh kasur terbaik yang perlu Anda ketahui. Saran untuk Anda, saat hendak membeli, usahakan Anda sudah memeriksanya dengan seksama secara langsung agar bisa menentukan kasur yang sesuai dengan kriteria, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here