Perbedaan Kunci L dan Jenis Lainnya

0
5605
kunci L

Terkadang kita membutuhkan perkakas seperti kunci L untuk memperbaiki barang atau benda yang rusak. Nama lain dari ini adalah Allen Key atau sering juga disebut sebagai kunci L meski sebenarnya tidak memiliki mata atau ujung hex. Ini juga ada yang ujungnya berlubang. Fungsi dari obeng ini seringkali dimaksimalkan untuk otomotif, sepeda, furniture ataupun komponen elektronik. Kekuatan dari obeng jenis ini cukup kuat dan bagus.

Ketika Anda membeli furniture yang dipasang sendiri atau disebut knock down nantinya Anda akan diberi kunci. Meski kadang bentuknya memang bukan L lagi tetapi ada yang berbentuk S karena jenis ini tidak memerlukan pegangan khusus seperti milik obeng. Harga juga lebih murah dibandingkan dengan obeng biasa. Berikut ini beberapa perbedaan L dengan jenis lainnya.

Ruparupa Banner

Kunci untuk Perkakas Sepeda

Jika diperuntukkan untuk sepeda, kunci ini merupakan yang cukup sering digunakan. Sekitar 10 hingga 20 komponen sepeda yang seringkali menggunakan baut hex dimana baut ini hanya bisa dibuka menggunakan Allen Key. Misalnya saja seperti di baut rem dan juga rotornya, sadel champ, tuas shifter, stem, chainring, derailleru, crank arm hingga mount tempat minum.

Ukuran yang paling sering ditemui dari baut allen untuk sepeda ini adlaah 5 mm, 4 mm, 6 mm dan juga 3 mm. Sehingga tak heran jika perkakas ini memang sering dimiliki oleh pesepeda karena tool ini pun memang dibutuhkan. Ketika ada baut yang longgar saat di perjalanan, Anda bisa memperbaikinya dengan kunci tersebut.

Jenis dan Turunan

1. Kunci L

Tactix Set Kunci L 9 Pcs

Jenis yang pertama dari allen key adalah yang berbentuk L. Jenis ini terbilang paling tua, paling standard dan paling cukup banyak digunakan. bentuknya dimana satu sisi yang panjang sementara sisi lainnya lebih pendek. Sehingga dengan memanfaatkan perbedaan panjangnya inilah Anda bisa menjangkau tempat-tempat sempit sekaligus sebagai penguat putaran menggunakan sisi yang panjang sebagai pegangan dan juga alat putarnya. Harga dari jenis ini terbilang murah dan bisa didapatkan dengan kemasan satu set.

Baca Juga:   Rekomendasi Kunci Pas yang Wajib Kamu Bawa

2. Kunci T Handle

Ace Kunci T Dengan Handle Panjang 17 Mm

Perbedaan kunci L dengan T handle adalah daari bentuknya. Untuk T sendiri terbilang berbentuk simetris agar bisa menyeimbangkan beban, mengunci ataupun membuka baut dengan lebih cepat. Sementara di bagian atasnya, biasanya juga akan diberi tambahan plastik atau karet sebagai pegangan yang lebih kuat dan juga kokooh. Hal ini berfungsi untuk mengunci ataupun membuka dengan lebih kuat.

Sementara itu kekurangan dari allen key jenis ini adalah bentuk T yang tidak terlalu fleksibel untuk digunakan di area sempit tidak seperti L. Untuk mempermudah penggunaan, mncul juga jenis Allen Key T shape yang bisa digeser untuk bagian pendeknya. Terkadang juga disebut dengan slide 3 way. Di bagian ujung percabangannya, ada slot yang menjadikan sisi pendek lebih mudah datur bagaimana posisinya. Jenis inilah yang terbilang lebih fleksible dan tidak hanya berbentuk T tetapi juga berbentuk L.

3. Kunci Bentuk P

Ataru Penahan Pintu Bentuk Kunci

Berikutnya adalah hex yang berbentuk P meski jarang ditemui. Seringkali bentuk ini digunakan untuk produsen tool sepeda dimana bentuknya hampir mirip dengan L dan T namun di bagian pendeknya ada satu sisi yang lebih menonjol hingga keluar sebagai pegangan saja. Bentuknya juga lebih ergonomis ketika dipegang dan lebih cocok digunakan pada aplikasi yang membutuhkan kekuatan daripada kecepatan putarnya.

Baca Juga:   Rekomendasi Kunci Pas yang Wajib Kamu Bawa

4. Three Way

Krisbow Steker T Arde 3 Arah – Putih

Ada lagi bernama Allen key yang memiliki 3 cabang dimana ketiga ujungnya ini memiliki ukurang yang berbeda. Satu kunci bisa digunakan untuk beberapa jenis ukuran baut. Dan bentuknya juga besar serta membuat kita lebih menghemat tool. Bentuknya yang lebih lebar dan besar ini hanya bisa menjangkau posisi yang lurus dan memiliki ruang gerak cukup besar. Perbedaannya cukup terlihat dari ukuran dan fungsinya.

5. Kunci L Lipat

Krisbow Set Kunci L Lipat Hex Ballpoint Tip 1.5 – 8 Mm

Kunci L ada yang berjenis lipat dimana bentuk antar ukuran yang hampir sama memang membuatnya sering tertukar. Bentuknya tipis dan karena lipat, ini bisa menyatukan banyak ukuran kunci dalam satu handle. Anda bisa melipat ini agar tak terlalu makan tempat ketika menyimpannya. Praktis untuk dibawa kemanapun karena bentuknya yang kecil dan menjangkau area sempit meski untuk memutarnya cukup membutuhkan tenaga tidak semudah biasanya.

Beragam jenis kunci ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dapatkan di ruparupa.com dengan harga terjangkau, banyaknya promo yang disediakan dan kualitas yang terjamin. Perkakas yang dibutuhkan lengkap tersedia sesuai dengan varian jenisnya. Kenali perbedaan dari satu jenis L dan jenis lainnya. Temukan di ruparupa.com yang menyediakan berbagai peralatan atau perkakas ringan yang Anda butuhkan.

Editor: Ariel Natasya