Ini Dia Perbedaan Kulkas Inverter dan Non Inverter

0
699
perbedaan kulkas inverter dan non inverter

Membeli kulkas terbaik untuk rumah memang menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, ada banyak jenis kulkas dengan ukuran dan teknologi yang cukup berbeda. Inilah yang kadang membuat kita bingung dalam memilihnya.

Salah satu hal yang bisa menjadi pertimbangkan ketika membeli kulkas adalah efisiensi energinya. Soalnya, kulkas akan dinyalakan selama 24 jam setiap harinya. Jadi, kita harus memastikan kulkas bisa menjaga kesegaran bahan makanan.

Ruparupa Banner

Jika salah memilih kulkas, bisa-bisa membuat tagihan listrik rumah jadi membengkak. Umumnya, teknologi kulkas terbagi menjadi dua, yaitu non inverter dan inverter.

Lantas, Apa Perbedaan Kulkas Inverter dan Non Inverter?

Melansir dari beberapa sumber, berikut perbedaan dari kedua teknologi kulkas tersebut.

1. Jenis Kompresor

Perbedaan utama kulkas inverter dan non inverter terletak pada kompresor. Bagian ini cukup penting di dalam mesin pendingin karena bekerja dengan cara mengalirkan udara pendingin ke seluruh bagian kulkas.

Baca Juga:   Tips Memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Dapur Anda

Pada kulkas non inverter, kompresor yang digunakan adalah kompresor kecepatan tunggal yang hanya beroperasi pada satu kecepatan. Sedangkan kulkas inverter, memiliki kompresor yang mampu beroperasi pada berbagai jenis kecepatan, seperti dilansir dari The Times of India.

jenis kompresor kulkas inverter dan non inverter
Jenis kompresor yang digunakan kulkas inverter dan non inverter mempunyai kecepatan yang berbeda.

2. Fleksibilitas

Karena komporesornya dapat menyesuaikan kecepatan, maka kulkas inverter ini mampu beradaptasi sesuai dengan kebiasaan pengguna.

Misalnya, kamu sedang membuka kulkas dalam waktu yang lama di siang hari. Maka, kompresor kulkas inverter akan bekerja dengan kecepatan yang lebih tinggi untuk mengompensasi hilangnya udara dingin.

Sedangkan di malam hari ketika hampir tidak ada aktivitas dengan kulkas, maka kompresor akan berjalan lambat untuk menjaga suhu kulkas tetap dingin, tapi dengan energi yang lebih hemat.

fleksibilitas kulkas inverter dan non inverter
Kulkas inverter cenderung dapat dberadaptasi dengan kebiasaan pengguna.

3. Penggunaan Daya Listrik

Kulkas inverter lebih hemat listrik daripada kulkas konvensional. Sebab, kulkas inverter mampu mengatur penggunaan energi yang dibutuhkan. Bila kita tidak terlalu sering membuka dan menutup kulkas, maka energi yang digunakan jadi lebih sedikit.

Baca Juga:   10 Rekomendasi Wadah Penyimpanan Makanan Terbaik

4. Suara Kulkas

Kulkas inverter beroperasi dengan suara yang pelan dan hampir tidak terdengar. Sebab, kulkas satu ini dapat menyesuaikan kecepatan kompresornya.

Sedangkan pada kulkas non inverter, kamu akan menemukan saat-saat di mana ia menjadi sunyi di satu waktu dan menghasilkan suara di waktu berikutnya.

kulkas inverter
Perbedaan kulkas inverter dan biasa terletak pada suara yang dihasilkannya.

Nah, itulah perbedaan kulkas inverter dan non inverter. Apakah kamu tertarik untuk beralih ke kulkas inverter? Bila ya, kami mempunyai sejumlah rekomendasi kulkas berkualitas dari Informa online yang bisa kamu dapatkan melalui ruparupa.com, seperti berikut ini.

lemari es
Kels Lemari Es 2 Pintu Inverter 465 Ltr M490w Sdg
Kulkas dengan sistem pendinginan cepat dan tidak mengeluarkan suara bising.

Beli di sini

kulkas kels
Kels Lemari Es & Freezer 2 In 1 1 Pintu 380 Ltr
Lemari es interver yang dapat dikonversi menjadi freezer.

Beli di sini

jenis kulkas top freezer
Kels Lemari Es 2 Pintu Inverter 465 Ltr M490w Ss
Kulkas 2 pintu dengan tampilan modern dan elegan untuk menjaga kesegaran makanan.

Beli di sini

kulkas side by side
Kels 430 Ltr Kulkas 2 Pintu Inverter Sbs – Abu/abu
Kulkas ini dilengkapi dengan teknologi layar sentuh dan ramah lingkungan.

Beli di sini

Temukan berbagai jenis kulkas dengan penawaran menarik
klik di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga berkualitas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.