Sapu merupakan alat kebersihan yang wajib dimiliki di setiap rumah. Sapu rumah digunakan sebagai alat untuk membersihkan lantai rumah karena dianggap paling mudah dan praktis. Bermacam-macam sapu yang ada digunakan untuk menyapu lantai hingga ke sudut dan bawah furnitur. Sapu juga dapat digunakan untuk membersihkan debu dan sarang laba-laba di dinding rumah dengan menggunakan gagang sambungan.

Sapu tetap menjadi primadona untuk membersihkan lantai

Meskipun kemajuan teknologi telah banyak menghadirkan berbagai jenis vacuum cleaner, tapi sapu tetap jadi primadona bagi para Ibu Rumah Tangga. Sapu tetap menjadi pilihan utama karena penggunaannya yang familiar, praktis disimpan, dan harganya yang murah dengan berbagai macam pilihan model.

Ada 2 jenis sapu yang umum digunakan untuk menyapu lantai, sapu ijuk dan sapu plastik. Kedua sapu ini memiliki material yang berbeda, meskipun dengan fungsi yang sama. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan dari kedua sapu ini, lalu apa perbedaan sapu ijuk dan sapu plastik?

Sapu Ijuk

jual sapu
Sapu Ijuk

Sapu ijuk atau kadang disebut juga dengan sebutan sapu injuk, adalah sapu yang paling sering ditemui di rumah-rumah, dengan harga yang relatif murah. Sapu ijuk terbuat dari serat pohon aren yang dijalin menjadi satu, mengakibatkan sapu ini tidak bisa dicuci. Sapu ijuk ini memiliki lembaran yang lebih tebal namun tetap lentur. Sapu ini sangat cocok untuk membersihkan lantai dalam rumah dengan permukaan rata.

Namun pada penggunaan awal, sapu ini membutuhkan perhatian khusus. Karena sifatnya yang alami dengan panjang serat kombinasi membuat sapu ijuk ini akan mengalami kerontokan. Pada awal penggunaan, sebaiknya bersihkan sapu dari lembaran ijuk yang tidak terjalin dengan baik, dengan cara mengibas-kibaskan sapu agar lembaran ijuk tersebut terlepas. Jika tidak, jangan heran saat Anda menyapu, lembaran ijuk pada sapu akan ikut terlepas dan lantai menjadi lebih kotor.

Sapu Plastik

jual sapu plastik
Sapu Plastik

Sapu yang terbuat dari ijuk sintetis ini menjadi pilihan bagi Ibu Rumah Tangga modern. Fungsinya sama dengan sapu ijuk, yaitu untuk membersihkan lantai dalam rumah dengan permukaan yang relatif rata. Namun kelebihannya, karena terbuat dari material plastik, tentunya sapu ini dapat dicuci dan dibersihkan dengan mudah.

Jangan khawatir juga saat ingin menggunakan sapu plastik, lembaran plastiknya tidak akan rontok seperti sapu ijuk, karena jalinan plastik yang tersusun dengan rapi. Sapu ini juga memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan jenis sapu lainnya. Jadi meskipun harganya relatif lebih mahal dibandingkan sapu ijuk, namun jangka waktu pemakaiannya lebih panjang.

Lalu, sapu lantai mana yang lebih baik? Apakah salah satu jenisnya memiliki fungsi sapu yang lebih baik jika dibanding dengan yang lain? Semua hal itu kembali pada kebutuhan, anggaran, dan selera Anda.

Kedua sapu ini memiliki material yang berbeda, meskipun dengan fungsi yang sama.

Tips & Trik:

  • Simpan sapu dengan cara digantung atau sandarkan di dinding dalam posisi terbalik
  • Cuci sapu secara berkala dan biarkan hingga mengering sebelum kembali digunakan

Yuk lengkapi berbagai jenis-jenis sapu dan peralatan kebersihan lainnya di Ruparupa.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here