8 Arti Posisi Alat Makan Dalam Table Manner

0
1813
Susunan alat makan dalam table manner
Sumber: Unsplash/cinematicimagery

Etika makan atau table manner adalah aturan yang diterapkan saat mengikuti jamuan makan, seperti penggunaan alat makan dan tata krama. Selain memperhatikan nada bicara dan gestur tubuh, kamu juga perlu mengerti susunan sendok dan piring yang tepat. 

Soalnya, posisi sendok, piring, dan garpu saat di meja makan memiliki artinya masing-masing. Namun, setiap negara mempunyai aturan yang berbeda-beda di dalam etika makan

Ruparupa Banner

Misalnya, di Amerika Serikat, salah satu aturan table manner saat menghadiri jamuan makan adalah meletakkan serbet di pangkuan agar melindungi pakaian dari makanan.

Sedangkan di Indonesia sendiri yang menganut budaya Timur, aturan utama table manner yang biasa diterapkan adalah mempersilakan orang yang lebih tua untuk menyantap hidangan dahulu.

Lalu, Seperti Apa Susunan Sendok, Garpu, dan Piring yang Tepat dalam Etika Makan di Restoran?

Pada konsep makan secara santai atau kasual, biasanya alat makan yang digunakan adalah sendok dan garpu. Sedangkan dalam konsep makan secara formal, maka akan ada beberapa alat makan lainnya, seperti pisau dan sendok kecil. 

Nah, kali ini, kami sudah mengumpulkan arti susunan sendok, garpu, dan piring dalam table manner secara umum, seperti yang dilansir dari India Times

1. Sebelum Makan

Sebelum memulai makan, posisi sendok dan garpu harus berada di antara piring. Biasanya, posisi sendok ada di sebelah kanan, sedangkan garpu di sebelah kiri. Nah, penempatan seperti ini menandakan jika kamu sudah siap untuk makan.

Baca Juga:   4 Kelebihan Alat Makan Porselen Dibandingkan Keramik
sebelum makan dalam aturan table manner
Sumber: Pixabay

2. Belum Selesai Makan

Apakah kamu belum menyelesaikan makanan, tetapi ingin berhenti sejenak untuk minum dan mengobrol? Bila ya, kamu bisa memposisikan sendok di sebelah kanan dan garpu di sebelah kiri dengan bentuk menyerupai segitiga di atas piring. Hal ini menandakan jika kamu sedang dalam kondisi pause.

table manner belum selesai makan
Sumber: Flickr

3. Siap Melanjutkan ke Hidangan Berikutnya

Dalam acara makan formal, biasanya terdapat beberapa hidangan yang berbeda, mulai dari appetizer (hidangan pembuka), main course (hidangan utama), serta dessert (hidangan penutup).

Jika kamu sudah menyelesaikan hidangan pertama dan siap melanjutkan ke hidangan selanjutnya, maka letakkan sendok dengan posisi horizontal di atas piring. Lalu, timpa dengan garpu di atasnya secara vertikal sampai menyerupai tanda tambah.

4. Tidak Menyukai Makanannya

Selera makanan setiap orang memang berbeda-beda. Nah, kamu bisa memberikan sinyal halus melalui susunan sendok dan piring jika tidak menyukai makanannya. Caranya dengan meletakkan sendok di posisi bawah dan tumpuk garpu secara menyilang ke atas.

5. Puas Dengan Makanannya

Berbeda halnya bila kamu menyukai makanan tersebut. Dalam aturan table manner, kamu bisa meletakkan sendok dan garpu secara horizontal dengan posisi garpu yang berada di bagian atas. Dengan begitu, chef yang melihat susunan tersebut akan merasa senang.

6. Senang Dengan Pelayanan dan Ingin Kembali Lagi

Saat kamu mengunjungi sebuah restoran, lalu sangat senang dengan pelayanannya, kamu bisa meninggalkan petunjuk sederhana, lho. 

Baca Juga:   Menghias Meja Makan dengan Buah & Bunga Artifisial

Cukup dengan memposisikan garpu ke arah bawah atau terbalik tepat di atas piring. Tanda ini menunjukkan kalau kamu ingin kembali lagi dan mencicipi hidangan lainnya yang ada di restoran tersebut. 

7. Tidak Menyukai Pelayanan

Susunan sendok dan piring di dalam table manner juga bisa meninggalkan jejak bahwa pelanggan tidak menyukai pelayanan yang diberikan, seperti servis yang memakan waktu lama.

Jika demikian, masukkan sendok ke dalam garpu dengan posisi sendok di sebelah kanan dan garpu di sebelah kiri. Lalu, kamu bisa meletakkannya tepat di atas piring, seperti  gambar ini.

Susunan sendok dan piring dalam table manner jika tidak menyukai layanannya
Sumber: Gaucho Ranch Catering

8. Sudah Selesai Makan

Apakah kamu sudah selesai mengonsumsi seluruh hidangan yang disajikan? Bila ya, cukup letakkan sendok atau pisau di sebelah kanan dan garpu di sebelah kiri secara sejajar tepat di atas piring. Hal ini menandakan bahwa kamu sudah menyelesaikan hidangan tersebut.

Susunan sendok, garpu, dan piring jika sudah selesai makan
Sumber: Flickr

Itulah beberapa susunan sendok, garpu, dan piring di meja makan mengikuti table manner yang berlaku di berbagai negara. Nah, kamu bisa menemukan seluruh peralatan makan estetik dengan cara mengunjungi ruparupa.com, lho.

Dapatkan  perlengkapan makan berkualitas hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online terpercaya ini juga menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, mulai dari ACE, Informa, Selma, Toys Kingdom, dan yang lainnya.

Kami juga punya rekomendasi alat makan estetik yang bisa kamu gunakan, baik untuk di rumah, cafe, maupun restoran milik kamu, seperti berikut ini.

Cooking Color Set 6 Pcs Virtus Pisau Dapur Terbaru untuk aturan table manner
Cooking Color Set 6 Pcs Virtus Pisau Dapur Terbaru

Beli di sini

Appetite Nordic Set 5 Pcs Alat Makan Putih Terbaru
Appetite Nordic Set 5 Pcs Alat Makan Putih Terbaru

Beli di sini

 

Appetite 2 3 Ltr Set 5 Pcs Mangkuk Saji Mangkuk Abu Abu Terbaru
Appetite 2 3 Ltr Set 5 Pcs Mangkuk Saji Mangkuk Abu Abu Terbaru

Beli di sini

Mikasa Waylon Set 20 Pcs Alat Makan Silver Terbaru untuk aturan table manner
Mikasa Waylon Set 20 Pcs Alat Makan Silver Terbaru

Beli di sini