2 Kreasi Resep Pancake Mudah Buat Sarapan Anak

0
527
kreasi resep pancake
Sumber: unsplash.com

Salah satu menu sarapan pagi yang disukai oleh anak-anak adalah pancake. Apalagi, hidangan satu ini bisa dikreasikan dengan mudah. Resep pancake pun tidak terlalu sulit dan dapat dibuat dalam waktu singkat.   

Pancake atau panekuk adalah menu sarapan berupa adonan bulat dari campuran susu, tepung, telur, mentega, dan baking soda yang dimasak di atas wajan datar. Panekuk juga sering dikenal sebgai kue pipih yang terbuat dari adonan tipis

Ruparupa Banner

Menu satu ini akan terasa lezat bila ditambah dengan topping, seperti madu, coklat, kental manis, hingga sirup maple. 

Kreasi Resep Pancake yang Mudah Dibuat

Nah, kali ini kami punya beberapa resep pancake mudah yang bisa kamu buat di pagi hari dalam waktu kurang dari satu jam. Simak, yuk.

1. Pancake Original

resep pancake original
Sumber: unsplash.com

Bahan

  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 butir telur
  • 100 ml susu full cream
  • 30 gram mentega cair
  • Secukupnya garam

Cara Membuat Pancake Original

1. Pertama-tama, siapkan satu mangkuk dan campurkan telur dengan susu cair. Aduk hingga tercampur rata dan sisihkan.

2. Kemudian, siapkan mangkuk adonan berbeda dan masukkan tepung terigu yang sudah diayak. Tambahkan gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk semua bahan sampai tercampur rata.

3. Masukkan campuran telur dan susu sebelumnya beserta mentega cair ke wadah adonan. Gunakan spatula atau whisk untuk mengaduk adonan agar tercampur secara merata.

4. Panaskan wajan anti lengket dan olesi dengan mentega. Kemudian, tuangkan 1 sendok sup adonan ke dalam wajan dan ratakan membentuk lingkaran. Agar lebih mudah, gunakan wajan kecil bulat.

5. Masak dengan api kecil sampai bagian atasnya berubah warna menjadi kuning keemasan. Setelah berubah warna, kamu bisa membalik adonan tersebut. Kamu bisa memasaknya selama 10-15 detik, lalu angkat dan sisihkan ke piring. Lakukan cara ini berulang kali sampai seluruh adonan hingga habis.

6. Kemudian, tumpuk pancake ke atas piring dan tambahkan topping favorit kamu. Kamu bisa memilih madu, coklat keju, atau kental manis.

Nah, itulah cara untuk membuat pancake original. Ingin mencoba membuat yang lebih fluffy? Yuk, simak resep Japanese Fluffy Pancake satu ini!

2. Japanese Fluffy Pancake

resep japanese fluffy pancake
Sumber: unsplash.com

Bahan A

  • 40 gram tepung terigu
  • 2 butir kuning telur
  • 4 sdm susu full cream
  • ¼ sdt baking powder
  • Secukupnya garam
  • Topping sesuai selera

Bahan B

  • 2 butir putih telur
  • 35 gram gula pasir
  • ½ sdt air perasan jeruk lemon/nipis

Cara Membuat Japanese Fluffy Pancake

1. Pertama-tama, kita akan membuat bahan B. Siapkan mangkuk adonan yang cukup besar, kemudian kocok putih telur hingga berbusa menggunakan mixer

cara membuat pancake
Kels Harwin Stand Mixer – Putih

2. Setelah berbusa, masukkan air perasan lemon dan gula pasir secara bertahap. Kocok terus hingga tercampur rata. Pastikan untuk tidak mengocoknya terlalu lama karena bisa membuat adonan tidak mengembang dengan baik. 

3. Kalau bahan B sudah mengembang dengan baik, sisihkan.

Baca Juga:   Buat Susu Almond Sendiri Bisa Lebih Hemat Lho

4. Sekarang, kita akan mulai membuat bahan A. Siapkan mangkuk adonan dan campurkan kuning telur dan susu menggunakan whisk.

5. Perlahan, tambahkan tepung, baking powder, dan garam. Aduk kembali menggunakan whisk hingga tercampur rata. 

6. Selanjutnya, campurkan bahan A dengan sepertiga bahan B, lalu aduk sampai tercampur rata. Kemudian, masukkan sisa bahan B ke dalam wadah, aduk kembali. Pastikan kamu mencampurnya secara merata menggunakan whisk ya, Ruppers.

7. Panaskan wajan anti lengket dan olesi dengan mentega secukupnya. Siapkan cetakan kertas berbentuk bulat dengan ukuran diametr sekitar 5-8 cm. 

8. Isilah tiga perempat bagian cetakan kertas tersebut dengan adonan pancake. Tutup wajan dan biarkan adonan mengembang. 

9. Setelah mengembang, gunakan spatula untuk membalikkan pancake secara perlahan. Tunggu sekitar 2 menit sampai bagian bawah berubah warna menjadi kuning kecoklatan. 

10. Kalau sudah matang, angkat pancake dan letakkan diatas piring, lalu buka kertas di sampingnya. Tambahkan topping sesuai selera kamu. 

Nah, itulah dua kreasi resep pancake yang bisa kamu buat untuk sarapan anak. 

Peralatan Baking Berkualitas

Jika ingin membuat pancake lezat, pastikan kamu memiliki peralatan bikin kue yang berkualitas, seperti rekomendasi produk berikut ini.

Joseph-joseph Nest Plus Set 9 Pcs Mangkuk Adonan Multi Color
Joseph-joseph Nest Plus Set 9 Pcs Mangkuk Adonan Multi Color

Beli di sini

Cooking Color 24 Cm Hoshiko Wajan Penggorengan
Cooking Color 24 Cm Hoshiko Wajan Penggorengan

Beli di sini

Krischef Mangkuk Adonan Stainless 24 Cm
Krischef Mangkuk Adonan Stainless 24 Cm

Beli di sini

Temukan peralatan masak terlengkap
hemat hingga 70%
klik di sini

Situs belanja ruparupa.com  juga menyediakan perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Ataru, Pendopo, Chatime, Toys Kingdom, Pet Kingdom, dan lain-lain, lho.