Resep Sop Ayam Rumahan, Menu Sahur Praktis dan Enak

0
1824
Resep sop ayam
Sumber: unsplash.com

Mencari menu makanan sehat, tapi tetap enak? Bila ya, sop ayam bisa jadi pilihan yang tepat. Makanan satu ini memang nikmat disantap dengan nasi panas, khususnya jika sedang sakit. 

Sop ayam adalah menu makanan yang terdiri dari beberapa sayuran dan daging ayam sebagai protein, ditambah dengan kuah yang gurih. Melalui menu makanan ini, kamu bisa memenuhi nutrisi 4 sehat 5 sempurna, lho. 

Ruparupa Banner

Jika kamu bertanya-tanya kenapa menu ini sering menjadi makanan saat sakit, jawabannya adalah karena sop ayam dapat membantu menghangatkan tubuh dan menurunkan demam atau flu.

Selain itu,  sop ayam juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya selama pandemi COVID-19 ini. Bahkan, sop ayam bisa jadi menu sahur dan menu buka puasa yang praktis, lho.

Nah, kamu bisa membuat sop ayam sendiri di rumah. Langsung saja intip resep sop ayam ini, yuk!

Bahan

  • ½ ekor ayam (potong kecil-kecil)
  • 2 buah wortel
  • 1 buah kentang
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 3 lembar daun salam
  • 2 ruas jahe geprek
  • 1 sdm kaldu bubuk
  • 1 sdt garam
  • ½ sdm merica bubuk
  • 1 liter air
  • 2 batang daun bawang
  • 2 batang daun seledri
  • Secukupnya bawang goreng
Baca Juga:   7 Ide Warna Dekorasi Lebaran Mewah Di Rumah

Cara Membuat Sop Ayam

1. Cuci bersih ayam dan potong berukuran kecil-kecil, lalu sisihkan ke dalam wadah. Disarankan untuk memilih bagian paha agar daging lebih lembut. Kamu juga bisa menggunakan daging ayam fillet, lho.

2. Selanjutnya, cuci bersih dan kupas kulit wortel dan kentang. Potong seukuran dadu, lalu sisihkan ke wadah terpisah dengan daging ayam. 

3. Cincang bawang putih dan iris tipis bawang merah. Siapkan jahe dan geprek. Masukkan ke dalam satu wadah.

4. Panaskah air ke dalam panci dan tunggu hingga mendidih. Masukkan potongan ayam dan rebus hingga empuk dan kaldunya keluar. Kalau muncul buih-buih berwarna putih, kamu dapat membuangnya menggunakan sendok ya, Ruppers. 

5. Sambil menunggu, panaskan minyak di wajan dengan api sedang dan tumis bawang putih, bawang merah, jahe, serta daun salam hingga wangi. Matikan api jika aromanya sudah wangi.

6. Kemudian, setelah ayam empuk, masukkan kentang, wortel, serta bumbu tumisan ke dalam panci. Tambahkan garam, merica, dan kaldu bubuk. Aduk sampai merata dan biarkan bumbu meresap, lalu koreksi rasa, ya. 

Baca Juga:   Catat Ini 7 Persiapan Wajib Buat Mudik Lebaran 2022

7. Setelah sudah matang, tambahkan daun bawang dan daun seledri yang sudah diiris halus. Aduk kembali hingga merata dan matikan api.

8. Sajikan sop ayam di atas mangkuk saji dan tambahkan bawang goreng untuk menambahkan cita rasa.

Kalau ingin lebih bernutrisi dan lezat, kamu bisa menambahkan telur puyuh juga, lho. Nah, jika hanya ingin menggunakan sayuran juga bisa, kamu bisa membuatnya menjadi sayur sop.

Menu ini dapat kamu buat dengan mudah setiap harinya dan pasti bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Yuk, masukkan resep sop ayam ini ke daftar masakan kamu sehari-hari!

Resep sop ayam
Sumber: unsplash.com

Peralatan Masak Berkualitas

Nah, untuk memasak sop ayam yang lezat, kamu harus menggunakan peralatan masak berkualitas juga ya, Ruppers. 

Pastikan untuk menggunakan pisau tajam untuk membantu kamu memotong semua bahan sop. Selain itu, gunakan talenan yang berbeda untuk memotong ayam dan sayur agar bakteri pada daging tidak terkena ke bahan lainnya.

Berikut rekomendasi peralatan masak yang dapat kamu beli hanya di Ruparupa.com.

Cooking Color Set 5 Pcs Pisau Dapur
Cooking Color Set 5 Pcs Pisau Dapur.

Beli di sini

Krischef Set 2 Pcs Talenan Bambu
Krischef Set 2 Pcs Talenan Bambu

Beli di sini

Cooking color 20 cm Kingston Panci
Cooking color 20 cm Kingston Panci

Beli di sini

Tasty Sendok Sup
Tasty Sendok Sup

Beli di sini