Sapu Ijuk VS Sapu Plastik

0
57459
Sapu Ijuk

 

Sapu ijuk dan sapu plastik merupakan alat kebersihan yang wajib dimiliki di setiap rumah. Alat satu ini dianggap sebagai perlengkapan yang paling mudah dan praktis  untuk membersihkan debu pada lantai, sertasarang laba-laba di berbagai sudut rumah.

Ruparupa Banner

Sapu tetap menjadi primadona
untuk membersihkan lantai

Meskipun kemajuan teknologi telah banyak menghadirkan berbagai jenis vacuum cleaner, tapi sapu tetap jadi primadona bagi para Ibu Rumah Tangga.

Alat kebersihan satu ini menjadi pilihan utama karena penggunaannya yang familiar, praktis disimpan, dan harganya yang murah dengan berbagai macam pilihan model.

Ada 2 jenis sapu yang umum digunakan untuk menyapu lantai, sapu ijuk dan sapu plastik. Kedua sapu ini memiliki material yang berbeda, meskipun dengan fungsi yang sama. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan dari kedua sapu ini.

Lalu, apa perbedaan sapu ijuk dan sapu plastik?

Sapu Ijuk

jual sapu
Sapu Ijuk

Sapu ijuk atau kadang disebut juga dengan sebutan sapu injuk, adalah sapu yang paling sering ditemui di rumah-rumah, dengan harga yang relatif murah. Menjadi alat kebersihan yang terbuat dari serat pohon aren yang dijalin menjadi satu, sehingga mengakibatkan sapu ini tidak bisa dicuci.

Baca Juga:   7 Manfaat Bersih-bersih Rumah agar Hunian Jadi Nyaman

Sapu ini memiliki lembaran yang lebih tebal namun tetap lentur. Sapu ini sangat cocok untuk membersihkan lantai dalam rumah dengan permukaan rata.

Namun pada penggunaan awal, sapu ini membutuhkan perhatian khusus. Karena sifatnya yang alami dengan panjang serat kombinasi membuat sapu  ini akan mengalami kerontokan.

Pada awal penggunaan, sebaiknya bersihkan sapu dari lembaran yang tidak terjalin dengan baik. Kamu bisa mengibas-kibaskan sapu agar lembaran tersebut terlepas. Jika tidak, jangan heran saat  menyapu, lembaran pada sapu akan ikut terlepas dan lantai menjadi lebih kotor.

Sapu Plastik

jual sapu plastik
Sapu Plastik

Sapu yang terbuat dari ijuk sintetis ini menjadi pilihan bagi Ibu Rumah Tangga modern. Fungsinya sama dengan sapu ijuk, yaitu untuk membersihkan lantai dalam rumah dengan permukaan yang relatif rata.

Baca Juga:   Tips Mencari ART Infal Lebaran

Karena terbuat dari material plastik, tentunya sapu ini dapat dicuci dan dibersihkan dengan mudah.

Jangan khawatir juga saat ingin menggunakan sapu plastik, lembaran plastiknya tidak akan rontok. Soalnya jalinan plastik yang tersusun dengan rapi.

Sapu ini juga memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan jenis sapu lainnya. Jadi meskipun harganya relatif lebih mahal, tetapi jangka waktu pemakaiannya lebih panjang.

Lalu, sapu lantai mana yang lebih baik? Apakah salah satu jenisnya memiliki fungsi sapu yang lebih baik jika dibanding dengan yang lain? Semua hal itu kembali pada kebutuhan sehari-hari.

Kedua sapu ini memiliki material yang berbeda, meskipun dengan fungsi yang sama.

Tips & Trik:

  • Simpan sapu dengan cara digantung atau sandarkan di dinding dalam posisi terbalik
  • Cuci sapu secara berkala dan biarkan hingga mengering sebelum kembali digunakan

Yuk lengkapi berbagai jenis-jenis sapu dan peralatan kebersihan lainnya di Ruparupa.com.