9 Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Kamu Bawa Saat Mendaki

0
736
perlengkapan naik gunung
Sumber: Unsplash/Toomas Tartes

Akhir-akhir ini, kegiatan mendaki gunung sedang banyak diminati dari segala kalangan dan usia, terutama buat yang menyukai alam bebas. Namun, kita harus membawa berbagai perlengkapan saat naik gunung agar pengalaman mendaki jadi lebih aman.

Menariknya, kegiatan mendaki gunung ini tidak hanya menyegarkan pikiran saja. Soalnya, ada berbagai dampak positif lain yang bisa kita dapatkan, seperti memperkuat otot dan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi risiko masalah pernapasan.

Ruparupa Banner

Dengan catatan, kamu harus membawa seluruh perlengkapan yang dibutuhkan. Bukan tanpa alasan, mendaki gunung ini diibaratkan sebagai pindah hunian ke alam bebas.

Jika kamu tidak membawa perlengkapan yang dibutuhkan, bisa-bisa pengalaman mendaki jadi kurang nyaman.

Lantas, Apa Saja Daftar Perlengkapan Naik Gunung?

Nah, sebelum mendaki, pastikan kamu membawa seluruh perlengkapan naik gunung berikut ini.

1. Tas Carrier

Saat mendaki, kamu membutuhkan tas yang bisa menampung seluruh barang bawaan dengan baik. Pilih tas carrier yang terbuat dari polyester supaya tahan air.

Misalnya, jika kamu ingin mendaki gunung selama 2 hari, pilih tas dengan kapasitas 30 liter. Sedangkan buat kamu yang mau mendaki selama 4-7 hari, maka pilih tas carrier berkapasitas 70 liter berikut ini.

2. Sleeping Bag

Sleeping bag jadi perlengkapan naik gunung yang tidak boleh ketinggalan, apalagi kalau kamu ingin berkemah selama beberapa hari. Soalnya, alas satu ini bisa membuat kamu tidur dengan nyaman meskipun sedang berada di alam luar.

Pilih sleeping bag yang tahan terhadap angin dan air, seperti berikut ini.

perlengkapan naik gunung
Mountain Inn Kantung Tidur Envelop 180×75 Cm

Cek di sini

perlengkapan naik gunung
Mountain Inn Kantung Tidur Envelop Camo

Cek di sini

3. Tenda

Ingin mendaki gunung yang membutuhkan waktu menginap, seperti Pangrango? Maka, kamu harus membawa tenda untuk kebutuhan istirahat dan tidur di malam hari. Sesuaikan ukuran tenda dengan jumlah orangnya.

Kemudian, pilih tenda yang sudah tahan air supaya tidak bocor saat hujan, seperti rekomendasi di bawah ini.

perlengkapan naik gunung
Tenda Dome Kira 3-4 Orang – Hijau Tua

Cek di sini

perlengkapan naik gunung
Tenda Personal 1 Orang 247x117x65cm – Hijau

Cek di sini

perlengkapan naik gunung

4. Sepatu Gunung

Kamu tidak bisa mendaki gunung dengan jenis sepatu sembarangan. Soalnya, sepatu gunung didesain khusus untuk melindungi kaki dari memar dan abrasi hutan belantara yang kasar. Jadi, kamu bisa melalui jalanan menanjak dan bebatuan dengan lebih mudah.

5. Alat Masak

Perlengkapan naik gunung lainnya yang tak kalah penting adalah set alat masak. Soalnya, kamu perlu menyiapkan hidangan sendiri selama berkemah di alam. Agar tidak repot, pilih alat masak esensial, seperti wajan dan spatula, yang ukurannya mini berikut ini.

6. Perlengkapan Makan

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan makan saat naik gunung. Beberapa jenis perlengkapan makan yang perlu kamu bawa adalah sendok, garpu, dan tempat makan sederhana berikut ini.

perlengkapan naik gunung
Appetite Set 3 Pcs Tempat Makan Ario Persegi

Cek di sini

7. Jas Hujan

Untuk berjaga-jaga, kita perlu membawa jas hujan ketika naik gunung. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kebasahan jika hujan datang. Pilih jas hujan yang sudah dilengkapi resleting agar praktis saat dipakai, seperti rekomendasi berikut ini.

perlengkapan naik gunung
Ataru Jas Hujan Panjang

Cek di sini

8. Jaket

Fungsi jaket sebagai perlengkapan naik gunung ini cukup esensial. Soalnya, kamu bisa mencegah hipotermia atau kondisi kedinginan ekstrem. Jika sedang musim dingin, bawa jaket yang cukup tebal. Sedangkan di cuaca panas, pilih jaket ringan, seperti di bawah ini.

perlengkapan naik gunung
Ataru Ukuran Xl Jaket Foldable Lightweight – Hijau

Cek di sini

9. Lampu Senter

Kamu bisa menggunakan senter untuk menerangi jalan setapak yang dilalui saat mendaki gunung dan membuat sinyal marabahaya di malam hari. Bahkan, kamu bisa menggunakan senter untuk membela diri ketika berada di dalam keadaan darurat.

perlengkapan naik gunung
Powerlite Senter Rechargeable Dengan Lampu Meja

Cek di sini

Itu dia sepuluh perlengkapan naik gunung yang wajib ada dan pasti dibutuhkan.

miliki perlengkapan traveling
hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini juga menawarkan perlengkapan lainnya, mulai dari perabotan, alat kebersihan, hingga alat perkakas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi.